Random post

Thursday, November 22, 2018

√ 7 Tips Cara Menabung Di Bank Yang Efektif

Menabung! Ada yang bilang menabung merupakan cara paling lambat untuk bisa kaya raya, tetapi menabung juga merupakan cara paling kondusif untuk bisa kaya raya. Ya nggak sih? Yah.. Menurutku begitu. Sepertinya zaman kini ini, anak kecil sudah jarang sekali yang punya tabungan, mungkin alasannya ialah tidak diajarkan untuk menabung, kan sudah nggak jaman. Lebih banyak orang renta yang mengajarkan anaknya untuk jadi enterpreneur cilik. Tetapi masa saya kecil dulu, menabung ialah pelajaran penting!


Sejak duduk di kursi Madrasah Ibtidaiyah (MI) saya sudah diajarkan dan dilatih untuk menabung. Dulu, dimana kemampuan ekonomi keluargaku sangat terbatas, saya harus menyisihkan sedikit uang jajanku untuk mengisi celengan. Ini menjadi latihan awal yang baik untukku, biar bisa berhemat dan menahan diri dari jajan yang tidak perlu.











 Ada yang bilang menabung merupakan cara paling lambat untuk bisa kaya raya √ 7 Tips Cara Menabung di Bank Yang Efektif
Cara Menabung Efektif



Cara Menabung di Bank Yang Efektif


Itu dulu sekali, tetapi ketika masa Sekolah Menengan Atas saya sudah berguru cara menabung di Bank. Nah.. Sejak awal menabung di Bank ini, saya sudah diberi ATM, ya! Anjungan Tunai Mandiri. Dimana saya bisa mengambil uang tabunganku setiap saat. Belakangan saya tahu jika mempunyai ATM ialah wangsit yang jelek buatku. Bagaimanapun saya tetapi harus logis, bukan ATM-nya yang menjadi masalah, tapi tekad dan tujuan menabungku yang perlu dipertanyakan. Belajar dari pengalaman itu, saya tetap memegang ATM, kali ini saya menabung dengan tujuan yang jelas, membeli barang tertentu.


Dengan tekad dan tujuan yang jelas, saya berhasil menabung uangku, tetapi masalahnya sesudah terkumpul cukup uang, dan saya membeli barang yang saya mau, tabungan akan kosong. Aku harus menemukan sasaran barang gres yang akan saya beli. Makara secara sederhananya, saya terlihat hanya save and spent aja, nggak ada tabungan keamanan. Setelah banyak pengalaman itu, sekiranya setahun kemudian saya sanggup sebuah buku keuangan yang menarik, berisi tips menabung dan mengatur keuangan. Berikut ini beberapa tips menabung yang akan saya bagikan.



Tips Menabung di Bank




1. Pilihlah Bank Terbaik Sebagai Tempat Menabung


Banyak hal yang bisa dipertimbangkan untuk menentukan Bank daerah kita menabung. Bagi kalian yang mahasiswa, mungkin kalian bakalan menentukan daerah menabung yang charge perbulannya kecil. Bagi pengusaha Online, terutama pemilik online shop, niscaya mempertimbangkan Bank yang mempunyai banyak ATM, sehingga transaksinya sanggup berjalan dengan lancar. Sedangkan bagi beberapa teman saya yang lainnya, mereka menentukan Bank yang konsepnya syariah.


Kalau dengan beberapa pertimbangan itu kalian masih belum bisa menentukan dimana akan menabung, maka sebaiknya kalian bertanya ke orang renta yang terbilang bisa membeli aset dengan menabung.



2. Siapkan Uang Tabungan Yang Banyak


Untuk awal menabung, biasanya kita hanya perlu memasukkan setoran awal 250-500 ribu rupiah saja. Jumlah ini bervariatif sesuai Bank penyedia jasa. Walaupun jumlah ini terbilang sedikit, tetapi jangan memasukkan tabungan pertama dengan jumlah yang sedikit, masukkanlah uang tabungan dengan jumlah 1juta atau 2juta. Jumlah setoran awal ini secara tidak pribadi akan menjadi standard terkecil uang dalam tabunganmu, niscaya menyerupai itu sugestinya.


Kalau setoran awalnya 3juta, maka ketika bulan depan uang di tabungan hanya ada 2.7juta, kau niscaya akan berusaha mengisi tabungan hingga melebihi 3 juta, alasannya ialah pikiranmu niscaya 2.7 juta merupakan penurunan dari jumlah awal setoranmu.



3. Hematlah Uang Jajan


Ada dua cara untuk mengisi tabungan, pertama dengan berhemat dan mengurangi pengeluaran, kedua dengan menambah penghasilan. Cara kedua akan kita bahas di point berikutnya. Cara pertama ialah cara paling mudah, kau hanya perlu mengurangi uang jajanmu. Kalau kau keluar rumah dan terpikir untuk membeli sesuatu  coba pikirkan ulang apakah kau benar-benar menginginkannya. Kalau tidak terlalu kuat pada kegiatanmu hari ini, sebaiknya tidak usah membelinya.



4. Carilah Uang Tambahan Untuk Ditabung


Carilah uang suplemen untuk ditabung. Pilihan ini sangatlah terbuka buat kalian. Sekarang ini, banyak sekali orang yang memulai perjuangan kecil-kecilan untuk menambah uang jajan, kau harus menggantinya menjadi perjuangan kecil-kecilan untuk menambah tabungan. Jauh lebih keren kan?



5. Sisihkan 10% dari Penghasilan


Menyisihkan 10% dari penghasilan bulananmu, sanggup menyelamatkanmu dari peristiwa keuangan sepanjang hidupmu. Ini merupakan hasil penelitian dan perumusan dari para andal finansial. Mungkin memang benar, terkadang kita akan terkena peristiwa atau musibah, sehingga perlu cadangan uang untuk masa-masa itu.


Walaupun begitu, jangat terlalu takut pada musibah, sehingga menumpuk2 uang di tabungan. Santai saja, tabung seperlunya, gunakan seperlunya, bantu orang lain secukupnya. Dengan begitu kau akan bisa mengatur tabunganmu dengan baik.



6. Buatlah Target Yang Jelas Untuk Apa Menabung


Tujan ialah yang terpenting dari apa yang kita kerjakan. Makara tekadmu akan lebih kuat jika kau punya tujuan yang jelas untuk apa menabung. Target ini bisa beraneka ragam, bisa untuk membeli barang pribadi, membelikan hadiah orang tua, memulai perjuangan baru, atau bahkan untuk melamar anak orang. Hehe.. Itu yang saya sedang kepikiran.. XD



7. Jangan Praktis Mengambil Tabungan


Jangan terlalu gampang mengambil tabunganmu dan membelanjakannya. Coba perhatikan ulang, apakah sasaran menabungmu telah tercapai? Apa kebutuhanmu terpenuhi? Apakah mengambil tabungan dibutuhkan hanya untuk membeli sebuah mobil? Sementara kau sudah punya kendaraan beroda empat yang manis dan layak.


Terkadang, kita stress berat dengan uang besar. Trauma? Trauma ini dalam arti, tangannya gatel jika lihat rekening banyak isinya. Pengennya ngambil dan membelanjakannya. Sementara belanjanya nggak terang tujuannya. Ini ialah penyakit keuangan yang buruk. Jangan hingga kalian mempertahankan penyakit ini, segera lawan dan sembuhkan!


Oke.. Itu merupakan 7 Tips Cara Menabung di Bank Yang Efektif versiku. Banyak memang cara menabung lainnya, menyerupai teknik yang sangat populer yaitu dengan membagi tabungan Bank untuk banyak sekali keperluan, atau dengan teknik menabung tanpa ATM, Semuanya sah.. sah.. saja. Tetapi yang perlu digaris bawahi ialah, kekuatan tekad dan impian untuk hidup lebih baik. Percumah kan tabungan banyak tapi kehidupan makin suram, dijauhi orang alasannya ialah pelit, dimusuhi keluarga alasannya ialah serakah. Terakhir, pesanku;


Menabunglah dengan cermat, belanjalah dengan bijak, dan bersedekahlah dengan ikhlas.. InsyaAllah kehidupan akan jadi lebih baik.



Sumber https://mystupidtheory.com