Random post

Sunday, March 3, 2019

√ Perbedaan Antara Atp Dan Nadph

Perbedaan utama antara ATP dan NADPH: ATP ialah mata uang energi dari banyak organisme hidup sedangkan NADPH ialah koenzim khas yang dipakai untuk reaksi reduksi dari proses anabolik yang terlihat pada tanaman.


Adenosin trifosfat (ATP) dan nikotinamid adenin dinukleotida fosfat (NADPH) ialah senyawa terfosforilasi yang terdapat dalam organisme. ATP ialah mata uang transfer energi di sebagian besar organisme. Ketika ada kebutuhan energi, ATP siap memperlihatkan energi untuk proses tersebut. Di sisi lain, NADPH bekerja sebagai pembawa elektron dalam tumbuhan selama fotosintesis. Karenanya NADPH ialah molekul pereduksi yang penting dalam proses produksi pangan utama tanaman.


Apa yang dimaksud dengan ATP?


Adenosin trifosfat (ATP) ialah mata uang energi dalam sel hidup. Ini ialah nukleotida dengan tiga komponen utama yaitu, gula ribosa, gugus trifosfat dan basa adenin. Molekul ATP mengandung energi tinggi dalam molekul.


Oleh alasannya ialah itu, atas usul energi untuk pertumbuhan dan metabolisme, ATP menghidrolisis dan melepaskan energinya untuk kebutuhan seluler. Tiga gugus fosfat dari molekul ATP ialah alfa (α), beta (β), dan gamma (γ) fosfat. Aktivitas ATP terutama tergantung pada kelompok trifosfat alasannya ialah energi ATP berasal dari dua ikatan fosfat berenergi tinggi (ikatan fosfoanhidrida) yang terbentuk antara gugus fosfat. Gugus fosfat Gamma ialah gugus fosfat pertama yang dihidrolisis menurut kebutuhan energi, dan terletak paling jauh dari gula ribosa.


ATP ialah molekul yang tidak stabil. Karenanya, hidrolisis ATP selalu layak melalui reaksi eksergonik. Ketika gugus terminal fosfat dikeluarkan dari molekul ATP, dan itu bermetamorfosis Adenosina difosfat (ADP). Konversi ini melepaskan 30,6 kJ / mol energi ke sel. ADP dikonversi kembali menjadi ATP segera di dalam mitokondria oleh enzim yang disebut ATP sintase selama respirasi sel. Sel menghasilkan ATP melalui beberapa proses menyerupai fosforilasi tingkat-substrat, fosforilasi oksidatif, dan fotofosforilasi.


Selain berfungsi sebagai mata uang energi, ATP juga memenuhi beberapa fungsi lainnya. Karena berfungsi sebagai koenzim dalam glikolisis. Ini sanggup ditemukan dalam asam nukleat selama proses replikasi dan transkripsi DNA.


Pengertian NADPH


NADPH ialah koenzim khas yang bekerja sebagai pembawa elektron dalam banyak proses tumbuhan. Ini juga disebut sebagai mengurangi kekuatan reaksi biokimia. NADPH terletak pada konsentrasi yang lebih tinggi dalam sel. Ini memperlihatkan elektron dan menjadi teroksidasi, dan bentuk teroksidasi dari NADPH ialah NADP +. NADPH bertindak sebagai koenzim dari banyak sekali enzim dehidrogenase.


Lebih lanjut, NADPH bisa menjalani reaksi reduksi oksidasi yang sanggup dibalik. Oksidasi NADPH menguntungkan secara termodinamik. Karenanya itu ialah reaksi eksergonik. Dalam reaksi anabolik menyerupai seolah-olah lipid dan sintesis asam nukleat, NADPH berfungsi sebagai distributor pereduksi. Dalam fotosintesis, NADPH bertindak sebagai distributor pereduksi dalam siklus Calvin untuk mengasimilasi CO2. Rumus kimia dan massa molekul NADPH masing-masing ialah C21H29N7O17P3 and 744.42 g·mol−1.


Apa persamaan antara ATP dan NADPH?



  • Mereka ialah senyawa terfosforilasi.

  • Keduanya membutuhkan reaksi anabolik dan katabolik.

  • Mereka mengandung energi.

  • Keduanya ialah nukleotida.

  • Keduanya mengandung tiga gugus fosfat.

  • Cincin ribosa hadir di kedua molekul.

  • Selama fotosintesis, ATP dan NADPH dipakai dan disintesis.


Apa Perbedaan Antara ATP dan NADPH?


ATP ialah mata uang energi serbaguna untuk sel sementara NADPH ialah sumber elektron yang sanggup meneruskan ke penerima elektron. Fungsi ATP ialah ia bertindak sebagai energi utama yang menyimpan dan mentransfer molekul. Di sisi lain, NADPH bekerja sebagai koenzim dan mengurangi kekuatan reaksi biokimia.


Ringkasan – ATP dan NADPH


Adenosine triphosphate (ATP) ialah nukleotida penting yang ditemukan dalam sel. Ia dikenal sebagai mata uang energi kehidupan, dan nilainya hanya kedua dari DNA sel. Ini ialah molekul energi tinggi yang mempunyai rumus kimia C10H16N5O13P3. ATP terutama terdiri dari ADP dan gugus fosfat. Ada tiga komponen utama dalam molekul ATP yaitu gula ribosa, basa adenin, dan gugus trifosfat. NADPH berfungsi sebagai pembawa elektron dalam sejumlah reaksi. Ini sanggup dioksidasi (NADP +) dan dikurangi (NADPH). Ini juga berfungsi sebagai koenzim banyak sekali enzim dehidrogenase. Inilah perbedaan antara ATP dan NADPH.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com