Random post

Saturday, November 3, 2018

√ Ilmu Kimia Dalam Smartphone [Infografik]

Kali ini saya akan share tetang materi kimia dalam benda yang sudah sangat tidak abnormal lagi bagi kalian. Bahkan mungkin dikala ini sedang kalian pegang, apalagi bila bukan lmu kimia dalam smartphone. Sharing kali ini masih serupa dengan postingan infografik sebelumnya mengenai jenis jenis plastik.


Informasi pada postingan ini sepenuhnya saya ambil dari Compound Interest, hanya saja saya terjemahkan berdasar pemahamanku sendiri.











Kali ini saya akan share tetang materi kimia dalam benda yang sudah sangat tidak abnormal lagi √ Ilmu Kimia dalam Smartphone [Infografik]
ilmu kimia dalam smartphone 


Smartphone


Salah satu benda yang mungkin sangat dekat dalam kehidupan kita ini merupakan teknologi yang telah berkembang semenjak puluhan tahun lalu. Saat ini material yang digunkan dalam smartphone diubahsuaikan dengan fungsingya yang semakin beragam. Secara umum material kimia yang dipakai dalam smartphone akan saya bahas disini.











Kali ini saya akan share tetang materi kimia dalam benda yang sudah sangat tidak abnormal lagi √ Ilmu Kimia dalam Smartphone [Infografik]
ilmu kimia dalam smartphone 


Layar / Screen


Layar smartphone paling banyak memakai beling alumunium silika, yang merupakan adonan dari alumunium oksida dan silikon dioksida. Kemudian untuk menunjukkan fungsi touch screen pada layar di injectkan (tempelkan) lapisan deposit Indium tin oksida.



Baterai


Baterai pada smartphone kebanyakan memakai baterai litium ion. Bahan kimia yang dipakai yaitu Litium cobalt oksida sebagai elektroda faktual dalam baterai dan grafit (karbon) sebagai elektroda negatifnya. Kemudian di dalam baterai juga memerlukan larutan organik yang berfungsi sebagai cairan elektrolit.



Komponen Elektronik


Material elektronik mikro pada smartphone berasal dari materi Tembaga, Emas dan Perak.  Selain itu penggunaan unsur Tantalum juga dipakai sebagai mikro kapasitor pada smartphone.


Mikrofon dan speaker dari smartphone diproduksi dengan materi dasar alloy adonan neodymium-besi-boron yang diapplikasikan dalam bentuk magnet.


Prosessor chip pada smartphone umumnya terbuat dari silikon murni yang kemudian di panaskan dengan penambahan oksigen sehingga terbentuk silikon dioksida. Silikon ini tidak sanggup merambatkan arus listrik sehingga dibutuhkan embel-embel berupa Fosfor, Antimon, Arsen, Boron, Indium, atau galium untuk merambatkan arus listrik. Teknik yang dipakai untuk menambahkan unsur ini yaitu teknik dopping.



Casing


Material pada casing smartphone cukup bervariasi bergantung pada jenis casingnya, casing logam, plastik atau adonan dari keduanya. Kalau casing logam biasanya memakai materi dasar alloy magnesium sedangkan casing plastik umumnya berbahan dasar karbon.


Itulah beberapa unsur kimia yang terdapat dalam smartphone. Makara kau sudah menggenggam aplikasi ilmu kimia  dalam kehidupan sehari-hari.


Sumber: http://www.compoundchem.com/2014/02/19/the-chemical-elements-of-a-smartphone/


Kalau kalian menyukai informasi-informasi sains ibarat Jenis-Jenis gelas dalam laboraturium kimia, Fakta ilmiah imbas polusi di dunia dan yang lainnya, silahkan Follow G+ ku yang ada di bawah dan like FP Facebookku.


Kalian juga sanggup pesan info yang kalian mau via Facebook Page. Aniway Thanks!



Sumber https://mystupidtheory.com