Random post

Sunday, October 7, 2018

√ Teladan Senyawa Ion Dalam Kehidupan Sehari Hari

Senyawa ion merupakan senyawa yang terbentuk dari ikatan ionik yang terjadi antara dua unsur atau lebih. Pada umumnya, senyawa ionik merupakan adonan antara unsur logam dan unsur nonlogam yang memiilki perbedaan keelektronegatifan yang tinggi. Kali ini saya akan memperlihatkan beberapa pola senyawa ion yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari:


Baca Juga: Senyawa Ionik & Senyawa Kovalen


Contoh Senyawa Ion


Sebenarnya ada berbagai pola senyawa ionik yang sanggup kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Namun terkadang kita tidak tahu membedakan jenis senyawa tersebut. Berikut ini merupakan Contoh senyawa ion yang sering kita temui serta penjabarannya.


1. NaCl (Garam Dapur)


Senyawa yang satu ini niscaya kalian sudah nggak gila lagi kan? Garam yang tersusun dari unsur Na dan Cl merupakan contoh senyawa ion yang hampir setiap hari kita temui. Karakteristik unsur Na merupakan logam sedangkan Cl ialah unsur nonlogam.


Satu elektron dari Natrium akan ditarik oleh Klorida sehingga terbentuk gaya tarik elektrostatis antara Na dan Cl membentuk NaCl. Senyawa ini juga merupakan pola bahwa dalam reaksi kimia, banyak kemungkinan yang sanggup terjadi. Na dan Cl yang merupakan dua unsur yang sangat beracun dan berbahaya untuk manusia, saat bergabung menjadi senyawa yang sangat bermanfaat, bahkan diharapkan oleh manusia.


2. CaCl2 (Kalsium Klorida)


Senyawa Kalsium Klorida tersusun dari satu atom Kalsium Ca, dan dua tom Klorida Cl. Karakteristik dari unsur kalsium ialah logam sedangkan Cl merupakan unsur non logam.


Penggunaan dari Kalsium Klorida yang paling umum ialah pada bak renang. Air di bak renang biasanya ditambahin Kalsium Klorida semoga tidak bersifat korosif dan merusak struktur logam di kolam


3. NaF (Natrium Florida)


Senyawa Natrium Florida tersusun dari satu atom Natrium Na dan satu atom Flor, F. Karakteristik dari unsur Natrium ialah logam sedangkan Cl ialah unsur non logam. Kombinasi dari keduanya membentuk ikatan ionik NaF.


Penggunaan NaF, Natrium Fluorida yang sering kita jumpai ialah pada pasta gigi. Senyawa ini dipakai selain untuk memutihkan gigi tetapi juga sanggup menguatkan struktur gigi.


4. CaCO3 Kalsium Karbonat


Senyata Kalsium Karbonat terdiri atas satu atom Kalsium, satu atom Karbon dan tiga atom Oksigen. Karakteristik dari Natrium ialah unsur logam sedangkan Karbonat CO3- ialah nonlogam.


Penggunaan Kalsium Karbonat ini ialah pada pengembang roti, atau soda kueh..


3. KBr (Kalium Bromida)


Senyawa Kalium Bromida terdiri dari satu atom Kalium K dan satu atom Bromida Br. Karakteristik dari unsur Kalium ialah logam sedangkan Brom merupakan unsur nonlogam sehingga KBr merupakan contoh senyawa ionik.


Penggunaan dari senyawa Kalium Bromida terdapat dalam industri kertas dan fotografi.



Sumber https://mystupidtheory.com