Random post

Saturday, November 24, 2018

√ Makalah Hujan Asam, Pengertian Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan

Tulisan ini merupakan rangkuman dari Makalah Pengertian Hujan Asam dan Dampaknya terhadap Manusia serta Lingkungan yang disusun oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya.


 


Pengertian Hujan Asam dan Dampaknya


Makalah hujan asam ini dibentuk dengan tujuan untuk menuntaskan kiprah kuliah kimia lingkungan, selebihnya ialah untuk menambah literatur perihal hujan asam dan bahayanya bagi lingkungan.


Ini yakni rangkuman makalah, jikalau memerlukan makalah hujan asam yang seluruhnya bisa mengambil di penggalan paling bawah postingan ini.


 


Makalah Hujan Asam


Makalah ini berisi perihal beberapa hal terkait hujan asam. Isi dari makalah ini diantaranya ialah:


Latar Belakang


Istilah hujan asam pertama kali dipakai oleh seorang kimiawan, Robert Angus Smith, sekitar tahun yang kemudian dalam buku karangannya yang membahas polusi dari pembakaran batubara di kota-kota di Inggris. Ia menyampaikan bahwa materi pencemar di udara yang bercampur dengan air hujan berkumpul dan bersenyawa di langit kemudian membntuk zat asam. Zat asam ini kemudian turun ke bumi sebagai hujan asam dan menimbulkan kerusakan bangunan dan monumen bersejarah.


Keberadaan zat-zat pengotor dan polutan ini di udara akan kuat terhadap beberapa proses fisika dan kimia yang terjadi di udara. Salah satu dampak nyatanya ialah dengan terjadinya hujan asam.


Karena itulah, pembahasan topik perihal hujan asam sebetulnya bertujuan untuk menyebarkan cara-cara pencegahan sekaligus penanggulangan terjadinya hujan asam yang merugikan.


 


Rumusan Masalah



  1. Apa pengertian hujan asam?

  2. Apa saja faktor penyebab terjadinya hujan asam?

  3. Bagaimana reaksi pembentukan hujan asam dan penjelasannya?

  4. Apa saja dampak akhir terjadinya hujan asam?

  5. Bagaimana cara mengatasi hujan asam?


Tujuan



  1. Mengetahui pengertian hujan asam

  2. Mengetahui faktor penyebab terjadinya hujan asam

  3. Mengetahui reaksi pembentukan dan klarifikasi perihal hujan asam

  4. Mengetahui akhir terjadinya hujan asam

  5. Mengetahui cara mengatasi hujan asam


Pengertian Hujan Asam


Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat sedikit asam (pH sedikit di bawah 6) lantaran adanya kandungan karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan. Ini menciptakan air hujan mempunyai bentuk sebagai asam lemah.


Hujan asam yakni suatu persoalan lingkungan yang sangat serius dikala ini. Masalah ini harus benar-benar dipikirkan dan diatasi oleh semua penduduk bumi. Hujan asam yakni istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan turunnya asam dari lapisan atmosfir atas ke bumi. Sebenarnya turunnya asam dari atmosfir ke bumi bukan hanya dalam kondisi “basah” Tetapi juga “kering”. Sehingga dikenal pula dengan istilah deposisi (penurunan/pengendapan) berair dan deposisi kering.


Hujan asam disebabkan oleh terjadinya reaksi antara air, oksigen dan zat-zat asam lainnya di atmosfer. Dengan adanya komplemen sinar matahari dari imbas rumah beling maka akan mempercepat terjadinya reaksi antar zat-zat tersebut.


 


Penyebab Hujan Asam


Secara alami hujan asam sanggup terjadi akhir semburan dari gunung berapi(ketika meletus) dan dari proses biologis di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, secara umum dikuasai hujan asam disebabkan oleh acara insan menyerupai industri dan perusahaan, pembangkit listrik, pembuangan asap kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan pertanian (terutama amonia).


Makalah Pengertian Hujan Asam dan Dampaknya √ Makalah Hujan Asam, Pengertian dan Dampaknya Terhadap Lingkungan
Proses Terjadinya Hujan Asam

Secara umum hujan asam disebabkan oleh 2 polutan utama di udara, Sulfur Dioxida (SO2) dan nitrogen Oksida (NOx) yang keduanya dihasilkan melalui proses pembakaran.


Hujan asam juga bisa terbentuk dari proses kimia dimana gas sulfur dioksida atau sulfur dan nitrogen mengendap pada logam kemudian mengering bersama bubuk atau partikel lainnya. Kemudian ketika terjadi hujan, air akan melarutkan endapan sulfur maupun nitrogen yang bersifat asam ini.


 


Reaksi yang Terjadi Pada Peristiwa Hujan Asam


Pada dasarnya, reaksi yang terjadi ketika insiden hujan asam terdiri dari tiga:


1. Reaksi asam sulfat. Gas SO2, bersama dengan radikal hidroksil dan oksigen melalui reaksi photokatalitik di atmosfer, akan membentuk asamnya. Berikut ini reaksi yang terjadi:



  • SO2 + OH -> HSO3

  • HSO3 + O2 -> HO2 + SO3

  • SO3 + H2O -> H2SO4


2. Reaksi Asam Nitrat. Pada siang hari, terjadi reaksi photokatalitik antara gas Nitrogen dioksida denan radikal hidroksil. Berikut reaksinya:



  • NO2 + OH-> HNO3


Sedangkan pada malam hari terjadi reaksi antara Nitrogen dioksida dengan ozon. Berikut ini reaksi yang terjadi:



  • NO2 + O3-> NO3 + O2

  • NO2 + NO3 -> N2O5

  • N2O5 + H2O -> HNO3


3. Reaksi Asam Klorida. Asam klorida biasanya terbentuk di lapisan stratosfer, dimana reaksinya melibatkan Chloroflorocarbon (CFC) dan radikal oksigen O*. Berikut ini reaksi yang terjadi:



  • CFC + hv(UV) -> Cl* + produk

  • CFC + O* -> ClO + produk

  • O* + ClO -> Cl* + O2

  • Cl + CH4-> HCl + CH3


Bahaya Hujan Asam


Danau Rusak


Kelebihan zat asam pada danau akan menimbulkan sedikitnya species yang bertahan. Jenis Plankton dan invertebrate merupakan mahkluk yang paling pertama mati akhir imbas pengasaman. Jika danau mempunyai pH dibawah 5, lebih dari 75 % dari spesies ikan akan hilang.


Ini dikarenakan rantai masakan dari plankton dan kuman akan terputus. Kemudian proses rantai masakan akan berhenti.


Tanah Kehilangan Nutrisi


Pada tanah, hujan asam akan berakibat menghilangnya nutrisi yang diharapkan dari tanah. Hujan asam akan bisa melarutkan mineral dalam tanah sehingga tanah tidak subur lagi.


Tumbuhan dan Hewan Akan Mati


Hujan asam yang terjadi akan melarutkan mineral dalam tanah sebelum tumbuhan sanggup menyerapnya, sehingga tumbuhan akan mati. Sedangkan pada hewan, terjadi gangguan pencernaan ketika meminum air yang asam ini. Sehingga tumbuhan dan binatang terancam mati.


Gangguan Kesehatan Pada Manusia


Dampak dari hujan asam telah banyak diteliti, salah satu karenanya ialah sulphur dioxide yang dihasilkan oleh hujan asam juga sanggup bereaksi secara kimia didalam udara, dengan terbentuknya partikel halus suphate, yang mana partikel halus ini akan mengikat dalam paru-paru yang akan menimbulkan penyakit pernapasan.


Korosi Pada Logam


Hujan asam sanggup mempercepat proses pengkaratan logam. Terjadinya korosi pada logam ini menimbulkan cepat rusaknya material tersebut. Bahkan korosi pada logam ini juga menimbulkan rusaknya monumen-monumen bersejarah.


Cara Mengatasi Hujan Asam


Usaha yang sanggup dilakukan untuk mengendalikan dampak hujan asam ialah dengan memakai materi bakar yang mengandung sedikit pencermar(bahan bakar murni) dan melaksanakan penghematan energi. Berikut ini beberapa hal yang sanggup dilakukan:



  • Menggunakan materi bakar dengan kandungan welirang rendah.

  • Mengurangi kandungan welirang dalam materi bakar

  • Mengendalikan pencemaran selama pembakaran

  • Mengendalikan zat sisa sesudah pembakaran

  • Mengurangi konsumsi/penggunaan materi bakar

  • Mengaplikasikan prinsi Reuse, Recycle, dan Reduce


Kesimpulan


Hujan asam didefinisikan sebagai segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6. Hujan secara alami bersifat asam (pH sedikit di bawah 6) lantaran karbondioksida (CO2) di udara yang larut dengan air hujan mempunyai bentuk sebagai asam lemah.


Hujan asam disebabkan oleh welirang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam materi bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen oksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang gampang larut sehingga jatuh bersama air hujan.


Hujan asam mempunyai dampak tidak hanya pada lingkungan biotik, namun juga pada lingkungan abiotik, antara lain danau, tanah, tumbuhan dan hewan, kesehatan manusia, korosi, bangunan, dan pertanian.


Usaha untuk mengendalikan deposisi asam ialah memakai materi bakar yang mengandung sedikit zat pencemar, menghindari terbentuknya zat pencemar saar terjadinya pembakaran, menangkap zat pencemar dari gas buangan dan penghematan energi.


Cek Makalah Lainnya yang kau perlukan perihal Kimia Lingkungan: Makalah Pengertian dan Dampak Efek Rumah Kaca

Sesuai yang saya janjikan diatas, kalian bisa mend0wnl0ad makalah ini di penggalan final tulisan. Silahkan gunakan materi ini  untuk mempelajari materi kimia lingkungan dengan baik. Semoga bermanfaat


Download Makalah Hujan Asam



Sumber https://mystupidtheory.com