Random post

Monday, October 22, 2018

√ Pengalaman Kuliah Di Bsi (Bina Sarana Informatika) Dari Masuk Sampai Lulus

Pendidikan yakni hal yang paling penting bagi insan modern ketika ini, selain menciptakan seseorang menjadi lebih tahu akan segala hal pendidikan juga menciptakan sifat seseorang menjadi berubah yang disebabkan lingkungan sekolah atau kampus baik sifat emosional, kognitif dan preventif.
Lulus dari sekolah menengah atas (SMA) pada tahun 2012 saya tetapkan untuk melanjuti pendidikan saya di perguruan tinggi negri, awalnya saya mengikuti bidik misi untuk masuk ke ITB (institut Teknologi bandung) namun gagal dan menentukan untuk masuk universitas singaperbangsa karawang (UNSIKA) yang notabene masih swasta. Saya lulus dari hasil tes masuk kuliah UNSIKA dengan menentukan jurusan Teknik Informatika, tapi saya gagal lagi dalam problem biaya-biaya untuk menjadi mahasiswa disana, orang bau tanah belum mempunyai rejeki lebih dan disisi lain saya belum mempunyai pekerjaan.

Akhirnya saya menentukan melanjuti pendidikan saya di Bina Sarana Informatika Karawang (BSI) dengan alasan biaya kuliah di BSI jauh lebih murah dibanding di UNSIKA, berdasarkan saya suatu universitas tidak bisa dinilai dari seberapa besar biaya berkuliah disana, namun yang terpenting yakni bagaimana orang tersebut bisa menjadi mahasiswa yang berkualitas serta bisa berprestasi di universitas tersebut, percuma kan kuliah mahal-mahal tapi kita menjadi mahasiswa yang paling tertinggal dalam hal prestasi dibanding mahasiswa lainnya?.

BSI memakai prinsip cyber academic yang artinya mengedepankan aspek online melalui internet dalam hal apapun, baik itu mend0wnl0ad materi kuliah di situsnya, UTS, UAS hingga pendataran kuliah pun bersifat online. Inilah yang menciptakan saya merasa kesulitan untuk mendaftar ke BSI, saya hanya diberi tahu admin kampus bagaimana cara mendaftar hingga membayar biayanya via ATM.

Setelah mendaftar dan mendapat jadwal Semot (seminar motivasi) dan Ormik (orientasi mahasiswa) di jakarta, saya mempersiapkan materi apa saja yang harus dibawa ketika jadwal berlangsung di jakarta. Masa orientasi mahasiswa di BSI berbeda dengan orientasi di perguruan tinggi manapun, biasanya perguruan tinggi memanfaatkan orientasi mahasiswa ini sebagai ajang balas dendam antara mahasiswa senior dan anabawang yang gres masuk dengan bullying namun hal ini berbeda dengan BSI yang memanfaatkan momen oerientasi  mahasiswa untuk seminar yang sifatnya membangun calon mahasiswanya. Seminar di BSI sangat menyenangkan, selain memotivasi calon mahasiswanya untuk menjadi orang lebih baik lagi kita pun diajak untuk menjadi wirausahawan yang sukses.

Masa Perkuliahan
Setelah mengikuti seminar untuk pertama kalinya saya masuk kelas, rencana kuliah sambil bekerja menciptakan saya harusmasuk jam perkuliahan malam hari walaupun pada awal kuliah saya belum mendapat pekerjaan.
Jam perkuliahan berdasarkan SKS(sistem kredit semester), dalam 1 SKS mahasiswa berguru selama 40menit dan rata-rata SKS setiap mata kuliah yakni 2-4 SKS. Mulai perkuliahan pada malam hari dimulai dari pukul 5 sore hingga pukul 9.30 malam. Namun jam masuk perkuliahan setiap mata pelajaran berbeda-beda, contohnya hari senin matakuliah A 4sks dimulai dari jam 5 sore hingga 8 malam, tidakeperti sekolah yang semua kelas masuk pada waktu yang sama. Pada perkuliahan masuk jam matakuliah berdasarkan jadwal yang telah ditentukan kampus, jadi bisa saja masuk perkuliahan pukul 7 malam atau 8 malam.
Bagaimana dengan kelas pagi? kelas pagi mulai perkuliahan antara pukul 7.30 hingga pukul 4 sore. Dalam satu hari mahasiswa BSI paling usang beljar selama 3 jam saja dan paling sedikit 2 sks (80menit). Kaprikornus jangan samakan jam sekolah dengan jam perkuliahan.

Mata Kuliah
Saya menentukan jurusan Manajemen informatika dalam AMIK (Akademi administrasi informatika dan komputerisasi) artinya saya berguru pemrograman mulai dari bagaimana pembuatan program, menjalankannya, mengatasi permasalhan jadwal tersebut, tidak semua mata kuliah berguru perihal jadwal mahasiswa juga diajari bagaimana cara berwirausaha (mata kuliah entrepreunership), menciptakan laporan jurnal akuntansi dan berguru bahasa inggris namun dengan mata kuliah unggulannya pemrograman. 
Matakuliah unggulan yakni mata kuliah prioritas atau diutamakan, biasanya mata kuliah unggulan ditandai dengan simbol (*), mahasiswa diwajibkan setidaknya mendapat nilai B pada mata kuliah unggulannya, contohnya pada jurusan administrasi inormatika mata kuliah unggulannya yakni jadwal C++, Java, Delphi, Ms visual basic, Analisa perancangan sistem informasi dll, pada jurusan akuntansi komputerisasi mata kuliah unggulannya yakni Zahir dan Mayob.

Sistem Penilaian 
Mahasiswa diberikan nilai 100% dimana 10% yakni nilai absensi, 20% nilai tugas, 30% nilai UTS dan 40% nilai UAS. 
Grade evaluasi yakni antara A hingga E dengan nilai tertinggi yakni A. Berikut ini yakni nilai pada grade masing-masing ;
A bernilai 4
B bernilai 3
C bernilai 2
D bernilai 1
E bernilai 0

Misalnya mahasiswa dalam satu semester berguru 5 matakuliah dengan perkiraan nilai A,A,B,C,B maka nilainya IPS (induk prestasi semester) yakni 4+4+3+2+3=16;5 (5matakuliah) = 3,2. Mahasiswa tersebut mendapat IPS 3,2 pada satu semester.


Sistem Absensi
Sistem ketidakhadiran dilakukan secara online, secara BSI kan cyber academic guys, kita masuk kuliah pukul 5 sore kita juga yang mangkir sendiri pada situs BSI dengan memasukkan username dan passwordnya. So, kita bisa menitipkan mangkir pada teman kita? ya bisa saja tapi biasanya dosen akan mengabsen ulang sebelum jam perkuliahan selesai, jadi yaa percuma jikalau kita menitipkan absen. Tapi, ada juga dosen yang tidak mengabsen ulang pada tamat perkuliahan dan ini menciptakan sistem mangkir secara daring ini terdapat kekurangan.
Bagaimana jikalau mahasiswa yang kuliah malam hari telat lantaran pulang kerja mengalami kemacetan? apakah mahasiswa boleh masuk? ini kembali kepada prinsip dosen itu sendiri, ada yang memperbolehkan masuk dengan syarat hanya 15 menit keterlambatan dari jam masuk, ada yang memperbolehkan masuk walaupun telat hingga satu jam atau bahkan 10menit menuju selesainya matakuliah, ada juga yang sama sekali tidak diperbolehkan masuk. Biasanya dosen memperbolehkan telat dengan alasan masuk akal lantaran mahasiswa menentukan kuliah sambil bekerja.

Sistem Belajar
Mahasiswa BSI diwajibkan mempunyai laptop masing-masing, ini tertera pada persyaratan sebelum melaksanakan registrasi kuliah. Mengapa wajib mempunyai laptop masing-masing? lantaran mahasiswa melaksanakan ujian UTS/UAS dengan sistem online sehingga sangat diwajibkan mempunyai laptop. Selain itu, mahasiswa berguru menciptakan jadwal pada laptop masing-masing.

Matakuliah KBK (kurikulum berbasis kompetensi)
Mahasiswa pada mata kuliah tertentu diwajibkan melaksanakan presentasi dengan dibagi dalam sebuah kelompok, yaa selain kiprah individu mahasiswa juga ditugasi dengan kiprah kelompok. Tugas kelompok biasanya harus menjalani riset terlebih dahulu, namanya juga mahasiwa niscaya sangat banyak kiprah riset kelapangan. Tugas kelompok ini diberi jangka waktu selama satu semester, biasanya sehabis UTS mahasiswa harus mempresentasikan kiprah kelompoknya.

KKP (Kuliah Kerja Praktik)
Pada awal semester 5 mahasiwa diwajibkan melaksanakan KKP/KKN pada perusahaan yang dipilih, mahasiswa menentukan sendiri perusahaan untuk melaksanakan risetnya, mahasiswa setidaknya minimal satu bulan menjalani KKP ini, dan sehabis KKP selesai mahasiswa harus menciptakan laporan mengenai sistem yang berjalan diperusahaan tersebut serta harus ada bukti bahwaa kita telah melaksanakan riset disana. KKP ini sebagai salah satu syarat untuk menjalani Tugas Akhir (TA), so jangan hingga kita tidak melaksanakan KKP ini guys.
Karena saya kuliah sambil bekerja sangat gampang bagi saya untuk menjalani KKP, saya hanya meminta izin kepada perusahaan dimana saya kerja untuk menganalisa sistem yang ada. Setelah itu saya diberi surat evaluasi dan surat bukti bahwa saya telah menjalani KKP dari atasan saya.




Memilih Sub Jurusan
Pada semester 5 saya diwajibkan menentukan sub jurusan akademi, ibarat Sekolah Menengan Atas dengan sub jurusan IPA dan IPS, kuliah di BSI juga mahasiswa diwajibkan menentukan jurusan yang diminatinya. Pada AMIK atau administrasi infmatika mahasiswa sanggup menentukan 3 sub jurusan yakni Program Bisnis, Web Programming dan Program Animasi. Saya lebih tertarik web programming, namun saya terpaksa masuk ke jurusan jadwal bisnis lantaran lebih dari 50% mahasiswa dikelas saya menentukan jadwal bisnis, jadi yang meilih jadwal web dan animasi terpaksa ikut jurusan bisnis.

Tugas Akhir
Pada semester 6 mahasiswa diberi bimbingan untuk menjalani kiprah akhir, yaa kiprah tamat yakni salah satu syarat untuk mendapat gelar diploma III. Namun pada semester 6 mahasiswa masih berguru mata perkuliahan, saya hanya berguru 2 matakuliah saja lantaran lebih difokuskan untuk menciptakan TA ini. Tugas Akhir mewajibkan mahasiswanya untuk riset kelapangan terlebih dahulu kesebuah perusahaan/CV/lembaga menilai bagaimana kekurangan sistem yang ada disana, kemudian menciptakan sistem yang lebih baik lagi untuk perusahaan/CV/Lembaga kedepannya. 
Sangat sulit untuk menyusun sebuah TA bagi saya, dimulai Acc judul saja banyak yang ditolak, belum lagi isi TA yang hingga beberapa kali direvisi, saya menjalani TA ini selama 4 bulan sebelum sidang.
Baca Juga : Pengalaman Wisuda di BSI

Kesan berkuliah di BSI Karawang
Sangat menyenangkan lantaran saya bisa mengenal teman gres disana, bagaimana cara berguru yang menyenangkan hingga mengenal sifat-sifat teman dalam mengerjakan kiprah kelompok. Awalnya sangat lelah lantaran saya kuliah sambil bekerja, bekerja dimulai pukul 7 pagi hingga 4.30 sore, dan pukul 5 sore saya harus menjadi mahasiswa hingga pukul 9 malam. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa,walaupun pada suatu waktu terjangkit Tifus lantaran aktivitas yang terlalu menguras tenaga, tapi ini sebanding dengan gelar DIII yang saya dapatkan selama berkuliah disini. Saya gembira lantaran saya bisa membayar kuliah dengan keringat sendiri tanpa membebani orang tua. Insya Allah saya akan melanjutkan ke S1 di bandung pada tahun 2017 dengan melanjutkan masa perkuliahan selama satu tahun saja. Amin

Saat Wisuda DIII
Saat presentasi di kelas

Saat terjun kelapangan berguru berwirausaha mata kuliah entrepreunership semester I

Saat riset mengenai kehidupan pengemis dan anak jalanan mata kuliah character building

Sumber http://www.hendrisetiawan.com