Random post

Thursday, March 1, 2018

√ Makalah Administrasi Industri Pemasaran


Manajemen Industri Pemasaran


BAB I


Pendahuluan


      A.    Latar belakang

Dalam dunia bisnis kini ini sudah memasuki zaman globalisasi dalam perdagangan internasional, untuk tetap sanggup bersaing dalam menghadapi zaman globalisasi yang kini ini seseorang harus sanggup menguasai sebuah administrasi terutama administrasi industry bagi seorang wirausahawan.


Secara umum administrasi industri ialah tatacara mengatur sebuah industry yang bertumpu pada keunggulan sumberdaya insani dalam menghadapi lingkungan usaha. Seorang administrasi industry harus sanggup menguasai administrasi kauangan, administrasi kualitas, manajeman inovasi, manajeman SDM, administrasi pemasaran, administrasi keputusan dan administrasi Ekonomi teknik.
Judul yang akan saya angkat ialah perihal administrasi pemasaran.Yang dimaksud dengan administrasi pemasaran ialah peroses pemasaran sanggup dilakukan sebelum barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan. Pada dikala pemasaran produsen harus mengetahui apa minat dan harapan dari konsumen, sehinga menyampaikan kepuasan pada konsumen dan usahanya sanggup berjalan terus.
Maksudnya ialah bila ada suatu barang yang sudah mulai habis atau telah melewati tahun nya, tentunya konsumen mengingin kan produk yang lebih baik dari sebelum nya, kiprah dari pada administrasi ini ialah , memahami harapan konsumen, dan memasarkan apa yang di inginkan oleh konsumen, maka cara ini akan membuat perjuangan yang di jalani sanggup berjalan dengan baik, dan konsumen pun terasa puas.






     B.     Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini ialah untuk menambah pengetahuan dan dibutuhkan bermanfaat bagi kita semua.
Agar mahasiswa sanggup mengetahui perihal apa itu administrasi pemasaran dan biar sanggup di pelajari sehingga sanggup bermanfaat di masa yang akan tiba .
Agar sanggup mengetahui tata cara administrasi pemasaran serta mengetahui cara biar konsumen tetap tertarik dengan produk yang di produksi.
Untuk memenuhi kiprah dari Dosen pembimbing dan Sebagai pembelajaran juga perihal apa itu Manejemen, Pemasaran dan Industri.



      C.    Rumusan Masalah

·         Pengertian manejemen dan pemasaran
·         Pengertian industri
·         Pengertian pemasaran
·         Konsep pemasaran
·         Macam-Macam Konsep Pemasaran
·         Manejemen pemasaran
·         Tujuan  manajemen pemasaran











BAB ll

Pembahasan

A.    Pengertian administrasi dan pemasaran

1.      pengertian manajemen

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum mempunyai definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata administrasi mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini menerima efek dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan administrasi sebagai seni menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan administrasi sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian,  pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai target (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia sampai dikala ini belum ada keseragaman

Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah administrasi mengandung tiga pengertian yaitu :

o   Manajemen sebagai suatu proses

o   Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melaksanakan acara manejemen

o   Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)

Dalam dunia bisnis kini ini sudah memasuki zaman globalisasi dalam perdagangan interna √ Makalah Manajemen Industri Pemasaran


Menurut pengertian yang pertama, yakni administrasi sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk menunjukkan tata warna definisi administrasi berdasarkan pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi

Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa administrasi ialah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi

manajemen ialah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

2.      Pengertian Industri

            Industri ialah suatu perjuangan atau kegiatan pengolahan materi mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang mempunyai nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling ialah bab dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.


o   Jenis / macam-macam industri berdasarkan daerah materi baku

§  Industri ekstraktif



Industri ekstraktif ialah industri yang materi baku diambil pribadi dari alam sekitar.
- Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan,peternakan, pertambangan, dan lain lain.


§  Industri nonekstaktif



Industri nonekstaktif ialah industri yang materi baku didapat dari daerah lain selain alam sekitar.
Contoh nya : industri  karet , kulit sepatu .





§   Industri fasilitatif



Industri fasilitatif ialah industri yang produk utamanya ialah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
- Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.


3.      pengertian Pemasaran


Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya ialah :
a)      Philip Kotler (Marketing) pemasaran ialah kegiatan insan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan melalui proses pertukaran.
b)      Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran ialah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c)      Pemasaran ialah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, memilih harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang sanggup memuaskan harapan dan mencapai pasar target serta tujuan perusahaan.
d)      Menurut W Stanton pemasaran ialah sistem keseluruhan dari kegiatan perjuangan yang ditujukan untuk merencanakan, memilih harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang sanggup memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.


      B.     Konsep Pemasaran

Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan relasi pasar, pemasaran dan pasar. Kita sanggup membedakan antara kebutuhan, harapan dan permintaan. Kebutuhan ialah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan ialah kehendak yang berpengaruh akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan ialah harapan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.






C.    Macam-Macam Konsep Pemasaran


Konsep pemasaran menyampaikan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan harapan pasar target serta menyampaikan kepuasaan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan banyak sekali cara:

1. Temukan harapan pasar dan penuhilah.
2. Buatlah apa yang sanggup dijual dan jangan berusaha menjual apa yang sanggup dibuat.
3. Cintailah pelanggan, bukan produk anda.
4. Lakukanlah berdasarkan cara anda (Burger king)
5. Andalah yang memilih (United Airlines)
6. Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney).

Dalam pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.


1. Konsep produksi
Konsep produksi beropini bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini kiprah administrasi ialah memproduksi barang sebanyak mungkin, alasannya ialah konsumen dianggap akan mendapatkan produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.
2. Konsep produk
Konsep produk menyampaikan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menyampaikan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas administrasi disini ialah membuat produk berkualitas, alasannya ialah konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik

3. Konsep penjualan
Konsep penjualan beropini bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran menyampaikan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan harapan pasar target serta menyampaikan kepuasan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5. Konsep pemasaran sosial
Konsep pemasaran sosial beropini bahwa kiprah organisasi ialah memilih kebutuhan, harapan dan kepentingan pasar target serta menyampaikan kepuasan yang dibutuhkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripasda para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep Pemasaran Global
Pada konsep pemasaran global ini, manajer administrator berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mensugesti pemasaran melalui administrasi strategis yang mantap. tujuan kesannya ialah berupaya untuk memenuhi harapan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.


     D.    Manajemen pemasaran

Manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu administrasi dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran ialah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli target untuk mencapai tujuan perusahaan.Sedangakan administrasi ialah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Jadi sanggup diartikan bahwa Manajemen Pemasaran ialah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian jadwal yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar target dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.


      E.     Tujuan Manajemen Pemasaran

Meniadakan ketidakpastian masa tiba bila perubahan-perubahan alasannya ialah situasi dan kondisi perusahaan maupun di luar perusahaan tidak menentu . Karena tujuan organisasi sudah di fokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari adanya penyimpangan tujuan planning walaupun mahal tetapi hemat alasannya ialah segala kegiatan telah terfokus kan dengan segala biaya .Rencana pemasaran terinci di perlukan untuk setiap bisnis , produk dan merk.









BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
               
Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa administrasi pemasaran ialah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang mencakup pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibentuk yang tujuannya untuk mendapatkan daerah dipasar biar tujuan utama dari pemasaran sanggup tercapai.

Saran
Agar sanggup mempertahankan usaha, terutama kita memerlukan sebuah administrasi yang sanggup mengatur segala jalan perihal pemasaran , dan memenuhi seruan konsumen biar tidak terjadi penurunan permintaan.





Sumber http://insauin.blogspot.com