Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS ini tersaji dengan keinginan bahwa Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS ini sanggup menjadi tumpuan berguru bagi para siswa kelas XII Sekolah Menengan Atas atau MA yang hendak menempuh ujian nasional tahun pelajaran 2017-2018 ini.
Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS yang diunggah pada halaman ini tentu saja berasal dari teladan soal UN yang pernah diujikan, tepatnya dari dua tahun pelajaran yang lalu. Karena teladan soal berasal dari teladan soal UN yang nyata-nyata pernah diujikan, maka dengan demikian, ia mempunyai validitas empirik yang baik. Maksudnya yaitu bahwa Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA 2018 Geografi-IPS yang disajikan ini terbukti telah menjadi soal di masa lampau. Dengan pendekatan empirik tersebut, maka konsekuensi logis darinya yaitu terletak pada prediktibilitas atau daya ramal. Meskipun nanti tidak sama persis, tapi soal sanggup diprediksikan mempunyai pattern atau pola yang mirip. Dengan adanya prediktibilitas tersebut, maka para siswa SMA-MA yang mengikuti UN tahun pelajaran 2017-2018 ini sanggup melaksanakan mapping atau pemetaan belajar. Dengan melaksanakan mapping tersebut, maka berguru sanggup menjadi lebih efektif dan efisien. Semoga.
Berikut yaitu tautan Download Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS:
BACA JUGA
Berikut yaitu kutipan dari Contoh Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS tersebut:
1. Penduduk Jakarta banyak yang membutuhkan mesin pendingin ruangan, sehingga produsen mesin tersebut banyak menjual produknya di Jakarta.
Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena terse but yaitu ....
A. konsep lokasi
B. konsep aglomerasi
C. konsep interaksi interdependensi
D. konsep diferensiasi area
E. konsep keterkaitan keruangan
2. Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada waktu pulang kampung lebaran dari kota ke desa, dikala kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapat pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjadi kepadatan penduduk di kota.
Prinsip geografi yang dipakai untuk mengkaji fenomena terse but yaitu ....
A. prinsip persebaran
B. prinsip interelasi
C. prinsip deskripsi
D. prinsip korologi
E. prinsip aglomerasi
3. Banjir menggenangi daerah hilir jawaban alih fungsi lahan hutan di daerab hulu menjadi permukiman dan acara lainnya. Jika hujan dengan intensitas sedang sanggup meningkatkan limpahan air sungai mengakibatkan banjir di daerah hilir.
Pendekatan geografi untuk menganalisis tanda-tanda terse but yaitu ....
A. pendekatan ekologi
B. pendekatan korologi
C. pendekatan keruangan
D. pendekatan kelingkungan
E. pendekatan kompleks wilayah
4. Fenomena geosfer:
( 1) urbanisasi semakin meningkat di perkotaan; (2) curah hujan cenderung tidak menentu;
(3) gempabumi menimbulkan korban penduduk;
(4) penduduk berwisata ke daerah pegunungan;
(5) erosi, denudasi, dan longsor jawaban penggundulan hutan;
Aspek geografi fisik dari fenomena terse but terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
5. Pernyataan:
(1) penentuan awal bulan Ramadhan; (2) mengamati gerakan air laut;
(3) mendeteksi perubahan permukaan laut; (4) mengamati rasi bintang di malam hari; (5) menikmati keindahan bunga sakura.
Bukti acara penduduk yang berkaitan dengan pergerakan revolusi Bumi terdapat pada
angka ....
A. (I), (2), dan (4) B. (1),(3),dan(S) C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)
6. Pernyataan:
(1) pergantian trend di kedua potongan Bumi; (2) perbedaan waktu di muka Bumi;
(3) perbedaan panjang siang dan panjang malam;
(4) pembelokan arah angin;
(5) peredaran semu harian benda-benda langit.
Fenomena yang terjadi jawaban rotasi Bumi terdapat pada angka ....
A. (I), (2), dan (3) B. (1), (2), clan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
7. Deformasi atau pergeseran kulit Bumi membentuk gunung, pegunungan, lembah, dan jurang.
Faktor yang memengaruhi pergerakan lempeng tersebut yaitu ....
A. arus konveksi di lapisan astenosfer
B. gravitasi Bumi di lapisan inti dalam
C. arus konduksi di lapisan litosfer
D. ams maknetisme lapisan Bumi
E. konveksi dampak rotasi Bumi
10. Dampak letusan gunung api secara global yaitu ....
A. terjadi tsunami mengakibatkan tamat hayat tumbuhan
B. pendangkalan sungai disebabkan aliran material letusan
C. semburan aerosol vulkanik menurunkan suhu Bumi
D. semburan debu vulkanik rnelenyapkan spesies tertentu
E. debu vulkanik mengakibatkan kandungan oksigen meningkat
11. Dampak yang ditimbulkan dari terjadinya gempa vulkanik yaitu ....
A. sering terjadi banjir lahar dingin
B. penanda acara magma meningkat
C. kebakaran hutan di puncak gunung
D. penanda keluarnya cadangan minyak
E. indikator pembentukan banyak sekali jenis batuan
13. Jenis tanah di daerah pegunungan kapur yang banyak ditumbuhi tumbuhan jati yaitu ....
A. tanab aluvial
B. tanah organosol
C. tanah podsolik
D. tanah terarosa
E. tanah laterit
14. Pemanasan Matahari yang tinggi sehingga uap air naik secara vertikal di daerah tropis sampai mengakibatkan bujan. Jenis hujan yang sesuai dengan fenomena tersebut yaitu ....
A. hujan frontal
B. hujan zenithal
C. hujan orografis
D. hujan muson
E. hujan trend dingin
15. Ciri-ciri iklim:
(1) ketinggian tempat 1.500 - 2.500 meter di atas permukaan Iaut;
(2) temperatur udara antara 17, 1 °C - 11, 1 °C;
(3) terdapatjenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina.
lklim yang sesuai ciri tersebut berdasarkan Junghuhn yaitu ....
A. iklim panas
B. iklim hangat
C. iklim sedang
D. iklim sejuk
E. iklirn hambar
16. Suatu wilayah dengan kondisi tanah subur, curah hujan tinggi, dan merupakan dataran rendah. Aktivitas penduduk yang sesuai dengan kondisi tersebut yaitu ....
A. pertanian pangan
B. pertanian materi baku industri
C. budidaya tumbuhan hias
D. perkebunan buah
E. budidaya ikan hias
17. Usaha untuk mengurangi dampak perubahan iklim global terhadap punahnya banyak sekali j enis tumbuhan dan fauna yaitu dengan cara ....
A. memakai wilayah konservasi alam
B. memanfaatkan wilayah penghijauan nasional
C. memilih suatu wilayah menjadi cagar alam
D. memakai sistem derma alam
E. memakai wilayah hutan sesuai kebutuhan
18. Indonesia sebagai negara agraris dengan lahan pertanian yang luas, namun pemanfaatannya belum optimal lantaran pengetahuan petani perihal potensi lahan dan kondisi iklim yang nurum.
Pengetahuan yang harus dimiliki petani lahan sawah yaitu info ....
A. jenis tanah dan kecepatan angin
B. kesuburan tanah dan masa trend tanam
C. struktur geologi lahan dan curah hujan
D. kondisi tumbuhan dan temperatur udara
E. karakteristik lahan dan kelembaban udara
19. Pemanfaatan sungai yang mempunyai volume air tetap, dalam, dan le kafetaria serta masih tersedianya hutan sebagai cadangan air yaitu untuk ....
A. persawahan pasang surut dan objek penelitian
B. tambak ikan bandeng dan sarana olahraga C. pembangkit tenaga listrik dan peternakan D. sarana transportasi dan sumber irigasi
E. pariwisata dan materi balm industri
20. Manfaat pelestarian daerah aliran sungai yang utama di Indonesia yaitu ....
A. penyedia sumber tenaga
B. penyedia sarana tranportasi
C. persediaan air selama kemarau
D. penghasil sumber materi makanan
E. pendukung sarana industri
Jenis hayati yang dimanfaatkan dalam bidang industri kreatif terdapat pada angka ....
A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
25. Banjir di kota besar menyerupai Jakarta, bukan hanya jawaban penggundulan hutan di hulu sungai, tetapi juga jawaban pendangkalan sungai. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut
yaitu ....
A. larangan membuang sampah ke sungai
B. relokasi permukiman di hulu sungai
c. penanaman pohon di sepanjang sungai
D. menciptakan sodetan sepanj ang sungai
E. menciptakan bendungan sepanjang sungai
27. Padi sanggup dihasilkan daerah rawa pasang surut. Daerah penghasil padi pasang surut di
Indonesia terdapat di wilayah pantai ....
A. Utara Jawa, Selatan Kalirnantan, dan Barat Sumatera
B. Timur Sumatera, Selatan Kalimantan, dan Papua
C. Utara Jawa, Selatan Sumatera, dan Timur Kalimantan
D. Utara Jawa, Timur Sumatera, dan Nusa Tenggara
E. Timur Kalimantan, Sulawesi, dan Selatan Papua
29. Barang tambang alumunium dipakai sebagai materi baku industri ....
A. pesawat terbang dan alat dapur
B. adonan besi baja dan materi bangunan
C. konstruksi bangunan dan perkakas rumah tangga
D. perkakas rumah tangga dan peleburan besi
E. peleburan besi dan materi bangunan
31. Pendapatan per kapita rata-rata penduduk Indonesia tergolong rendah bahkan ada di antara penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan.
Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi hal tersebut yaitu ....
A. mengusahakan j aminan sosial tenaga kerja
B. meningkatkan wawasan penduduk
C. menerapkan sistem upah di setiap daerah
D. memperluas lapangan kerja baru
E. menawarkan pelayanan kesehatan gratis
32. Masyarakat Muntilan erat Candi Borobudur Jawa Tengah banyak yang berpotensi sebagai pengrajin patung dan cobek. Aktivitas penduduk tersebut didukung oleh ....
A. tersedia materi baku dan banyak konsumen
B. penduduk terarnpil dan pendidik:an tinggi C. pendidikan tinggi dan banyak konsumen D. budaya lokal dan penduduk terampil
E. tersedia materi baku dan budaya lokal
33. Pernyataan:
(1) pemberlakuan ritual sebelum trend tanam; (2) pengaturan sistem pengairan sawah;
(3) penentuan waktu trend tanam;
(4) penggiliran tumbuhan pangan;
(5) penanaman tumbuhan yang tahan kering.
Bentuk kearifan lokal dalam upaya pemanfaatan lahan pertanian terdapat pada angka ....
A. (1 ), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
34. Pernyataan:
( 1) terrasering;
(2) pergiliran tanaman;
(3) penggunaan pupuk organik; (4) tanarnan sejenis;
(5) penggunaan pestisida.
Upaya pelestarian lingkungan di bidang pertanian yang sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan terdapat pada angka ....
A. (1),(2),dan(3)
B. (I), (2), dan (4) C. (I), (3), dan (5) D. (2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)
35. Pembangunan vila dan hotel di daerah Puncak-Bogor sulit dikendalikan sampai menjadi bahaya daerah tersebut. Tindakan yang mencerminkan pembangunan berkelanjutan pada kasus tersebut yaitu ....
A. menetapkan pembuatan lubang biopori di sekitar kawasan
B. rnengatur pembangunan sesuai analisis dampak lingkungan
C. mengelola daerah sesuai keinginan para pengembang
D. menetapkan rencana umum tataruang wilayah tertentu
E. menyebarkan pembangunan daerah hutan lindung
Berikut yaitu kutipan dari Kisi-kisi Soal Siap UN (UNBK-UNKP) SMA-MA Tahun Pelajaran 2017-2018 Mapel Geografi Peminatan IPS:
Level Kognitif | Lingkup Materi | |||||
---|---|---|---|---|---|---|
Hakikat Geografi | Dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan | Fenomena Geosfer | Kependudukan dan Lingkungan Hidup | Informasi Geografi | Kewilayahan | |
Pengetahuan danPemahaman Menyebutkan Mengidentifikasi Menjelaskan Memahami | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didik dapatmendeskripsikan pembentukan:- Bumi | Peserta didikdapat mendeskripsikan:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup- pembangunanberkelanjutan | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- peta- pengindraan jauh- sistem info geografis | Peserta didik dapatmendeskripsikan:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah dan pewilayahan- sentra pertumbuhan- negara maju dannegara berkembang |
Aplikasi Mengklasifikasi Menentukan Menggunakan Memecahkan Menerapkan Menghitung | Peserta didik dapatmengaplikasikan:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didikdapat memilih karakteristik:- Bumi | Peserta didikdapat mengklasifikasi unsur:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmengaplikasi pengetahuan untuk mengatasi permasalahan:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup- pembangunanberkelanjutan | Peserta didik dapatmengaplikasikan pengetahuan untuk mencari info dengan menggunakan:- peta- pengindraan jauh- sistem informasigeografis | Peserta didik dapatmenentukan karakteristik:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah danpewilayahan- sentra pertumbuhan- negara maju dannegara berkembang |
Penalaran Membandingkan Memprediksi Membuktikan Mengkombinasi Menganalisis | Peserta didik dapatmenganalisis hakikat geografi:- konsep geografi- pendekatangeografi- prinsip geografi- aspek geografi | Peserta didikdapat menganalisis:- Bumi | Peserta didikdapat menganalisis fenomena geosfer:- atmosfer- hidrosfer- litosfer- biosfer | Peserta didik dapatmemprediksi permasalahan dan upaya mengatasinya di bidang:- kependudukan- sumber daya alam- lingkungan hidup | Peserta didik dapatmenganalisis info geografi dari:- peta- pengindraan jauh- sistem informasigeografis | Peserta didik dapatmembedakan kewilayahan tentang:- pola keruangan- interaksi desa-kota- wilayah danpewilayahan- sentra pertumbuhan |
Demikian goresan pena perihal