Random post

Friday, November 23, 2018

√ Teladan Dfd/Dad Diagram Nol Sistem Isu Apotik Juga Penjelesannya

Setelah Kita lihat semua jenis DFD/DAD pada Contoh DAD/DFD Diagram Alir Data Sistem Informasi Apotik, Selanjutnya aku akan bahas Diagram Nol nya.

2. Diagram Nol

DFD Diagram Alir Data Sistem Informasi Apotik √ Contoh DFD/DAD Diagram Nol Sistem Informasi Apotik Juga Penjelesannya


Pada diagram Nol sistem warta penjualan di apotik terdapat beberapa komponen sebagai berikut :
1. terdapat 4 terminator data (simbol kotak) yitu store manager, konsumen, regional operasional manager dan supplier.

2. terdapat 4 proses (simbol lingkaran) adalah pendataan obat, penjualan, pendataan supplier dan pembuatan laporan
3. terdapat 4 data store (simbol garis 2) adalah obat, penjualan,supplier dan inventory obat

berikut penjelasannya :
  •  store manager input data pembelian lalu diproses pada 2.0 penjualan, dari output proses 2.0 penjualan menghasilkan data store penjualan lalu terinput pada proses 4.0 pembuatan laporan
  •  store manager menginput data status obat dan data obat, lalu masuk proses 1.0 pendataan obat, dari output proses 1.0 pendataan obat menghasilkan data store obat dan lalu masuk ke proses 4.0 pembuatan laporan. Proses 1.0 pendaataan obat juga menghasilkan output ke terminator supplier.
  •  Supplier menginput data supplier dan data pembelian obat dari store manager, masuk ke proses 3.0 pendataan supplier,  dari proses 3.0 pendataan supplier menghasilkan output (no faktur) data store supplier dan data store inventory obat. lalu secara otomatis masuk ke proses 4.0 pembuatan laporan.
  •  ROM menginput data harga obat dan mendapat output laporan pembelian obat, laporan data supplier dan laporan penjualan.
  •  Proses 4.0 data harga obat menghasilkan output struk pembelian yang menjadi masukan bagi konsumen, dan laporan faktur penggantian obat untuk supplier.

Sumber http://www.hendrisetiawan.com