Random post

Thursday, October 4, 2018

√ Cara Berguru Listening Bahasa Inggris Belajar Sendiri #Part 2

Sory banget gres update lagi wacana belajar bahasa inggris autodidak. Jujur aja sih saya lupa kalau pernah menjanjikan untuk update cara berguru listening bahasa inggris otodidak. Seingatku sudah nulis semua trik berguru bahasa Inggris. Ternyata gres satu trik aja, untuk menambah vocabulary dan skill reading.


Ini khan blog kimia dan sains? kenapa bahas bahasa inggris? Kalau pertanyaan itu muncul di benak kalian, maka baca pengantarku sebelumnya wacana Bahasa Inggris Lebih Penting Daripada Ilmu Kimia.


Oke let’s get serious!


 


Cara Memahami Listening Bahasa Inggris Otodidak


Sory kalau mengecewakan, tetapi saya terpaksa, harus, kudu, musti menuliskan trik paten yang sudah diketahui semua orang. Bahwasanya cara berguru listening bahasa inggris ialah dengan berlatih!


Latihan mendengarkan bahasa inggris ialah hal mutlak yang harus dilakukan, kalau kalian ingin menguasai Bahasa Inggris. Kecuali smartphone dan komputer, tidak ada yang bisa menguasai listening bahasa inggris tanpa latihan.


Monyet, beruang dan macan sirkus juga menghabiskan waktu beberapa tahun untuk bisa mengerti perintah dalam bahasa inggris.


Dan sayangnya, walaupun otak insan jauh lebih cerdas daripada hewan, otak insan tidak seinstant komputer dan smartphone. Smartphone dan komputer bisa mengerti cara listening bahasa inggris ketika kita menginstall software tertentu.


Otak kita bekerja dengan cara berbeda, insan perlu berlatih untuk memahami sesuatu.


Hal yang paling menarik dari kemampuan berbahasa ialah kalian tidak memerlukan bakat.


Jadi kalau kemampuan berbahasa merupakan bakat, maka akan ada insan normal (tanpa cacat) yang tidak bisa berbahasa. Nyatanya kan tidak ada.


Kalau berbahasa ialah bakat, maka anak keturunan Indonesia yang lahir di luar negeri harusnya berbakat dalam bahasa indonesia walaupun tanpa diajarin.


Nyatanya tidak juga, bawah umur yang banyak mendengarkan dan berinteraksi dengan bahasa indonesia akan bisa berbahasa Indonesia, anak yang terbiasa mendengarkan bahasa Inggris akan bisa berbahasa inggris.


Karena kemampuan berbahasa ini tidak memerlukan bakat, maka satu-satunya cara untuk menguasainya ialah dengan banyak-banyak berlatih dan berinteraksi dengan bahasa tersebut (dalam hal ini bahahasa inggris).

Baca Juga: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula


 


Bagaimana Cara Belajar Listening Bahasa Inggris yang Efektif?


Sebenarnya tidak ada hal-hal khusus untuk berguru listening bahasa inggris, tapi kalau boleh sok tahu, inilah beberapa tips dari aku


1. Mendengarkan lagu bahasa inggris mungkin bagus, tetapi belum tentu yang paling efektif.


Banyak sekali situs di internet, teman-teman, bahkan pengajar bahasa inggris yang menyampaikan bahwa mendengarkan lagu merupakan cara berguru listening bahasa inggris yang sangat efektif.


Mungkin cara ini memang sukses untuk beberapa orang, tetapi bagi pemula sepertiku cara ini kurang efektif. Beberapa alasannya ialah:


Pertama, lagu bahasa inggris itu dinyanyikan dengan merdu dan diubahsuaikan dengan nadanya.


Sehingga sering kali kata-kata yang keluar dari penyanyi pengucapannya digantung, dipanjangkan, ataupun ditekankan sesuai nada, ini menciptakan kita sebagai pemula sulit sekali mengenali kata yang diucapkan.


Kedua, lagu bahasa inggris itu dalam liriknya mengandung banyak metafora dan idioms.


Karena lagu merupakan produk budaya, jadi lagu memakai idiom-idiom yang telah terkenal di negara berbahasa inggris.


Buat mereka itu ialah idiom yang umum, tetapi kita para pemula belum tentu mengerti maksudnya.


Lagu memuat aneka macam metafora (kalimat kiasan) untuk menguatkan ‘rasa’ pada musik tersebut, seringkali pemula tidak akan memahami ini.


Terakhir, lagu selalu diiringi dengan musik. Untuk orang yang sudah arif bahasa inggris mungkin ini bukan masalah. Tapi bagi pemula ibarat saya (dan mungkin beberapa teman-teman) musik pengiring lagu bisa jadi menciptakan kita tidka bisa mendengarkan kata apa yang terucap oleh penyanyinya.


2. Mulailah dari yang paling mudah.


Banyak sekali yang mungkin berfikir “kalau terbiasa mendengarkan bahasa inggris yang sulit, maka nanti akan ahli bahasa inggris model apapun”.


Menurutku ini pemikiran yang mengada-ada, point penting dari bahasa ialah untuk berkomunikasi dan saling memahami.


Memulai belajar listening bahasa inggris dari materi yang sangat cepat ataupun yang sulit hanya akan menghambat progress belajarmu.


Itu sama hal-nya ibarat anak kecil yagn tidak mengerti operasi dasar matematika dimasukkan dalam kelas Kalkulus 2 Universitas.


Bukannya paham, kau bakalan menyerah!


Jadi ingatlah bahwa cara berguru listening bahasa inggris yang paling gampang ialah dengan mengutamakan materi yang gampang terlebih dahulu.


Salah satu materi bahasa inggris yang paling gampang ialah dari film anak-anak.


Umumnya film bawah umur yang berbahasa inggris memakai bahasa inggris tingkat dasar, pengucapannya lambat dan sangat jelas, gampang sekali untuk dipahami.


Setelah kalian merasa bisa mendengarkan materi listening dari film anak-anak, kalian bisa mulai berlatih untuk mengucapkan (latihan pronounciation).


Ulangi latihan mendengarkan ini sebanyak mungkin, bahkan bila perlu hingga kalian hafal dengan semua ekspresi, kalimat, kata dan pronounciation-nya.


Setelah lancar, tingkatkan ke latihan yang agak lebih sulit.


3. Cobalah Untuk Menonton Talk Show Bahasa Inggris.


Salah satu cara berguru listening bahasa inggris yang paling efektif ialah melihat Talk Show Bahasa Inggris (atau video tutorial).


Apa bedanya dengan bahasa inggris di Film? Bedanya, pada talk show, yang menjadi fokus utama kamera ialah pada narasumber dan pewawancara.


Nah.. yang perlu kalian perhatikan ialah gerakan lisan pembicara ketika mengeluarkan kata-kata bahasa inggris.


Perhatikan baik-baik bagaimana pembicara mengeluarkan kata-kata berbahasa inggris.


Lihat gerakan lisan dan posisi lidahnya ketika berbicara.


Dengan cara ini kalian lebih gampang mengenali kata apa yang diucapkan oleh pewawancara ataupun narasumber.


Cara ini juga bisa meningkatkan kemampuan speaking-mu terutama untuk pronounciation.


4. Gunakan Smartphone-mu dengan Smart!


Jadi smartphone apa yang kau genggam ketika ini?


Jadi dulu waktu saya berguru di Kampung Inggris, Pare, pengajarnya suruh kita simpan aneka macam file listening, jumlah file-nya lebih dari 100 GB.


Karena itu, banyak sekali, hampir semua anak di kelas pada beli hard disk untuk menyimpan file itu.


Aku sendiri nggak punya hard disk, tapi ketika itu yang jadi pikiranku ialah “Apa kita sempat mendengarkan file sebanyak itu?”.


Point pentingnya ialah cara belajar listening bahasa inggris, bukan menyimpan pelajaran bahasa inggris.


Buatku permasalahanya bukanlah bagaimana menyimpan file tersebut, tetapi bagaimana caranya mendengarkan file tersebut sebagai materi latihan listening.


Jadi ketika itu saya putuskan untuk membeli memori HP dan headset. Ya memori HP 16 GB.


Dengan memasukkan materi listening sekitar 10GB di dalam HPku kemudian mendengarkannya setiap hari dengan headset, maka saya nggak akan pernah kehabisan materi.


Dengan cara listening bahasa inggris di HP kau sanggup berguru kapanpun dan dimanapun, bersepedah, memasak, bahkan mencuci bisa dilakukan sambil latihan listening.


Aku udah share materi listening yang pernah saya pelajari dari dasar hingga advance di artikel: belajar listening bahasa inggris Mp3


Dengan semakin banyak menghabiskan waktumu untuk listening Bahasa Inggris, maka telingamu akan semakin gampang mengenali setiap kata dan kalimat dalam bahasa inggris.


5. Nonton Film!


Banyak sekali yang mengusulkan nonton film sebagai cara berguru listening Bahasa Inggris yang paling ampuh.


Tapi kalian jangan percaya begitu saja, sebab memang ada orang yang telah menonton ratusan film bahasa inggris dan ia tidak bisa listening bahasa inggris.


Karena menonton film bahasa inggris dengan melihat subtitlenya tidak akan meningkatkan kemampuan listening-mu.


Aku punya satu teori ndeso wacana ini, otak kita itu terbiasa menentukan yang paling mudah. Ini sudah “setingan default” dari otak, udah secara alami dari sononya.


Contohnya aja aja kalau lihat kakak penjual sayur, kita beli Wortel (Rp. 2.500), Tomat (Rp. 3.200) dan Tempe (Rp. 1.100), kita bayar pakai uang Rp. 10.000. Kalau kakak sayur itu punya kalkulator, ia niscaya pakai kalkulatornya untuk menghitung, kalaupun ia lupa dimana kalkulatornya ia bakalan lebih milih untuk nyari kalkulatornya dibandingkan ngitung dengan otak.


Ini menandakan bahwa untuk hal yang sederhana itu aja, otak menentukan cari kalkulator daripada mikir. Memilih mengingat-ingat daripada menghitung.


Oke. Point-nya gini. Kalau kalian liat film dengan subtitle, maka yang akan terjadi ialah otak kalian memerintahkan mata untuk membaca secepat mungkin.


Otak tidak akan mau mengajak pendengaran untuk konsentrasi mendengarkan, sebab lebih gampang membaca text subtitle daripada mendengarkan bahasa inggris.


Aku sengaja menempatkan nonton film sebagai yang terakhir sebab memang menurutku ini ialah metode yang paling sempurna dilakukan sehabis kalian cukup terbiasa dengan listening Bahasa Inggris dasar.


Cara berguru listening bahasa inggris dengan memakai film ini merupakan teknik yang cukup sulit untuk dikuasai.


Bahasa inggris dalam film biasanya sangat tinggi levelnya, sebab biasanya memuat aneka macam idioms dan slang.


Tetapi yang menjadi pembeda dari lagu ialah, dalam film, kalian bisa melihat ekspresi dan aksara para tokohnya.


Dengan begitu, sering kali kalian akan gampang menebak dan memahami slang atau idiom yang dipakai hanya berdasarkan ekspresi dan tindakan yang dilakukan oleh sang tokoh.


Saranku untuk yang ingin berguru listening bahasa inggris memakai film, cobalah untuk menonton film tersebut tanpa subtitle, kemudian bila tidak mengerti ulangi dan ulangi lagi, sehabis 3 hingga 4 kali mengulangi barulah gunakan subtitle untuk melengkapi sekaligus mengkonfirmasi apakah pemahamanmu itu sudah sesuai dengan apa yang diucapkan di film.


Sedikit cerita, saya dulu coba menonton Sherlock Holmes yang versi British (karena sedang pengen sanggup aksen British), saya menonton hingga 10 kali untuk satu episodenya.


Sampai hasilnya saya bisa mendengarkannya dengan benar.


Dalam film ini, tokoh utamanya berbicara dengan sangat cepat, belum lagi aksennya yang sangat sulit untuk dipahami.


 


Cara Belajar Listening Bahasa Inggris yang Perlu Diperhatikan!



  1. Beberapa hal ini perlu juga diperhatikan dalam latihan listening.

  2. Usahakan untuk meningkatkan skill listening-mu dan menambah kosa kata bahasa inggrismu secara bersamaan (ada di part1-> Belajar Bahasa Inggris Otodidak<- dengan membaca komik atau goresan pena bahasa inggris).

  3. Belajar listening bahasa inggris perlu kerja keras dan niat yang kuat.

  4. Habiskan waktu lebih banyak dengan bahasa inggris. Aku dulu latihan listening sekitar 8 jam sehari selama dua bulan (karena dulu nganggur ini sangat mudah), kalian bisa mencoba sekitar 2 jam sehari. Jangan lupa gunakan smartphone kalian.

  5. Menikmati lagu boleh, tetapi jangan hingga lebih fokus pada musiknya daripada kalimat bahasa inggrisnya. Ingat kalian mau listening bahasa inggris, bukan latihan musik.


Ohh ya, Materi-materi listening bahasa Inggris yang saya bicarakan ini semuanya bisa kalian peroleh di Internet.


Salah satu sumber materi yang paling anggun untuk pemula ialah materi dari A. J Hoge pendiri Effortless english.


Jika kalian tertarik ingin memakai materi listening yang saya gunakan, silahkan baca di sini Materi Belajar Listening Bahasa Inggris Mp3


Yap. Itu dulu dari aku. Semoga saja bermanfaat. Oh ya, yang paling terakhir ialah, jangan lupa semuanya dipraktikkan. Ingat sekali lagi, bahasa inggris bukanlah bakat, siapa yang berlatih ia yang akan bisa. 


Silahkan Share & Comment. Thanks!

Happy learning guys!



Sumber https://mystupidtheory.com