Random post

Friday, November 2, 2018

√ Cara Mengalami Hari-Hari Yang Menyenangkan

“Smile at stranger, embarrass your best friends and have a joyful day Mahfuzh tnt”


 embarrass your best friends and have a joyful day  √ Cara Mengalami Hari-Hari yang Menyenangkan

Aku pernah mengalami hari yang sangat buruk. Itu beberapa tahun yang lalu, saat saya masih mahasiswa.


Saat itu saya menjalani final masa kuliahku, dan salah satu kiprah kuliah yang penting ialah KKN. Aku telah menuntaskan KKN dengan baik, namun saya belum menuntaskan laporan KKN-ku. Lebih tepatnya belum mendapat persetujuan oleh dosen pembimbing KKN.


Sebagai ketua kelompok maka urusan persetujuan dosen pembimbing ini menjadi tanggung jawabku. Sementara deadline penyetoran nilai KKN semakin dekat, tetapi dosen pembimbing sulit kutemui. Ketika bertemu, saya mendapat ocehan dan kewajiban revisi lagi.


Saat itu akumerasa sedang membawa beban yang sangat berat, sampai akan tertindis alasannya tidak bisa menahan bebannya. Kemudian mulai menyalahkan banyak hal, “Kenapa nasib tidak berpihak padaku?” Benar-benar hari yang jelek bukan?


Tetapi bekerjsama itu tidak seburuk yang saya pikirkan. Kenyataanya temanku selalu mendukung kerja kerasku, orang tuaku sedikit khawatir tetapi terus menenangkanku, dan saya sendiri masih punya banyak energi untuk melaksanakan hal yang berguna.


Saat itu saya menentukan untuk meninggalkan urusan kampus sejenak. Keluar, berjalan-jalan dan melihat bahwa tidak ada yang bisa mengurungmu, tidak juga dosenmu.


Orang lain mungkin bisa memperlakukanmu dengan buruk, keadaan bisa saja menjepitmu, tetapi kau bisa memilih. Akankah hari ini lebih berjalan jelek atau mengakibatkan hari ini lebih menyenangkan dan menikmati seluruh prosesnya sebagai pelajaran.


Jika kau menganggap ini yaitu hari yang buruk, maka jadilah hari yang buruk, tetapi ingat kita bisa tetapkan untuk menciptakan hari ini menyenangkan.


1. Bersyukurlah


Bersyukurlah dari hal-hal terkecil yang terjadi dalam hidupmu, untuk sebuah proteksi dari temanmu, saat melihat mentari pagi, saat kau masih mempunyai tenaga untuk berusaha, dan bersyukurlah untuk bisa bernafas. Bersyukur untuk segala hal yang masih kau miliki.


Bersyukur untuk semua yang terjadi dalam hidupmu membuatmu mempunyai pisitive thinking, penuh semangat dan tertantang untuk mengambil langkah maju.


2. Positive Thinking


Berfikiran positif akan memberimu semangat untuk menikmati hari ini. Kamu melihat lebih jauh, bahwa akan ada hal baik di hari esok. Ingat kataku tentang visi kan?


Berfikiran positif mengubah pandanganmu, bahwa setiap hal jelek yang terjadi padamu mempunyai hikmah. Setiap perlakuan jelek orang lain terhadapmu membuatmu tahu abjad mereka. Semua kesalahan yang kau lakukan, membuatmu mencar ilmu untuk tidak mengulanginya kembali.


Selalu gunakan sudut pandang yang positif dalam memulai harimu.


3. Fokuslah untuk Memberi bukan Hanya Menerima


Kenapa kita mencicipi kecewa? Mungkin alasannya kita berharap banyak. Mengapa kita merasa hari ini buruk? Bisa jadi alasannya kita terlalu berharap mendapat sesuatu dari orang lain, ternyata tidak.


Walaupun berfikiran positif itu baik, tetapi jangan berharap kepada orang terlalu banyak. Ketika pagi hari saya sudah terlalu berharap akan mendapat tandatangan dosenku, ternyata tidak ada, ini membuatku merasa ada yang salah, kemudian menganggap hari ini yaitu hari yang buruk.


Ketika hanya memikirkan apa yang kita inginkan hari ini, akan sama mirip memuali hari dengan nilai negatif. Untuk lima hal yang kita harapkan terjadi, menyerupai memulai hari ini dengan nilai -5. Kemudian saat satu persatu kenyataan sesuai harapan, nilai akan menjadi -4, -3, dan maksimal ialah nol.


“Happiness.. Consist in giving and in serving others Henry Drummond”


Sedangkan dengan fokus untuk memberi. Baik itu memperlihatkan perjuangan yang terbaik maupun memberi sesuatu pada orang lain. Maka kita akan memulai hari dengan nilai nol. Ketika memperlihatkan satu hal kepada orang lain, maka akan naik menjadi +1, +2 dan seterusnya, ini memberimu kemungkinan tidak terbatas.


Pada kasusku, bisa jadi pemikiran bahwa hari ini hari yang buruk, alasannya memulainya dengan salah. Aku belum memperlihatkan hal terbaik pada orang-orang disekitar, tetapi sudah berharap banyak. Ketika keadaan tidak sesuai harapan. Ini memberi kekecewaan yang lebih.


Hargai kehidupanmu, bila ingin harimu menyenangkan, maka bersyukurlah, postitive thinking, dan berikan yang terbaik!
Jadi sudahkah kau memulai hari dengan memperlihatkan yang terbaik kepada orang lain.



Sumber https://mystupidtheory.com