Random post

Wednesday, September 12, 2018

√ Reuni Di Aula Husni Hamid Pemda Karawang (Buka Bersama) | Review

Reuni ialah kegiatan silaturahmi antar sesama teman-teman dimasa kemudian baik itu sahabat semasa SD, SMP, SMA, Kuliah maupun sahabat kerja. Pada momen yang paling dinantikan ini banyak yang harus dipersiapkan oleh para panitia penyelenggara kegiatan Reuni. Dalam masalah reuni Sekolah Menengan Atas contohnya hanya satu kelas saja mungkin tidak begitu sulit dalam memilih tanggal program serta rincian biaya, namun jikalau Reuni Akbar butuh tenaga serta pikiran untuk menyusun program tersebut biar terealisasi dengan lancar.
SMAN 1 KLARI (Karawang) angkatan 2012 mengadakan program Reuni sekaligus buka bersama (karena bertepatan bulan suci ramadhan) yang bertempat di Aula Husni Hamid, Pemerintah Daerah Karawang. Berikut ini ialah reviewnya (baik itu persiapan, tempat dan susunan acara).

PERSIAPAN DALAM MENENTUKAN PANITIA PELAKSANA
Walaupun saya idak bergabung dalam kepanitian, namun saya sedikit tahu apa saja persiapan para panitia dalam menciptakan program reuni Sekolah Menengan Atas ini. Panitia diambil dari setiap perwakilan hanya 2 orang saja, jikalau dalam satu angkata terdapat 10 kelas maka panitia seharusnya ada 20 orang.
Mengapa harus 2 orang setiap kelas, alasannya ialah saya yakin masng-masing perwakilan ini masih aktif berafiliasi dengan sahabat sekelasnya dulu jadi mereka sanggup menghubunginya. Dalam panitia harus ada ketua panitia yang ditunjuk dari masing-masing perwakilan, hal ini dimaksudkan biar praktis dalam mengkoordinir panitia lainnya.

MENENTUKAN BIAYA
Dalam memilih biaya dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari H, contohnya Reuni 10 kelas diadakan dengan jumlah 400 orang, namun sehabis di hubungi ternyata hanya ada sekitar 200 orang yang bersedia ikut. Panitia seharusnya menganggarkan biaya 125% dari total yang ikut, contohnya yang bersedia hadir 200 orang maka panitia seharusnya menghitung biaya perorang dari 150 orang, tujuannya biar biaya tidak kurang(nombok) tapi justru lebih.
Contoh biaya perorang ialah Rp.100rb maka dikalikan 150 orang = Rp15.000.000, padahal yang ikut ialah 200 orang (Rp.20.000.000). Sisa dimaksudkan untuk dijadikan biaya tak terduga saat masa persiapan acara.

MENENTUKAN TEMPAT
Pertama yang harus dilakukan jikalau anggaran biaya sudah didapat ialah tempat, bukan makanan. Pilihlah tempat yang sesuai dengan anggaran serta jumlah orang. Biaya tempat setidaknya memakan biaya tidak lebih dari 25% dari total biaya yang ada, contohnya anggaran Rp.15.000.000 maka sisihkan untuk sewa tempat sekitar kurang dari Rp3.750.000

MENENTUKAN MENU MAKANAN
Menentukan hidangan masakan susah susah gampang, tapi akan praktis jikalau semua yang ikut sudah membayar dan jikalau membatalkan keikut sertaan maka dianggap hangus, cara ini akan mempermudah penghitungan biaya-biaya. Karena program ini ialah Reuni maka tak legkap rasanya jikalau Guru-guru tidak hadir, maka sebaiknya hitung pula biaya makan beserta guru-guru yang sekiranya akan hadir dalam program tersebut.

Merchandise/Souvenir/Door Prize
Sebenarnya ini ialah opsional, jikalau serasa ada kelebihan biaya maka sanggup diadakan biaya untuk pembelian souvenir. Tapi ingat ini ialah opsional dan sifatnya tidak memaksa, utamakan biaya sewa tempat, makanan, dekorasi panggung, akomodasi.

REVIEW TEMPAT AULA HUSNI HAMID - PEMDA KARAWANG
Reuni SMAN 1 KLARI ANGKATAN 2012 dihadiri sekitar 170 orang yang bertempat diaula husni hamid. Untuk 170 orang tempat ini cukup luas dan cocok untuk program reuni SMA. Aula Husni Hamid berada didalam daerah Pemerintah Daerah Karawang, jadi anda masuk saja ke gerbang kantor pemerintah kabupaten Karawang. Berikut ini fasilitas yang ada ;
  • Parkir kendaraan beroda empat dan motor luas
  • Bangku dan meja
  • panggung
  • Alat musik dan sound system


Ada beberapa kekurangan berdasarkan saya didalam Aula ;
  • Pencahayaan diarea panggung kurang, sehingga para penonton kurang begitu memperhatikan apa yang ada di panggung
  • Banyak dingklik yang ditumpuk dipinggir-pinggir dinding aula, alasannya ialah kini generasi 'HITS' maka berfoto pun kurang maksimal
  • Meja yang disediakan ibarat meja guru disekolah, tapi ini tidak begitu menjadi masalah
  • Suasana sekitar Aula agak awut-awutan dengan kursi-kursi dan meja tidak terpakai.

Ada harga ada kualitas, maka sanggup disimpulkan biaya sewa gedung di Aula Husni Hamid cukup terjangkau untuk program kecil sampai menengah. Biaya yang harus dikeluarka untuk sewa tempat beserta sound system ialah kisaran 2,5jutaan.

Berikut ini ialah dokumentasinya :
Tampak depan gedung


Tampak dalam gedung
Ruangan tampak luas




Sumber http://www.hendrisetiawan.com