Random post

Thursday, February 28, 2019

√ 12 Perbedaan Antara Pembelahan Biner Dan Mitosis

Perbedaan utama Pembelahan biner dan mitosis: Pembelahan biner yaitu cara utama reproduksi asecual pada prokariota sedangkan mitosis yaitu cara utama pertumbuhan, perkembangan, dan regenerasi.


Pengertian Pembelahan biner


Pembelahan biner yaitu cara utama reproduksi pada prokariota. Pembelahan biner secara harfiah berarti pembagian menjadi setengahnya. Ini yaitu salah satu bentuk paling sederhana dari reproduksi asecual. Ini lebih cepat daripada bentuk pembelahan sel lainnya. Pembelahan biner sanggup dari beberapa jenis ibarat fisi biner sederhana, transversal, longitudinal dan miring. Contoh Organisme uniseluler ibarat amuba dan paramecium bereproduksi dengan pembelahan biner.


Pengertian Mitosis


Mitosis yaitu jenis pembelahan sel yang terjadi pada eukariota. Mitosis terutama penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan regenerasi sel , meskipun juga dipakai untuk reproduksi asecual. Ini melibatkan spindel mitosis dan kromatid saudara wanita untuk pembelahan sel dan segregasi. Ini mempunyai beberapa fase ibarat profase, prometafase, metafase, anafase dan telofase. Organisme tingkat tinggi ibarat jamur, tumbuhan dan binatang termasuk manusia, memakai mitosis sebagai salah satu cara pembelahan sel mereka.


Apa perbedaan utama antara pembelahan biner dan mitosis?



  1. Pembelahan biner yaitu proses pembelahan sel pada prokariota (sel yang tidak mempunyai nukleus) sedangkan mitosis terjadi pada eukariota (sel yang mempunyai nukleus yang terdefinisi dengan baik).

  2. Dalam pembelahan biner, satu sel membelah menjadi dua sel anak. Dalam mitosis, pembelahan sel bersifat vegetatif.

  3. Proses pembelahan biner tidak termasuk pembentukan gelendong sedangkan mitosis meliputi pembentukan gelendong.

  4. Pembelahan biner jauh lebih cepat daripada mitosis

  5. Pembelahan biner yaitu proses pembelahan sel yang sederhana sedangkan mitosis yaitu proses kompleks yang melibatkan beberapa langkah.

  6. Pembelahan biner tidak termasuk kromatid sister sedangkan mitosis melibatkan kromatid sister

  7. Pembelahan biner tidak termasuk beberapa tahap. Di sisi lain, mitosis terdiri dari empat tahap atau fase yang berbeda yang disebut profase, prometafase, metafase, anafase, dan telofase.

  8. Komponen seluler ibarat ribosom dua kali lipat sebelum pembelahan biner sedangkan dalam mitosis, organel berlipat ganda pada interfase, yang merupakan bab dari mitosis.

  9. Ada beberapa jenis pembelahan biner, ini termasuk pembelahan biner sederhana contohnya dalam amuba, melintang ibarat pada paramecia dan planaria, membujur ibarat pada euglena dan miring ibarat pada dinoflagellata laut. Mitosis tidak mempunyai tipe yang berbeda ibarat pembelahan biner.

  10. Fisi biner yaitu cara utama reproduksi asecual pada prokariota. Di sisi lain, pada eukariota, mitosis yaitu mode utama pertumbuhan, perkembangan, dan regenerasi.

  11. Dalam fisi biner, membran sel menempel DNA sedangkan pada mitosis, DNA menempel pada serat gelendong dan bukan membran sel.

  12. Pembelahan biner adakala menghasilkan duplikasi kromosom yang mengarah pada peningkatan jumlah kromosom dalam sel dan akibatnya merupakan proses yang kurang sanggup diandalkan. Mitosis yaitu proses yang lebih teratur di mana jumlah kromosom diatur oleh pos investigasi dalam metafase. Titik investigasi metafase ini membantu mempertahankan jumlah kromosom yang sama dalam sel.


Kesimpulan


Pembelahan biner dan mitosis keduanya jenis pembelahan sel asecual. Pembelahan biner yaitu cara reproduksi asecual pada prokariota dan mitosis yaitu mode vegetatif reproduksi pada eukariota.


Fisi biner terutama dipakai untuk reproduksi sedangkan mitosis terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan. Fisi biner sederhana dan cepat dibandingkan dengan mitosis yang lebih kompleks dan lambat. Mitosis terdiri dari beberapa fase. Pembelahan biner terjadi pada organisme bersel tunggal ibarat amuba sedangkan mitosis yaitu salah satu mode utama reproduksi di semua organisme tingkat tinggi ibarat tumbuhan dan hewan.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com