Random post

Saturday, March 2, 2019

√ Perbedaan Antara Sklera Dan Konjungtiva

Perbedaan utama antara sklera dan konjungtiva: sklera ialah lapisan putih tebal yang menciptakan bab putih mata sedangkan konjungtiva ialah lapisan tembus tipis yang mengelilingi seluruh mata kecuali kornea.


Mata ialah salah satu organ vital dalam badan kita, yang menawarkan penglihatan kita. Dengan kata lain, kita melihat segala sesuatu di sekitar kita alasannya ialah organ ini. Karena itu, mereka mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal elektrokimia yang dibaca oleh sistem saraf kita. Hasilnya, kita sanggup melihat gambar tiga dimensi, bergerak dan berwarna. Mata terdiri dari aneka macam komponen menyerupai iris, kornea, pupil, sklera, dan konjungtiva.


Pengertian Sklera


Sklera ialah bab putih mata kita, yang merupakan jaringan ikat bola mata yang padat. Oleh alasannya ialah itu, sklera menyumbang lebih dari 80% luas permukaan mata, alasannya ialah mengelilingi wilayah kornea juga. Selain itu, ia meluas sampai ke saraf optik dan ada di bab belakang mata juga. Ketebalan lapisan luar kokoh ini berkisar dari 0,3 mm sampai 1,0 mm, yang terbuat dari serat kolagen. Selain itu, pengaturan acak dan jalinan fibril kolagen dalam sklera menawarkan kekuatan dan fleksibilitas bola mata.


Lapisan ini secara metabolik tidak aktif. Namun, fungsi Sklera untuk membantu bola mata untuk mempertahankan bentuknya. Selain itu, fungsi Sklera melindungi mata dari kerusakan dan materi kimia beracun. Ini mempunyai suplai darah yang relatif terbatas. Selain itu, sklera bersifat buram, tetapi sanggup berkembang menjadi warna kekuningan selama penyakit yang disebut Jaundice sementara itu berkembang menjadi hitam selama gagal ginjal dan hati. Skleritis ialah kondisi penyakit serius lainnya yang terjadi akhir radang sklera.


Pengertian konjungtiva


Konjungtiva ialah Selaput bening yang menutupi sklera dan lapisan dalam kelopak mata. Ini ialah selaput lendir yang tipis, transparan dan vaskularisasi. Konjungtiva tidak menutupi kornea mata. Ada dua komponen utama konjungtiva yaitu, bulbar dan palpebral. Konjungtiva bulbar ialah jaringan tipis, semitransparan, tidak berwarna yang menutupi sklera sampai persimpangan korneoskleral. Di sisi lain, konjungtiva palpebra ialah jaringan merah yang tebal dan buram.


Konjungtiva melaksanakan beberapa fungsi penting termasuk pertolongan jaringan lunak orbit dan kelopak mata, penyediaan lapisan air mata dan lendir film air mata. Fungsi Konjungtiva juga memasok jaringan kekebalan badan dan fasilitasi gerakan globe independen, dll. Selain itu, peradangan konjungtiva diketahui sebagai konjungtivitis. Demikian pula, Konjungtivitis ialah peradangan pada konjungtiva.


Apa Persamaan Antara Sklera dan Konjungtiva?



  1. Sklera dan konjungtiva ialah dua bab mata.

  2. Keduanya merupakan lapisan pelindung mata.

  3. Sklera dan konjungtiva ialah jaringan pembuluh darah.

  4. Mereka melaksanakan fungsi penting di mata.


Apa Perbedaan Antara Sklera dan Konjungtiva?


Sklera dan konjungtiva ialah dua bab penting mata. Keduanya merupakan lapisan pelindung mata. Sklera ialah bab putih mata yang menutupi lebih dari 80% mata termasuk kornea. Konjungtiva ialah lapisan transparan tipis yang terletak pada sklera dan lapisan dalam kelopak mata. Konjungtiva ialah jaringan yang sangat vaskularisasi sementara sklera mempunyai suplai darah yang terbatas.


Ringkasan – Sklera dan konjungtiva


Sklera juga dikenal sebagai putih mata ialah jaringan ikat padat bola mata. Ini ialah lapisan pelindung buram yang menutupi sebagian besar area mata. Itu meluas sampai ke saraf optik juga. Konjungtiva ialah selaput bening yang menutupi sklera dan lapisan dalam kelopak mata. Inilah perbedaan antara sklera dan konjungtiva.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com