Random post

Monday, November 26, 2018

√ Fakta Ilmiah Perihal Otot Manusia

Tubuh kita terdiri dari lapisan kulit dan daging. Hampir seluruh massa tubuh manusia ialah daging. Daging merupakan kumpulan lapisan otot. Otot ini berfungsi sangat penting dalam badan kita. Karenanya mengenali fakta menarik perihal otot adala hal yang penting.


Berapa banyak otot yang kau punya? Ada berapa jenis otot dalam badan kita? otot manakah dalam badan kita yang paling kuat? Baiklah semua pertanyaan ini akan terjawab dalam uraian singkat fakta ilmiah mengenai otot manusia berikut ini:



Fakta Menarik Tentang Otot











Tubuh kita terdiri dari lapisan kulit dan daging √ Fakta Ilmiah Tentang Otot Manusia
Fakta Ilmiah perihal Otot Manusia




  1. Otot merupakan jaringan lembut pada badan insan dan hewan. Otot ini sanggup menghasilkan tenaga dan gerakan.

  2. Otot berfungsi dalam menciptakan postur tubuh, pergerakan fisik (duduk, berlari, makan), dan menggerakkan organ bab dalam badan (seperti menggerakkan jantung biar terus berdetak memompa darah, menggerakkan usus biar memproses makanan, dll).

  3. Kata otot atau muscle dalam bahasa inggris berasal dari kata bahasa latin musculus, yang berarti “tikus kecil”. Sebutan latin ini diberikan alasannya ialah bentuk dari otot yang ibarat tikus kecil, atau pergerakan otot yang ibarat tikus yang berjalan.

  4. Tendon atau urat menghubungkan antara otot kita dengan tulang, mengakibatkan otot sanggup menggerakkan tulang tubuh.

  5. Terdapat tiga jenis otot pada manusia, yaitu otot jantung, otot halus dan otot skeletal.

  6. Ada sekitar 650 otot skeletal dalam badan insan yang berfungsi dalam pergerakan tulang dan sendi.

  7. Otot skeletal merupakan otot yang mengendalikan hampir seluruh gerakan pada manusia. Urat/tendon melekatkan otot pada tulang dan sendi.

  8. Otot skeletal dibagi menjadi dua bagian, yakni otot skeletal tipe 1 dan otot skeletal tipe 2.

  9. Otot skeletal tipe 1 mengandung banyak protein sehingga berwarna merah terang. Otot jenis ini mengandung banyak oksigen secara efisien dan memakai lemak, protein dan karbohidrat sebagai energi dan otot ini bisa berkontraksi dalam waktu yang lama.

  10. Otot skeletal tipe 1 bekerja dikala melaksanakan olah raga aerobik, lari dan bersepedah.

  11. Otot skeletal tipe 2 mempunyai warna yang lebih pucat putih, alasannya ialah mengandung lebih sedikit myoglobin (protein yang mengandung oksigen). Otot ini sanggup berkontraksi dengan sangat cepat, dan kuat, namun cepat lelah.

  12. Otot skeletal tipe 2 lebih banyak dipakai untuk olahraga yang memerlukan kekuatan dan kecepatan secara bersamaan, mirip sprint, langgar panco dan lompat jauh.

  13. Otot halus merupakan otot yang tidak dikendalikan oleh otak kita. Otot ini terdapat pada banyak organ dalam badan manusia, misalnya esofagus, perut, pembuluh darah.

  14. Otot halus berperan penting dalam pengangkutan zat dalam tubuh, mirip makanan, darah, dll.

  15. Otot jantung juga merupakan otot yang geraknya tidak dikontrol oleh otak, otot ini hanya terdapat di jantung dan berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

  16. Otot insan mempunyai berat setengah dari seluruh berat badan manusia. Jaringan otot ini 15% lebih padat daripada jaringan lemak di tubuh.

  17. Saat tersenyum, kita hanya memerlukan 17 otot, sementara dikala merengut kita menggerakkan 43 otot wajah. Kaprikornus tersenyum lebih gampang daripada merengut. 🙂

  18. Jika kekuatan otot diukur sebagai kemampuan untuk memakai kekuatan pada sesuatu, maka otot rahang ialah bab otot yang terkuat di tubuh.

  19. Sedangkan otot terkuat yang diukur menurut fungsinya ialah otot eksternal mata, yang mempunyai kekuatan 100 kali lebih berpengaruh daipada ukurannya dan menanggung beban bola mata yang cukup berat.

  20. Lidah memiliki 8 jenis otot.

  21. Otot jantung pada jantung kita merupakan otot yang bekerja paling banyak selama kita hidup di dunia.

  22. Cerebral palsy merupakan kelaianan pada badan yang mempengaruhi keseimbangan dan fungsi gerak.

  23. Ingatan otot, atau respon otot terbentuk dengan melaksanakan banyak latihan. Otot akan membentuk dan menyempurnakan suatu gerakan tertentu dengan banyaknya latihan. Oleh alasannya ialah itu latihan sangat penting bagi atlit olah raga.


Oke, itu semua fakta perihal otot pada badan manusia. Bagiamana? Kaget kan jikalau otot terkuat itu justeru otot eksternal mata, yang bisa mengangkat beban sampai 100 kali dari ukuran semestinya.


Itulah badan kita, pernuh kejutan dan keajaiban. Kita belajar sains untuk menguak keajaiban demi keajaiban dalam badan yang luar biasa ini.



Sumber https://mystupidtheory.com