Random post

Thursday, November 22, 2018

√ Senyawa Kimia Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia

Dalam hidup ini, kita selalu dikelilingi oleh senyawa kimia. Baik makromolekul maupun mikromolekul. Seluruh dunia ini dibuat oleh senyawa kimia yang bergabung dan bercampur.  Sebenarnya, tidak ada senyawa kimia yang paling penting. Semua zat kimia pastinya mempunyai fungsi dan peranannya masing-masing di alam. Beberapa senyawa kimia memang mempunyai peranan lebih banyak, sedangkan senyawa lainnya tidak mempunyai peranan yang penting. Sebenarnya ini alasannya keterbatasan pengetahuan sains kita aja, sehingga kita belum bisa memakai senyawa kimia tersebut secara maksimal.





Senyawa Kimia yang Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia











 kita selalu dikelilingi oleh senyawa kimia √ Senyawa Kimia Paling Penting Dalam Kehidupan Manusia
Senyawa Kimia Penting




Tidak adil sesungguhnya untuk merangking senyawa kimia yang paling penting dalam kehidupan manusia. Karena sejatinya hampir semua senyawa kimia itu penting dan mempunyai tugas dalam kehidupan kita. Tetapi kali ini saya coba untuk memperlihatkan bebeerapa senyawa kimia yang menurutku sering kita jumpai dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Penting disini dalam arti merupakan senyawa yang kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. 




Oke! Check this out!





  • Air (H2O) – Pastilah air yang paling penting dalam kehidupan manusia. Tidak perlu klarifikasi lagi untuk menggambarkan betapa pentingnya air dalam kehidupan kita. Pada dasarnya, air ialah kebutuhan utama kita yang bisa menciptakan kita bertahan hidup. Kita lebih tahan untuk tidak makan dibandingkan untuk tidak minum. Selain diminum, kita juga sangat membutuhkan air untuk merawat dan membersihkan badan kita. 

  • Natrium Klorida atau Table Salt (NaCl) – Salt dipakai tidak hanya dalam memasak, tapi dalam membersihkan juga. Garam dapur telah dipakai semenjak zaman nenek moyang kita untuk banyak sekali keperluan, faktanya ada setidaknya 1000 kegunaan garam dalam kehidupan kita..

  • Natrium Hidrogen Carbonate atau Baking Soda (NaHCO3) – Baking soda tidak hanya mempunyai manfaat di dapur, tetapi juga dipakai dalam kecantikan dan kesehatan. Senyawa kimia  ini juga dikenal sanggup dipakai sebagai pembersih dan zat pemutih, selain itu jjuga dikenal sebagai penghilang anyir yang baik (deodorizer) juga.

  • Sukrosa atau Gula Dapur (C12H22O11) – Sukrosa dipakai terutama dalam memasak dan sebagai pemanis. Sukrosa ini merupakan salah satu gula sederhana yang diharapkan oleh tubuh. Apalagi sebagai orang Indonesia asli, niscaya setiap harinya mengkonsumsi gula pasir ini. Setidaknya dalam secangkir teh atau kopi pagi. 

  • Sodium hipoklorit atau Bleach (NaClO) – Bleach dipakai sebagai penghilang noda, desinfektan dan penghilang anyir (deodorant). Senyawa kimia ini juga dipakai untuk menjernihkan air dan mengurangi kerusakan kulit.

  • Hidrogen Peroksida (H2O2) – ini dipakai sebagai distributor pembunuh basil dan merupakan satu-satunya yang terdiri dari oksigen dan air. Senyawa kimia ini ialah sebuah alternatif untuk pemutih dan disinfektan yang kuat. Hidrogen Peroksida ini juga dipakai dalam produk-produk kebersihan eksklusif menyerupai obat kumur dan pasta gigi, dan dipakai untuk meringankan rambut. Selain itu  digunakan untuk membersihkan daging dan produk makanan lainnya.

  • Aseton ((CH3) 2CO) – Aseton mempunyai beberapa manfaat kesehatan dan kosmetik, yang paling terkenal sebagai pembersih cat kuku (nail polish remover). Zat kimia ini juga merupakan pelarut yang terkenal dan dipakai untuk proses domestik dan laboratorium lainnya.

  • Metana (CH4) – Metana ialah gas alam yang dipakai untuk menyuling minyak mentah. Senyawa kimia ini juga dipakai sebagai reaktan untuk menghasilkan zat-zat lain menyerupai chloromethanes dan amonia.

  • Karbon Dioksida (CO2) – Karbon dioksida dipakai dalam isi alat pemadam kebakaran dan dalam produksi es kering. Hal ini juga dipakai dalam produksi minuman berkarbonasi.

  • Asam sitrat (C6H8O7) – Suatu senyawa organik, biasanya ditemukan dalam buah jeruk. Hal ini dipakai untuk keperluan memasak dan obat-obatan.

  • Sodium Nitrat (NaNO3) – Sodium nitrat dipakai dalam industri makanan dan pertanian. Selain itu juga merupakan materi utama dalam pupuk.

  • Amonia (NH3) – Amonia bereaksi dengan asam menghasilkan garam. Hal ini dipakai dalam banyak produk pembersih.






Yap itulah beberapa Senyawa Kimia Paling Penting yang sering kita jumpai dalam keseharian. Mungkin kalian punya senyawa lain yang nggak kalah penting? C’mon, share it with us!.


Sumber https://mystupidtheory.com