Random post

Monday, October 22, 2018

√ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi

Percaya atau tidak, ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho. Coba ceritakan bagaimana mereka sanggup tahu massa bumi? Menarik kan? Ketika saya baca di wikipedia bahwa ilmuwan telah mengetahui massa bumi, saya pribadi kepikiran “Timbangan merek apa yang digunakan para ilmuwan?” Ok.. Aku akan share perihal timbangan merek apa yang digunakan para saintis untuk mengukur massa bumi, ehh.. sory, maksudnya bagaimana cara para ilmuwan mengukur massa bumi?


Gaya Gravitasi Newton


Memulai dongeng ini, kalian tahu siapa pencetus gaya gravitasi kan? Yap.. Sir Isac Newton. Ada yang masih ingat rumus yang menjelaskan perihal gaya gravitasi?


 ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho √ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi
Hukum Universal Gravitasi Newton

Ini yakni salah satu persamaan yang paling penting di dunia. Ini merupakan persamaan yang sangat vital dalam revolusi industri sebab prinsip aturan Newton untuk gravitasi ini sangat banyak digunakan dalam prinsip mesin industri.


Selain itu, ternyata persamaan ini juga sangat bermanfaat bagi para saintis, persamaan inilah yang digunakan untuk memilih massa bumi. Bagaimana caranya? Oke sip.. Inilah ceritanya.


Persamaan ini sanggup digunakan dengan memasukkan nilai massa benda pertama ialah Bumi dan massa benda kedua ialah sembarang objek.


Nilai konstanta gravitasi yang akan digunakan ialah berdasar pada eksperiment Cavendish (nanti coba saya bahas dengan keren). Berikut ini citra pengukuran konstanta gravitasi (G) oleh Cavendish:


 












 ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho √ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi
Rancangan Percobaan Cavendish
Sumber: Wikipedia.org

Nilai G yang diperoleh ialah 6.67384×10−11 m3 kg−1 s−2. Hasil dari experiment Cavendish ini telah diakui kebenarannya dan digunakan secara universal. Maka ini akan digunakan dalam memilih massa bumi.


Mengukur Berat Bumi


Selain itu, kita juga perlu informasi nilai percepatan gravitasi bumi, yang telah ditentukan oleh Galileo menurut serangkaian percobaan. Nilai gravitasi bumi ini ialah g= 9.81 m/s2. Dengan mengetahui hal ini, kita sanggup memakai persamaan gaya menurut percepatan, berikut ini penurunan rumusnya:


 ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho √ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi


Kemudian disubstitusikan dengan persamaan  pertama untuk dua massa benda. Maka F kita ganti dengan (m x a) dan  massa benda pertama  kita ganti  dengan massa bumi M.


 ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho √ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi


Kemudian dengan memasukkan konstanta-konstanta yang telah diperoleh berikut inilah hasilnya:


 ilmuwan telah mengetahui massa bumi lho √ Bagaimana Mengukur Berat Bumi / Massa Bumi


Yap.. Sederhana bukan? Massa bumi ialah 5.97219 × 1024Kg atau dibulatkan menjadi 6 × 1024Kg . Makara untuk mengukur massa bumi, kalian tidak perlu memakai timbangan super besar, atau timbangan raksasa.


Kalian hanya memerlukan persamaan aturan gravitasi Newton, konstanta-konstanta hasil penelitian dari para ilmuwan, dan matematika sederhana.


Berikutnya nanti saya akan sharing penggaris apa yang digunakan ilmuwan untuk menghitung diameter bumi (2r).


Sory banget usang nggak update blog, saya kayak kesulitan memilih waktu blogging disini.. Seringnya habis dari kampus, masak, beres-beres kadang pribadi ketiduran, paginya udah ngampus lagi.. Awrghh.. alasan!


Yaudah lahh hingga jumpa lagi.. Thanks udah baca.. 🙂



Sumber https://mystupidtheory.com