Random post

Thursday, September 27, 2018

√ Pengalaman Bekerja Disebuah Pabrik (Suka & Duka)

Bekerja yaitu hal yang harus dilakukan setaip insan jikalau telah menjadi insan dewasa, dengan cara bekerjalah insan sanggup memenuhi kebutuhan materiil sehari-hari. Beraneka ragam pekerjaan menciptakan seseorang harus menentukan pekerjaan yang tepat untuknya, contohnya sesuai dengan kemampuan fisik maupun pikirannya.

Pertama kali Lulus dari Sekolah
Saya yaitu seorang lulusan Sekolah Menengan Atas dengan jurusan IPA, semenjak gres saja mendapat ijazah yang sempat galau harus melanjutkan misi hidup kearah mana, apakah melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan atau Nguli (bekerja). Orang bau tanah sempat tidak mengizinkan untuk melanjutkan pendidikan apalagi bekerja, mereka menuntut biar saya membantu usaha kedua orang bau tanah di toko miliknya biar suatu kelak saya sanggup membuka usaha toko menyerupai mereka, namun saya sempat menolak dengan alasan ingin mencari pengalaman, yaa mumpung masih muda harus banyak makan garam.
Akhirnya saya memaksa untuk melanjutkan pendidikan, mendaftar disalah satu kampus swasta dikarawang (BSI). Orang bau tanah hasilnya mengizinkan dengan membiayai biaya-biaya prakuliah. Berfikir bahwa saya sudah beranjak dari masa remaja ke dewasa, saya sadar harus mencari penghasilan biar tidak membebani kedua orang tua, dan diputuskan akan bekerja disebuah pabrik.


Mencari Pekerjaan Melalui Berbagai Lowongan
Karawang yaitu kota kelahiran, maka disinilah saya mulai mencari penghasilan. Karawang merupakan salah satu kota perindustrian terbesar yang ada diindonesia selain Kota Bekasi, Cikarang dan Jakarta. Banyak pula yang merantau dari perkampungan untuk bekerja di kota tercinta ini, bagaimana tidak? karawang mempunyai UMK (Upah Minimum Kerja) buruh tertinggi seindonesia. Saya harus bisa mendapat pekerjaan disini, peluang untuk mendapat pekerjaan tentunya sangat tinggi, bayangkan saja dikarawang terdapat lebih dari 7 daerah industri dan setiap daerah mempunyai setidaknya 50 pabrik yang berbeda-beda.
Bermodalkan amplop lamaran bersama teman seperjuangan mencari lowongan kesana kemari, menjalani seragkaian tes kerja juga interview yang belum terbiasa bagi saya. Dari lulus tes dan interview kerja lebih banyak gagal dibandingkan berhasinya. kegagalan yaitu keberhasilan yang tertunda! Saya sempat putus asa dengan kata mutiara ini, alasannya 6 bulan saya belum mendapat pekerjaan juga. Tapi bukan berarti saya pengangguran yaa, kan masih ada aktifitas perkuliahan.

Lolos Seleksi Kerja
Semester pertama masa perkuliahan selesai, seluruh aktifitas mahasiswa berhenti total selama 2 bulan kedepan. Saya berfikir bagaimana bisa mendapat uang untuk membayar semester depan, kini saja belum mendapat pekerjaan. Ada teman yang memberi gosip lowongan kerja di PT YAMAHA (pabrikan motor), dengan sigap dan tidak berlama-lama menciptakan lamaran pada hari yang sama. Alhamdulilah pada tes tulis, interview sampai tes midical checkup lolos dengan mudahnya.
Pengalaman Pertama kali Bekerja Sebagai Buruh
Setelah menceritakan bagaimana tes tulis, interview sampai medical checkup saya akan sedikit menceritakan pengalaman untuk pertama kalinya bekerja disebuah pabrik. PT YAMAHA yaitu salah satu pabrikan yang memproduksi motor, namun kali ini saya bekerja pada pabrikan pembuatan spare partsnya saja. 
Hari pertama kerja menyerupai biasa pekerja pembinaan hanya beraktifitas menyerupai pembantu rumah tangga, menyapu, mengepel sampai membersihkan toilet sudah menjadi kewajiban kami, belum lagi sedikit bully dari senior, yaa saya anggap sebagai motivasi saja

Ditempatkan dibagian produksi pembuatan Wheel (velg) menciptakan pengalaman baru, saya bekerja sebagai operator produksi. Operator produksi yaitu pekerja yang menciptakan barang mentah sampai barang jadi, mereka biasanya dipekerjakan dibagian pengoprasian mesin atau  quality control. Awalnya bekerja itu menyerupai yang ada disinetron-sinetron indonesia, pergi bawa koper dan laptop, bekerja dihadapan komputer duduk anggun santai dan pulang hanya pegal-pegal pant*t saja, namun ini berbanding terbalik alasannya saya sebagai operator bekerja dilapangan dengan berdiri selama 8 jam jikalau normal shift dan 12 jam jikalau ada lemburan pada hari itu. Awalnya sempat mengalah alasannya capeknya luar biasa, bekerja berdiri serta mengangkat velg-velg motor mulai dari berat 7kg sampai puluhan kilogram, belum area pekerjaan yang panas menciptakan badan tidak nyaman, yaa masuk akal saja saya ditempatkan satu gedung yang mengolah alumunium mentah yang dibakar dengan suhu lebih dari 900 derajat celcius sampai menjadi potongan velg/wheel. Tapi pekerja operator produksi lebih sehat dibandingkan dengan pekerja yang hanya duduk didepan komputer, alasannya pekerja operator produksi lebih banyak aktifitas gerakan.

Harus Pintar mengatur Jadwal
Buruh yaitu salah satu pekerja yang terikat dengan waktu, masuk pada jam yang tentukan begitu pula dengan kepulangan. Terlambat sedikit saja menjadi duduk kasus nantinya, terlambat berangkat alasannya macet dengan naik bus jemputan karyawan yang sudah disediakan mungkin sanggup dimaklumi, tapi jikalau terlambat alasannya kesalahan eksklusif contohnya telat berdiri sampai macet alasannya memakai kendaraan eksklusif pastinya mendapat kecaman dari atasan, dari pengalaman yang saya sanggup bekerja selama 4 tahun di dua pabrik yang berbeda, perusahaan  tidak segan mengeluarkan kebijakan jikalau karyawan terlambat sampai 3 kali berturut-turut maka dikenakan hukuman SP1 (surat peringatan 1). Apa itu SP? SP atau kependekan dari surat peringatan yaitu teguran atas kelalaian seorang karyawan akhir ulahnya sendiri atau melanggar peraturan yang ada, SP juga ada beberapa tahap jikalau mendapat teguran atas kesalahan maka karyawan mendapat SP mulut saja yakni teguran berupa perkataan dari atasan. Jika mengulang kembali kesalahan akan mendapat SP1, SP1 akan diterima melalui surat resmi perusahaan dengan ditandatangani presiden directur. Jika terus mengalami kelalaian akan mendapat SP2 sampai SP3, jikalau sudah SP3 itu artinya seorang karyawan harus resign dari perusahaan secara tidak hormat. Menurut saya ini kejam, bagaimana dengan anak istrinya drumah jikalau tulang punggungnya dipecat, yaa namanya juga jadi bawahan, harus ekstra hati-hati dengan peraturan perusahaan.

Hati-hati dengan Manusia bermuka dua dan cakcak bodas
Kehidupan dipabrik saya lakukan sampai menguras waktu sepertiga dari 24jam, yaa saya berada dilingkungan kerja cukup usang dibandingkan dirumah, ini menciptakan lingkungan pabrik menjadi menyerupai sebuah rukun tetangga. Teman dipabrik biasanya akan lebih dekat dibandingkan teman dirumah alasannya  menghabiskan waktu 12jam disana.
Awalnya mungkin sifat seseorang tidak terlalu menonjol, namun sehabis waktu 3-6 bulan barulah kita tahu sifat orisinil yang keluar dari partner kerja dipabrik. Manusia bermuka dua yaitu pekerja yang mencari perhatian atasan dengan alasan banyak sekali alasan, contohnya ingin cepat diangkat menjadi pekerja tetap, ingin dekat dengan atasan supaya jikalau ada duduk kasus lebih ringan dan sebagainya apa yang ada dipikiran bermuka dua ini. Biasanya mereka bekerja dengan sunguh-sungguh jikalau terlihat atasan saja, tapi diluar itu mereka biasa saja atau barangkali bekerja dengan ekstra malas. Kedua ada Cakcak Bodas (bahasa sunda) yang dalam bahasa indonesia artinya cicak putih, apa sih cakcak bodas? yaitu seseorang yang mengadu keburukan anda kepada atasan, biasanya cakcak bodas ini salah satu orang bermuka dua. Mereka melaporkan keburukan ketika kita bekerja dihadapan atasan seakan-akan kita pekerja yang malas, jelek atau tidak taat aturan, mungkin maksud mereka biar mereka (cakcak bodas) yaitu makhluk yang paling tepat dihadapan atasan. Tapi tidak semua pekerja masuk kedalam dua kategori yang saya sebutkan, ada juga pekerja yang benar-benar rajin dan taat akan aturan.
Kaprikornus saran saya jadilah diri anda sendiri, bekerjalah dengan baik namun santai, artinya anda sesekali boleh bercanda ketika bekera biar tidak jenuh namun tidak berlebihan. Jangan paksakan menjadi eksklusif yang tepat atau anda akan terjermus ke dalam insan bermuka dua atau cakcak bodas, jikalau anda memang nakal jadilah nakal sejati, alasannya teman anda lebih suka mempunyai teman nakal daripada insan bermuka dua yang suatu ketika sanggup menjerumuskan.

Sumber http://www.hendrisetiawan.com