Random post

Wednesday, October 3, 2018

√ Hai (Calon) Mahasiswa Sains! #Tips1

Haiiii!… Kalian yang mungkin gres aja melewati salah satu babak paling menakutkan? mengerikan? mengagumkan? ataukah menarik?.. Untuk anak SMU mungkin kalian gres saja menuntaskan UAN. Semoga mendapat hasil yang menarik. 🙂 Harusnya sihh masa-masa menyerupai ini, kau sudah mantap dengan pilihan yang akan kau ambil, tetapi kalau memang ada dari kau yang masih bingung, silahkan baca perihal Prospek Kerja Lulusan Ilmu Kimia. Oke mari simak artikel ini:


Sekarang, buat kalian yang sudah mantap dengan jurusan sains pada umumnya, dan Kimia pada khususnya, saya mau sharing beberapa hal yang menurutku perlu dipelajari sebelum kalian menghadapi yang namanya skripsi. Ini mungkin goresan pena yang juga manis buat kau yang mahasiswa jelata (mahasiswa nonsains maksudnya 🙂


Hampir semua tips menjadi mahasiswa sains yang akan saya tuliskan ini bersama-sama tidak sepenuhnya saya lakukan (pada waktu tersebut). Malahan sejujurnya ini mungkin list “dosa-dosaku” sebagai mahasiswa yang mengaku cinta sains.


 


Sebelum Masuk Perkuliahan


Masa-masa sebelum memasuki perkuliahan, biasanya kalian akan punya waktu luang sekitar satu bulan dimana kalian nggak melaksanakan apa-apa alias menganggur. Dulu waktu menganggur satu bulan ini saya gunakan untuk tidur-tiduran di kosan kecilku di Malang. Sangat tidak produktif, dan kiriman dari orang renta saya pakai jalan-jalan dan jajan di Mall, maklum dari belantara borneo masuk ke wilayah Malang eksklusif silau sama yang namanya Mall. XD. Oke, itu hal yang salah kaprah… Jangan ditiru!


Jadi kalian punya waktu nganggur sekitar satu sampai dua bulan sebelum masuk kuliah, sebaiknya kalian gunakan untuk persiapan. Saranku yang pertama ialah gunakan untuk melatih skill Bahasa Inggris kalian.


Hello.. Buddy, we are living in 2016! Udah nggak jamannya lagi make kamus buat terjemahin caption film, quote bahasa inggris ataupun lagu-lagunya bule!


Bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang paling penting kalau kalian berada di jurusan sains. Sejarah mencatat bahwasannya perkembangan sains bukanlah kebudayaan kita. Sejak awal berdirinya di dunia Islam (Bahasa Arab) kemudian hijrah menuju Alexandria kemudian masuk ke wilayah eropa dan Amerika (Bahasa Inggris). Kaprikornus untuk berguru sains, kita harus mengacu kepada buku-buku berbahasa inggris yang merupakan hasil karya para saintis yang berbicara hukum-hukum sains dasar sampai tingkat tinggi.

Baca Juga: Bahasa Inggris Lebih Penting daripada Ilmu Kimia


Mungkin sebagian kalian akan berfikir, nggak perlu ahh.. Kan udah ada buku terjemahan, lagian kuliahnya juga nanti berbahasa indonesia, jangan repot-repot lah. Oke.. Perlu saya beritahukan bahwa kenyataanya, tidak banyak buku terjemahan yang bagus, dalam artian penerjemahan buku-buku sains sering kali menyebabkan isinya sulit dipahami bahkan tidak sesuai dengan buku aslinya.


Aku sangat sarankan buat mengasah bahasa inggris kalian sebelum masuk kuliah. Percaya dehh ini akan sangat membantu. Kuliah nanti kalau kalian bisa mengerti buku-buku berbahasa inggris maka kalian cukup d0wnl0ad buku-buku (PDF) online dan membacanya, nggak perlu lagi fotocopy atau beli buku berbahasa indonesia. Buku-buku berbahasa Inggris ini akan mempermudah kalian dalam mengerjakan laporan laboraturium yang seabrek (bagi mahasiswa sains).


Pada momen yang lain, dosen kalian akan tiba dengan membawa beberapa jurnal dan meminta kalian membacanya kemudian mempresentasikannya. Tanpa bahasa inggris yang memadai kalian akan sangat tersiksa, saya jamin itu.


Kalau kalian merasa bahasa inggris kalian sudah cukup manis (standard lah), bisa coba gunakan trik ini: Cara Belajar Bahasa Inggris Online. Untuk kalian benar-benar buta bahasa inggris sebaiknya ambil kursus bahasa inggris. Menurutku paling ideal kalian menuju ke Kampung Inggris, Pare. Kampung Inggris ini sudah terkenal mempunyai kursus bahasa inggris yang murah dan berkualitas. Selain belajar, kalian juga bisa liburan dan mendapat banyak sahabat disana. Kalian bisa eksklusif memesan lokasi kursus di visitkampunginggris.com, ini forum milik kenalanku, InsyaAllah aman, terpercaya.


Usahakan kalian bukan hanya bisa bahasa inggris, tetapi sampai jago berbahasa inggris. Kalau kalian bisa listening bahasa inggris dengan baik, maka kalian bisa mendapat banyak sekali bahan kuliah (sains) di Youtube. (Ini yang sering saya lakukan)



Ketika Mulai Kuliah


Baca Satu Buku Utama


Tips berikutnya untuk mahasiswa sains ialah usahakan kalian membaca (hingga selesai) satu buku utama untuk jurusanmu. Kalau kalian Jurusan Kimia, maka bacalah buku berjenis “Kimia Untuk Universitas” yang berisi bahan kimia umum dari aneka macam bidang. Contohnya saja buku Kimia “Chemistry Raymond Chang” ini merupakan buku dasar yang sangat terkenal untuk Mahasiswa Kimia.


Kenapa kalian harus menuntaskan satu buku tersebut? Karena dari satu buku yang berisi banyak bidang itu, kau akan mengerti secara umum bidang-bidang kimia dan bisa menentukan bidang mana yang paling menarik. Ilmu Sains sangat luas, bahkan hampir tak berbatas, oleh akhirnya kau harus menentukan bidang yang spesifik dan menarik menurutmu.


 


Buatlah Kelompok Belajar


Belajar sains sangat memakan waktu dan melelahkan. Kamu perlu energi ekstra untuk memahami dasar-dasar bahan sains. Oleh karenanya, berguru dengan teman-teman mungkin akan menjadi solusi yang ampuh untuk membunuh kebosanan. Tapi harus saya peringatkan kalau kalian harus berhati hati dalam menentukan teman.


Ajaklah sahabat yang bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam menekuni bidang sains. Seringkali kelompok berguru ini hanya menjadi daerah ngerumpi atau daerah maen game bareng aja. Sangat tidak produktif, oleh alasannya yaitu itu kau harus mengumpulkan teman-teman yang benar-benar bisa bekerja sama. Mungkin 3-5 orang cukup, tidak perlu terlalu banyak, alasannya yaitu akan mengurangi fokus.



Cobalah Mulai Menulis


Salah satu skill yang menurutku telah menghilang dari dunia kampus ialah menulis. Kita mempunyai terlalu banyak mahasiswa yang sama sekali tidak bisa menulis. Menulis bukan berarti kerja jasmani menulis atau mengetik, tetapi lebih kepada menuangkan pikirannya ke dalam satu goresan pena yang layak dibaca.


Pengalamanku sendiri, bahkan laporan praktikum-pun banyak sekali yang mencontek sama persis. Seolah-olah mereka tidak bisa membaca dan menuangkan pemahaman yang diperolehnya.


Kalian bisa mulai menuliskan inspirasi dan pikiran kalian di blog sepertiku. Kalian bisa mulai membaca sebuah bahan kemudian berusaha menuliskan ulang dengan pemahaman dan bahasamu sendiri. Menulis ini bisa juga menjadi media untuk mengukur seberapa dalam pehamanmu atas suatu bahan atau kasus.


Menulis yang saya maksudkan disini tidak terbatas hanya pada bahan kuliah saja, tetapi bisa juga keresahan kalian dengan sistem pendidikan, ataupun curhat biasa. Percayalah, kemampuan menulis ialah salah satu yang akan mendukung studimu.


Orang-orang luar biasa yang saya kenal, hampir semuanya menyisihkan waktunya untuk menulis. Dosen-dosen yang saya kagumi rata-rata menulis bahan kuliah mereka sendiri (bukan copas PPT dr google).


Baca juga: 7 Tips Latihan Menulis Untuk Mahasiswa



Liburan Kuliah


Habiskan Waktu Dengan Keluarga


Libur kuliah merupakan momen yang sangat menyenangkan bagi Mahasiswa. Jika memungkinkan, usahakan kalian menghabiskan libur kuliah dengan keluarga, minimal sehari atau dua hari bersama-sama melaksanakan sesuatu.  Percayalah, kalian nggak pernah terlalu renta untuk menghabiskan waktu bersama ibu dan bapak.


Aku sendiri, tidak banyak menghabiskan waktu bersama keluargaku, itu alasannya yaitu saya kuliah di luar kota, dan ketika liburan, saya lebih banyak tetap tinggal di Malang untuk menghemat biaya. Sekarang saya semakin jauh dari keluarga dan terasa sekali batapa sedikitnya waktu yang saya habiskan bersama ibu, bapak. 🙁


Semoga kalian tidak mengalami hal yang sama denganku.



Sisihkan Waktu Bersama Teman


Kalau memungkinkan, kalian cobalah kumpulkan teman-teman kuliah, atau bahkan sahabat Sekolah Menengan Atas dan ajakin mereka ngumpul dan main ke suatu daerah tertentu. Buatlah memori yang menarik dikala liburan ini. Refreshing di waktu liburan akan menciptakan kau lebih fokus dikala sudah masuk kuliah.


 


Sisihkan Waktu Membaca Buku


Salah satu kebiasaan yang perlu kau berdiri dikala liburan ialah membaca buku. Sebanyak yang saya perhatikan, orang-orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, sangat suka membaca. Membaca apapun, membaca buku pengetahuan, buku motivasi, buku pelajaran.


Membaca juga merupakan salah satu skill yang perlu diasah. Kemampuan membaca dengan cepat sama pentingnya dengan kemampuan bahasa inggris, keduanya akan membantumu dalam menekuni bidang sains yang kau pilih.


Okee. Ini citra secara umum aja yahh.. Nanti saya akan hadirkan yang lebih spesifik, menyerupai skill-skill yang perlu kalian asah sebagai mahasiswa sains (seperti matematika, statistika dll), tunggu di #Tips2. InsyaAllah akan saya tuliskan.  So keep following my blog.. 🙂



Sumber https://mystupidtheory.com