Random post

Monday, February 18, 2019

√ 8 Perbedaan Rantai Kuliner Dan Jaring Makanan

Rantai masakan dan jaring masakan berbeda satu sama lain alasannya yaitu jaringan kompleks kekerabatan binatang tunjangan makan yang berbeda dikumpulkan dan rantai masakan hanya mengikuti jalur linear pribadi dari satu binatang pada suatu waktu.


Pengertian Rantai Makanan


Rantai masakan yaitu model yang menawarkan fatwa energi dan nutrisi dari satu organisme ke organisme lain dalam suatu ekosistem. Panjang rantai masakan tergantung pada jumlah organisme. Dimulai dari spesies penghasil menyerupai pohon atau rumput dan berakhir pada spesies predator puncak menyerupai beruang grizzly atau paus; detrivora menyerupai cacing tanah atau kutu kayu; atau spesies pengurai menyerupai jamur atau bakteri.


Makanan juga menawarkan kekerabatan antara organisme sebagai siapa mereka terkait satu sama lain oleh masakan yang mereka makan. Tumbuhan dan binatang membutuhkan beberapa jenis masakan untuk bertahan hidup. Tanaman menghasilkan sendiri yang ditemukan melalui proses fotosintesis.


Karena mereka memproduksi masakan mereka sendiri, mereka dipanggil dan menjadi produsen sedangkan organisme yang tidak memproduksi masakan mereka sendiri menyerupai binatang dan insan dikenal sebagai konsumen.Rantai masakan dan jaring masakan berbeda satu sama lain alasannya yaitu jaringan kompleks kekerabatan √ 8 Perbedaan rantai masakan dan jaring makanan


Pengertian Jaring Makanan


Jaring masakan atau siklus masakan yaitu kekerabatan antara rantai masakan dan spesies apa yang memakan apa dalam sistem ekologis. Jaring masakan juga dikenal sebagai sistem sumber daya konsumen. Sebagian besar komunitas dalam jaring masakan meliputi aneka macam populasi organisme penghasil yang dimakan oleh sejumlah populasi konsumen.


Misalnya, kepiting hijau yaitu konsumen dan pengurai. Dalam jaring makanan, produsen dimakan oleh banyak konsumen yang berbeda, dan sebagian besar konsumen seterusnya dimakan oleh lebih dari satu pemangsa. Misalnya, bajing memakan biji, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Tupai dimakan oleh rubah atau rakun. Rubah juga makan tikus dan belalang, dll. Rantai masakan dan jaring masakan berbeda satu sama lain alasannya yaitu jaringan kompleks kekerabatan √ 8 Perbedaan rantai masakan dan jaring makanan


Sebagian besar organisme yaitu bab dari beberapa rantai makanan. Jaring masakan dimulai dengan produsen di ekosistem dan kemudian bercabang menjadi rantai masakan yang saling berafiliasi yang menawarkan siapa yang makan siapa dalam ekosistem.


Perbedaan utama rantai masakan dan jaring makanan


Perbedaan utama antara Rantai Makanan dan jaring Makanan diberikan di bawah ini:



  1. Rantai masakan yaitu jalur linier tunggal di mana energi dan nutrisi masakan bergerak dalam ekosistem sementara jaring makanan yaitu sejumlah rantai masakan yang saling terhubung melalui mana energi dan nutrisi berjalan dalam ekosistem.

  2. Dalam rantai makanan, biasanya anggota tingkat trofik yang tinggi memberi makan pada satu jenis organisme tingkat trofik yang lebih rendah sementara di jala masakan anggota kelompok tingkat trofik yang lebih tinggi memberi makan pada banyak organisme tingkat trofik yang lebih rendah.

  3. Dalam rantai makanan, rantai masakan yang terpisah dan terisolasi meningkatkan ketidakstabilan ekosistem. Dalam jaring makanan, stabilitas ekosistem meningkat dengan adanya jaring masakan kompleks.

  4. Rantai makanan tidak besar lengan berkuasa pada peningkatan kemampuan menyesuaikan diri dan daya saing organisme sementara jaring masakan yang lebih kompleks meningkatkan kemampuan menyesuaikan diri dan daya saing organisme.


Daftar istilah dalam rantai masakan dan jaring makanan



  1. Herbivora – binatang yang memakan tanaman.

  2. Karnivora – binatang yang memakan binatang lain.

  3. Omnivora – binatang yang memakan flora dan hewan, contohnya beruang dan manusia.

  4. Produser – biasanya tumbuhan hijau yang menghasilkan masakan sendiri melalui fotosintesis

  5. Konsumen primer – Hewan yang hanya mengonsumsi materi nabati. Mereka yaitu herbivora – contohnya kelinci, ulat bulu, sapi, domba, dan rusa.

  6. Konsumen Sekunder – Hewan yang memakan konsumen primer (herbivora).

  7. Konsumen Tersier – Hewan yang memakan konsumen sekunder yaitu karnivora yang memakan karnivora lain.

  8. Predator – bunuh untuk makanan. Mereka yaitu konsumen sekunder atau tersier – contohnya beruang kutub, elang emas

  9. Mangsa – yaitu organisme yang diberi makan oleh predator. Contoh spesies predator dan mangsa adalah: rubah dan kelinci; tit biru dan ulat; serigala dan domba

  10. Pemulung – konsumen yang memakan binatang mati (mis. Kepiting, burung gagak, burung hering, burung elang dan hyena.)

  11. Detritivora – konsumen yang memperoleh nutrisi dari detritus

  12. Dekomposer – organisme menyerupai basil dan jamur yang memecah organisme mati dan limbahnya. . (Mereka tidak ‘memakan’ masakan menyerupai pemulung, alasannya yaitu mereka tidak mempunyai bab mulut. Sebaliknya mereka memecah zat padat menjadi cairan yang sanggup mereka serap.) Contoh: basil dan beberapa jamur.

  13. Tingkat Trofik – Tingkat trofik yaitu setiap level dalam rantai makanan. Materi selalu ‘hilang’ sebagai energi panas di setiap tingkat trofik.


Tabel perbandingan rantai masakan dan jaring makanan




















































PembedaRantai makananJaring makanan
PengertianRantai masakan yaitu model yang menawarkan fatwa energi dan nutrisi dari satu organisme ke organisme lain dalam suatu ekosistem.Jaring masakan atau siklus masakan yaitu kekerabatan antara rantai masakan dan spesies apa yang memakan apa dalam sistem ekologis.
Aliran energiRantai masakan yaitu jalur fatwa energi tunggal dan linier.Jaring masakan terdiri dari sejumlah jalur yang saling berafiliasi di mana energi mengalir dalam suatu ekosistem.
StabilitasRantai masakan meningkatkan ketidakstabilan ekosistem.Jaring masakan meningkatkan stabilitas ekosistem.
AdaftasiRantai masakan tidak meningkatkan daya adaptasi dan daya saing organisme.Jaring masakan meningkatkan daya pembiasaan dan daya saing organisme.
JumlahRantai masakan yaitu satu kesatuan.Jaring masakan yaitu kumpulan dari beberapa rantai masakan yang saling terhubung.
Tingkat TrofikRantai masakan sanggup terdiri dari 4-6 tingkat trofik.Jaring masakan terdiri dari banyak tingkat trofik.
Sumber makananSatu anggota tingkat trofik diatas hanya sanggup memberi makan pada satu jenis organisme di tingkat trofik di bawahnya dalam rantai makanan.Anggota dari tingkat trofik di atas dalam jaring masakan sanggup memberi makan pada beberapa jenis organisme di tingkat trofik di bawahnya
GangguanGangguan pada satu tingkat / organisme trofik niscaya mengganggu seluruh rantai makanan.Gangguan pada satu organisme tidak mengganggu seluruh Jaring makanan.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com