Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013/K13 Wajib/Umum
Disajikannya goresan pena yang berjudul Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia K13 Tahun 2019 ini bertujuan untuk membantu akseptor didik khusus kelas sepuluh/X yang sebentar lagi akan berjuang menempuh ulangan/penilaian selesai semester 2 atau yang biasa disebut dengan istilah UKK.
Tentu harapan terbesarnya ialah supaya ia bisa memperdalam serta memantapkan persiapan para siswa dalam memetakan bahan berguru ulangan selesai semester II tersebut.
Dengan sajian contoh soal PAS/UAS/UKK semester 2 kurikulum 2013 yang secara positif diujikan pada penilaian selesai semester 2 tahun 2017 lalu, akseptor didik semestinya mengetahui dan bisa mengantisipasi kemungkinan soal ataupun bahan yang kiranya keluar kala UKK sebenarnya berlangsung.
Memang tidak ada jaminan bahwa ia akan keluar pada ketika ulangan berlangsung kelak, akan tetapi minimal para siswa kelas 10 boleh merasa sedikit lega sebab berdasarkan pengalaman, tipe soal yang diujikan biasanya tidak terlampau jauh dengan soal ulangan yang diujikan pada tahun-tahun sebelumnya. Artinya, Soal Siap UKK/PAS/UAS semester 2 Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Bahasa Indonesia Kurikulum 13 Wajib/Umum Tahun 2019 ini mempunyai tingkat prediktibilitas yang baik dan telah memenuhi unsur novelty/kebaruan sebab ia ialah soal yang telah diujikan sempurna pada tahun lalu.
Berikut ialah tautan Download Contoh Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013/K13 Wajib/Umum Tahun 2019:
Baca Juga
- Soal Siap UKK Kelas X/ 10 Sekolah Menengan Atas Bahasa Inggris K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA Biologi MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas X/ 10 SMA/MA-SMK/MAK PPKn K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Sejarah Indonesia K13 Wajib Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PJOK K13 Wajib/Umum Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK PAI Budi Pekerti K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Mapel Seni Budaya K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Bahasa dan Sastra Inggris K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Fisika K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Kimia K13-MIPA Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA Mapel Ekonomi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Geografi K13-Peminatan Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Sejarah-Peminatan K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10/X SMA/MA Mapel Matematika-MIPA K13 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK Bahasa Jawa-Wajib-K13 Tahun 2019 Tahun 2019
- Soal Siap UKK/PAS/UAS 2 Kelas 10 SMA/MA-SMK/MAK Matematika-Wajib K13 Tahun 2019 Tahun 2019
Berikut ialah kutipan dari Soal Siap UKK/PAS/UAS Semester 2/II Kelas 10/X SMA/MA-SMK/MAK Mapel Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Wajib/Umum tersebut:
I. Pilihlah tanggapan yang paling benar denqan memberi tanda silang (X) pada abjad a, b, c, d atau e pada lembar tanggapan yang tersedia!
Paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2
Menteri Sosial, Khofifah lndar Parawansa, menyampaikan Program Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan menjangkau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Anak putus sekolah akan mendapat dukungan KIP dengan harapan mereka sanggup melanjutkan pendidikan. KIP juga dirancang untuk menjangkau anak jalanan atau anak terlantar. Pemerintah berharap dana tersebut bisa dipakai untuk pelatihan, terutama bagi anak jalanan dan anak terlantar yang tidak ada motivasi ke sekolah.
1. Ide pokok paragraf tersebut ialah ...
A. KIS dan KIP ditujukan bagi masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial.
B. Program KIS dan KIP diutamakan untuk anak putus sekolah dan terlantar.
C. KIP bertujuan meningkatkan pendidikan bawah umur Indonesia di pedalaman.
D. Anak jalanan dan anak terlantar akan mendapat perlatihan dari dinas sosial,
E. Motivasi anak jalanan dan terlantar untk sekolah masih rendah.
2. Apa harapan Pemerintah terhadap anak jalanan dari KIP?
A. Anak jalanan mendapat training dari dinas sosial.
B. Anak jalanan mempunyai motivasi untuk sekolah.
C. Anak jalanan sanggup melanjutkan pendidikan
D. Anak jalanan berakal mengelola uang sekolah
E. Anak jalanan semakin rajin pergi ke sekolah
Teks berikut untuk soal nomor 3 s.d, 5.
1) lnstalansi listrik merupakan penggalan penting pada bangunan rumah.
2) Sayangnnya, keberadaan jaringan ini sering diabaikan warga Jakarta.
3) Kondisi material instalasi listrik yang dipasang bertahun-tahun sanggup rusak.
4) Apabila kondisi tersebut dibiarkan, sanggup berakibat fatal, terutama ketika banjir melanda Jakarta.
5) Jika tersentuh aliran listrik, genangan air banjir sanggup membahayakan manusia.
6) Hasil penelitian di Jakarta sangat memprihatinkan sekitar 30% instalansi listrik di rumah warga rusak.
3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
10. Perhatikan teks berikut!
Prita :"Untuk memperingati HUT sekolah kita, lebih baik kita menampilkan tari Lengger."
Joni :"Lebih baik kita menampilkan grup musik saja, supaya lebih modern."
Prita :"Tari Lenqqer juga bisa dibentuk lebih modern."
Joni :"Penonton akan lebih menyukai musik daripada tarian."
Prita :"Tapi kita punya beberapa penari Lengger di kelas. lni niscaya menarik."
Joni :"Kita juga punya beberapa pemain grup musik jago di kelas."
Berdasarkan perundingan tersebut, apa kendala yang terjadi?
A. Komunikasi hanya satu arah.
B. Perbedaan pandangan.
C. Adanya kesalahpahaman.
D. Umpan balik tidak tepat.
E. Topik tidak fokus.
Teks biografi berikut untuk soal nomor
21 s.d. 23
Tahun 1960-an Pramudya Ananta Toer ditahan oleh pemerintahan Soeharto karena_ pandangan pro-Komunis Tiongkok: la ditahan
di Pulau Nusakambangan dan Pulau Buru tanpa proses peradilan. Selama masa penahanan di Pulau Buru, ia dihentikan menulis buku. Narnun, la bisa menulis kembali sesudah rnernperoleh pena dan kertas. Apalagi, ada tahanan lain menggantikan pekerjaannya. Saat berada di penjara (1965-1979), ia menulis rangkaian novel sejarah yang semakin mengukuhkan reputasinya. Dua di antaranya, Bumi dan Manusia (1980) dan Anak Semua Bangsa (1980), mendapat perhatian dan kritikan sesudah diterbitkan. Kemudian, Pemerintah pun membredel kedua novel tersebut. Dua volume lainnya dari tetralogi ini, menyerupai Jejak Langkah dan Rumah Kaea terpaksa dipublikasikan ke luar negeri.
Karya ini menggambarkan secara komprehensif masyarakat Jawa ketika Belanda masih memerintah pada awal masa ke-20. Sebagai perbandingan dengan karya awalnya, karya terakhrr ini ditulis dengan gaya bahasa naratif sederhana. Sementara itu, enam buku lainnya disita oleh pemerintah dan hilang untuk selamanya.
21. Keistimewaan dari tokoh Pramudya Ananta Toer ialah ...
A. Saat dipenjara, ia tetap menulis dan bisa menghasilkan beberapa karya sastra berbobot.
B. Gaya bahasa yang dipakai pada karya-karya terakhirnya ialah naratif sederhana.
C. Karya yang ditulisnya menggambarkan masyarakat Jawa ketika Belanda memerintah pada awal masa ke-20.
D. Buku-bukunya disita oleh pemerintah Belanda dan hilang untuk selamanya.
E. Dua karyanya mendapat perhatlan dan kritikan sesudah diterbitkan.
22. Masalah yang dihadapi tokoh dalam paragraf tersebut ialah ...
A. Pramudya Ananta Toer hanya bercerita wacana masyarakat Jawa pada zaman Belanda.
B. Dua karya Pramudya Ananta Toer yang dipublikasikan di luar negeri hilang.
C. Empat rangkaian novel sejarah karya Pramudya Ananta Toer mendapat kritikan.
D. Pramudya Ananta Toer kehilangan dua buahnovel dan enam buku lainnya.
E. PramudyaAnanta Toerdilarang menuangkan pikirannya dalam tulisan.
34. Sehubungan dengan iklan Anda pada harian Kejora edisi 250 pada 10 Juni 2017, kami tertarik untuk membeli banyak sekali jenis barang elektronik yang Anda tawarkan.
Bagian tersebut terdapat dalam ...
A. Surat permohonan
B. Surat keterangan
C. Surat undangan
D. Surat penawaran.
E. Surat jual beli
35. Kalimat berikut yang termasuk ke dalam ragam tulis ialah ...
A. Baiklah kalau begitu aku punya tiga permintaan.
B. SisWa kelas dua sedang baca buku di perpustakaan.
C. Warga sedang siapkan syukuran lurah baru.
D. Siswa kelas satu berkunjung ke sebuah museum.
E. Saya iogin beritau kalau aku diterima kerja.
II. ESSAI
Bacalah penggalan biografi "George Saa, Si Jenius dari Papua"!
la dikenal sebaqai Sang Jenius dari Papua. la lahir. di Manokwari pada 22 September 1986. Dia ialah seorang pemenang lomba First Step to (Jobe/ Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul Infinite Triangle and Hexago,nal Lattice Networks of ldentica/ Resisto. Rumus Penghitung Hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu "George Saa Formula".
Bagi Oge, begitu nama sapaannya, prestasi tidak selalu berarti sebab uang. Pemuda yang dikenal sebagai playmaker di lapangan basket ini ialah orang yang haus untuk belajar. Prestasinya di bidang fisika bukan semata-mata sebab ia menggilai ilmu yang berdasarkan sebagian anak muda rumit ini.
"Saya tertarik fisika semenjak SMP. Tidak ada alasan khusus kenapa aku suka fisika sebab intinya aku suka berguru saja. Lupakan saja kata fisika, aku suka berguru semuanya," katanya. "semua mata pelajaran di sekolah aku suka. Saya suka kimia, sejarah, geografi, matematika, apalagi bahasa Indonesia. Saya selalu cantik nilai bahasa Indonesia," tambahnya.
Saat mengambil beasiswa di Florida Institute of Technology, beliau mengambil jurusan aerospace engineering Dan mempelajari ilmu super sulit di jagat aerospace, yakni rockets science. Alasan khusus dirinya suka pesawat terbang. Selain memang mengagumi B.J. Habibie, lelaki bertubuh gempal ini semula ingin menjadi pilot. Namun, sebab kedua matanya minus 3,25, beliau harus mengalihkan impiannya.
"Kalau nggak bisa menerbangkan pesawat, aku harus bisa menciptakan pesawat. Setidaknya, memahami teknologi pesawat terbang," tegasnya.
52. Analisislah pola penyajian biografi di atas dilihat dari aspek alur cerita, sudut pandang, gaya penulisan, dan fokus penceritaan.
53. Temukan minimal 5 kepribadian unggul yang sanggup diteladani beserta buktinya!
54. Tentukan 2 kata kerja tindakan, kata deskriptif, kata kerja pasif, kata kerja mental dan konjungsi atau nomina yang berkenaan dengan urutan waktu. Kemudian buatlah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia!
55. Susunlah puisi berdasarkan biografi di atas! ( minimal dua bait)
Dipersilahkan untuk mendonwload file tersebut pada tautan yang telah kami sediakan biar mendapat file yang lengkap dan utuh.
Kami cukupkan hingga di sini goresan pena kami yang berjudul: