Random post

Friday, November 23, 2018

√ Tips Ospek Mahasiswa Gres Dengan Kerumitannya


Q: Blog ini emang ngawur yah? Lagi puasa juga, semua personal blog lagi bahas momen puasa yang religius, kenapa ini blog malah tersesat ke OSPEK?

M: Biarin, ini kan blog mystupidtheory, isinya random, ngawur aja… Karena saya lagi di Malang, saya jadi teringat masa-masa awal di Malang yang salah satunya yah pas OSPEK Mahasiswa Universitas Brawijaya. 



Momen OSPEK dapat jadi ialah momen yang paling menarik selama hidup sebagai mahasiswa, tetapi kalau dipikir ulang secara sehat dan logis, sesungguhnya itu adalam momen-momen paling menyebalkan dan tidak menyenangkan. Kalau kalian tidak merasa begitu, berarti kalian hanya sedang menghibur diri. Bagaimana nggak nyebelin kalau kalian disuruh-suruh melaksanakan hal-hal yang ‘useless’ dan dieksekusi seenaknya?. Kaprikornus mungkin tips mengatasi OSPEK mahasiswa gres ini akan membantumu.


Oke, saya termasuk kalangan yang menentang OSPEK. Aku semata-mata menentang kegiatannya, bukan tujuan dari kegiatannya. Tujuan kegiatannya sungguh sangat mulia, memperkenalkan mahasiswa gres pada dunia kampus, tapi kenyataannya yang dilakukan ketika OSPEK hanyalah menyia-nyiakan waktu dan mengerjain mahasiswa baru. Bahkan tak jarang terjadi adegan kekerasan di ketika OSPEK ini.



Tips Menghadapi OSPEK Mahasiswa











 semua personal blog lagi bahas momen puasa yang religius √ Tips OSPEK Mahasiswa Baru Dengan Kerumitannya
ospek universitas


Berikut ini beberapa tips menghadapi OSPEK berdasarkan potongan pengalamanku ketika OSPEK:



Tips 1



Jangan ikuti aturan jikalau itu tidak menguntungkanmu!


Contohnya aja pas ospek dulu, saya disuruh bawa: Susu, Oreo, Nasi, Permen, dan Air putih. Dan pas itu saya cuma bawa nasi dan air putih aja. Itu alasannya ialah memang saya nggak mau buang2 uang buat beli jajanan.. 😛



Tips 2



Jangan Banyak Tanya



Serap semua informasi mentah-mentah, artinya jangan banyak tanya. Contohnya aja, diperintah menyerupai ini:

“Besok kalian buat buku harian, setiap hari selama OSPEK ini kalian harus menulis di buku harian kalian”

Jangan pernah bertanya:

“Bukunya warna apa?”

“Buku kecil atau besar?”

“Nulis diary-nya berapa lembar?”

“Pengalaman di Kampus aja atau malamnya juga?”

Jangan ejekan pertanyaan! pribadi aja kerjakan dengan cara termudah. Buat buku dan tulis pengalaman harianmu, entah itu tiga kalimat atau bahkan beberapa kata.

Ingat ini! Semakin banyak tanya, kau akan semakin repot!



Tips 3



Jangan pernah malu


Salah satu tantangan dalam OSPEK ialah problem gengsi, biasanya abang tingkat kalian memang mendesain OSPEK untuk mempermalukan kalian. Kaprikornus untuk apa malu? kan OSPEK memang didesain semoga kalian malu. Santai aja kalau kalian dibully abang tingkat, dieksekusi dan dipermalukan… Kenyataanya ini cuma OSPEK, anggap saja menyerupai GAME, begitu perkuliahan dimulai, semua orang akan lupa dengan OSPEKmu.



Tips 4




Pilih pilihan yang termudah


Dalam OSPEK biasanya kalian diajarin untuk memilih suatu pilihan untuk diri kalian sendiri, maka pilihlah yang paling menguntungkan. Contohnya saja ketika saya di aturan alasannya ialah terlambat, abang tingkat menawarkan pertanyaan:

“Kalian mau dieksekusi apa?”

Nah.. sialnya ada mahasiswa gres sepertiku yang menjawab “Push UP kak!”

Ini ialah pilihan yang sangat kurang pandai menurutku, alasannya ialah kalau saya yang jawab, saya niscaya jawab “Nyanyi kak” kan enak, nggak pakai capek, nggak pakai otot. Tapi sudah terlanjur Push Up yang dipilih. Akhirnya abang tingkat bertanya lagi:

“Mau dieksekusi Push Up berapa kali”

“Satu kali Kak!” saya angkat bicara.

“Satu kali? Kalian perjaka nggak aib push up satu kali” balas abang tingkatku.

Saat ini mereka memakai kelemahan banyak Mahasiswa Baru, yaitu gengsi, kalau saya sihh nggak gengsi, apa poin-nya coba push up banyak-banyak? nyatanya ini hukuman, lebih sedikit lebih pintarlah kita. Ya kan?

Tapi ketika itu mahasiswa gres merasa gengsi dan memperlihatkan kebodohannya dia menambah Push Up-nya hinga 15 kali. Aku sih ogah.. 😛



5. Tips 5




Carilah sobat sebanyak mungkin


Ini akan sangat membantumu dalam perkuliahan nantinya. Semakin banyak teman, maka semakin banyak sumbangan dalam kuliah nantinya. Cobalah cari sobat yang satu jurusan maupun yang lintas jurusan, satu tempat maupun yang luar daerah, pandai maupun yang kaya raya, semuanya niscaya menyenangkan untuk berteman. 😀


Yap itulah beberapa tips dalam menghadapi OSPEK Mahasiswa baru. Semoga dapat dipraktekkan, sehingga kalian dapat mencicipi apa yang saya rasakan, dieksekusi berkali-kali dan santai aja.. 😀


Ingat! daripada dikerjain sama abang tingkat lebih baik dicuekin sama abang tingkat 😛


See yah!



Sumber https://mystupidtheory.com