Random post

Wednesday, September 19, 2018

√ Jjm Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!

Beberapa Pemyebab JJM di Info GTK tidak Linear dan Solusi nya √ JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!
Beberapa Pemyebab JJM di Info GTK tidak Linear dan Solusi nya
Gurumaju.com –  Pada Tahun 2017 ini rasanya Admin menerima aneka macam pengaduan dari rekan-rekan OPS Khususnya Operator SD (SD) dimana aneka macam rekan-rekan Operator yang mengalami hambatan alasannya yaitu kebanyakan persoalan dengan JJM Linear.

Untuk Mengatasi Masalah JJm Linear, terlebih dahulu kita mencari tau apa persoalan yang dialami sehingga JJM Linear salah.  meskipun JJM pada Aplikasi Dapodik sudah benar 24, namun belum tentu benar pada JJM Linear pada Laman Info GTK. Untuk itu silahkan untuk melihatnya pada Laman Info GTK kemudian perhatikan kepingan rincin Rombel. Pada rincian Rombel tersebut, akan ada keterangan dimana letak invalidnya. Sehingga dari keterangan invalid tersebut sanggup dipakai sebagai pola untuk memperbaiki datanya di aplikasi dapodik.

Berikut ini ialah Beberapa Penyebab JJM pada Laman Info GTK belum linier :

1. Jumlah JJM Wajib dan Wajib Tambahan dalam 1 rombel melebihi batas maksimal.
Solusi : Pastikan pengisian JJM di masing-masing rombel tidak melebihi batas maksimal. 

2. Dalam Pembagian Rombel Kurang dari 20 Siswa
Jika dalam 1 kelas terdapat 39 siswa, maka jangan Anda bagi menjadi 2 rombel, misal: 1A = 20 Siswa dan 1B = 19 Siswa, dengan insiden tersebut maka sanggup dipastikan untuk guru yang mengajar di kelas 1B JJM nya tidak akan diakui dalam laman Info GTK, alasannya yaitu kelas 1B tergolong dalam Rombel tidak Normal.
Solusi : Jika terjadi Kasus menyerupai Diatas, maka jangan hingga Anda membagi Rombel yang kalau dibagi salah satu rombelnya kurang dari 20 Siswa. biarkan tetap dalam Satu Rombel (Rombel Gemuk)

Baca Juga:

3. Kode mapel bidang sertifikasi tidak sesuai dengan mapel yang diajar.
Kasus berikutnya yaitu alasannya yaitu arahan mapel yang berbeda dengan mapel yang diajar ketika ini.
Sebagai contoh :
- Guru SD dengan Kode Mapel 061 Bidang Study Lainnya, ketika ini mengajar guru kelas SD/MI (027) atau PJOK (220).
- Guru Sekolah Menengah Pertama dengan Kode Mapel 104 Kesenian, Budaya dan Keterampilan, ketika ini mengajar Seni Budaya (217) atau Keterampilan (227).
- Guru Sekolah Menengah Pertama dengan Kode Mapel 124 Biologi, ketika ini mengajar IPA Terpadu (097)
Dari perbedaan arahan mapel itulah yang menciptakan JJMnya tidak linier. Untuk kasus ini sebaiknya dikonsultasikan kepada Operator SIM Tunjangan yang bertugas di Dinas Pendidikan Kab./Kota.

4. Tugas suplemen sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan, dan kepala laboratorium sudah expired.
Masa berlaku surat kiprah sebagai wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan dan kepala laboratorium yaitu 1 tahun. Jika di warta GTK terdapat keterangan SK kiprah suplemen tidak valid, itu artinya harus memperbarui surat kiprah tersebut, kemudian di kolom kiprah suplemen diperbarui sesuai surat kiprah terbaru.

5. Di kolom Penugasan isian Keaktifan PTK belum dicentang
Pastikan keaktifan PTK dicentang hingga dengan bulan ketika ini. Setelah semua data yang invalid diperbaiki dan sinkronisasi, selanjutnya menunggu dan memantau perkembangan INFO GTK. Berapa usang Info GTK akan berubah, sanggup dilihat dari Info Proses Data di pojok kiri atas laman INFO GTK.


CARA CEK INFO GTK BACA DISINI




Perhatian:  Sebelum menutup Artikel "JJM Tidak Linier, Berikut Ini Beberapa Penyebab & Solusinya!" ini, Silahkan Jika ada pertanyaan, saran, atau ingin memperlihatkan masukan silahkan menuliskannya di kolom komentar, Admin dengan bahagia hati untuk meresponnya.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, Silahkan untuk meng-KLIK tombol Share yang telah Admin sediakan  dibawah ini baik melalui Facebook, Twitter maupun Google Plus Agar Anda juga menjadi orang yang memberi manfaat untuk orang lain...

Sekian dari kami semoga bermanfaat, salam Pendidikan…
Sumber http://www.gurumaju.com