Random post

Friday, November 24, 2017

√ Pola Proposan Pendidikan Kesetaraan Paket C Lanjutan

KATA PENGANTAR



Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan RahmatNyalah sehingga Proposal “BOP PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C LANJUTAN KELAS XI SEMESTER GENAP s/d kelas XII SEMESTER GANJIL TAHUN 2013“ yang diajukan oleh ........................ telah sanggup terselesaikan.
          Kami menyadari sepenuhnya bahwa pembuatan Proposal ini masih sangat jauh dari kesempurnaan oleh lantaran itu kami mohon pertolongan berupa kritikan dan saran yang bersifat membangun biar supaya pada Pembuatan Proposal acara berikutnya sanggup lebih tepat dan terperinci dalam pelaksanaannya.
          Akhirnya kami mengharapkan  dana lanjutan BOP Penyelenggaraan Paket C Lanjutan ini sanggup terwujud sehingga akan membantu kami dalam kelancaran Pelaksanaan Program Paket C yang ada di ........................ dan kami mengharapkan acara ini sanggup berkelanjutan secara terus menerus hingga penerima didik merampungkan pendidikannya. Sehingga bisa melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.
          Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menyertai dan melindungi kita dalam acara sehari-hari. Amin!
                                                                                   



Makassar,   25 Mei 2013
                                    Penyelenggara Paket C
........................



                                                 ......................




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB  I  PENDAHULUAN
A.   Gambaran profil
B.    Internal
C.   External
D.   Tujuan Program

BAB  II  RENCANA AKSI
A.    Sasaran
B.    Materi pembelajaran
C.    Tutor/NST
D.   Pembelajaran
E.     Uji Kompetensi penilaian Peserta Didik

BAB  III  PROGRAM AKSI
A.    Lokasi Penyelenggaraan
B.    Tahapan Pelaksanaan
1.     Perencanaan
2.    Proses Pembelajaran Teori
3.    Proses Pembelajaran Praktek
4.    Jadwal Pembelajaran / Pelatihan
5.    Tahapan Evaluasi
6.    Uji kompetensi Penguasaan Teori dan Praktek

BAB  IV  RENCANA TINDAK LANJUT
A.   Penempatan dan Pendampingan Lulusan yang bekerja
B.    Pembinaan Lulusan dalam berusaha mandiri

BAB  V  INDIKATOR HASIL
A.    Jumlah penerima didik yang berhasil merampungkan kegiatan pembelajaran
B.    Tingkat kompetensi yang dikuasai penerima didik
C.    Persentase penerima didik disalurkan bekerja
D.   Presentase penerima didik (lulusan) yang diorrientasikan bekerja berdikari

BAB  VI  RENCANA ANGGARAN BELANJA

BAB  VII  PENUTUP
  1. Kesimpulan
  2. saran

Lampiran :
1.   Foto copy akte notaris
  1. Foto copy Ijin Operasional penyelenggaraan Program Kesetaraan
  2. Foto copy buku rekening Bank
  3. Foto copi  NPWP atas nama lembaga
  4. Surat pernyataan kesanggupan membelajarkan penerima didik
  5. Rekapitulasi Daftar nama Calon penerima didik
  6. Lembar surat tanda kelulusan calon penerima didik
  7. Rekapitulasi daftar calon tutor



BAB I
P E N D A H U L U A N



A.  GAMBARAN PROFIL LEMBAGA
     Tak sanggup dipungkiri bahwa eksistensi suatu sistim Pendidikan Luar Sekolah dalam sistem Pendidikan Nasional merupakan suatu hal yang mutlak adanya guna memperlihatkan dukungan terhadap upaya peningkatan derajat pendidikan masyarakat pada umumnya.
    Pada sisi lain, terperinci pula bagi kita bahwa perkembangan masyarakat yang sangat heterogen ini menjadikan efek terciptanya kesenjangan-kesenjangan yang sangat memungkinkan terjadinya kegiatan yang intinya sangat bertentangan dengan hakekat pembangunan nasional yang dicita-citakan.  Kurangnya kesadaran dari sebagian orang bau tanah yang didukung dengan rendahnya tingkat ekonomi keluarga sehingga memaksa seseorang untuk berupaya mencari alternatif lain yang memungkinkan memperlihatkan bantuan bagi keluarganya, diantaranya ditemukan adanya bawah umur yang terpaksa meninggalkan dingklik sekolah untuk mencari biaya hidup.
       Oleh lantaran itu untuk menyikapi kenyataan tersebut, eksistensi Pendidikan Luar Sekolah dirasa semakin perlu adanya sebagai penyangga pendidikan formal yang sudah barang tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit jumlahnya.
            Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Adipura yang terletak di Jalan RPH Kajenjeng Rw.6 Kel. Tamangapa Kec. Manggala Kota Makassar dikenal dengan nama  ........................ telah melaksanakan tumpuan pendidikan masyarakat secara terpadu selam kurang lebih 10 tahun melalui acara pendidikan Luar Sekolah (PLS) antara lain KF, PADU, Paket A, Paket B, Paket C  , Kursus, Magang dan TBM.
              Bertolak dari seni manajemen tersebut di atas, maka ........................ dalam menyelenggarakan acara Pendidikan Luar Sekolah khususnya Pendidikan Kesetaraan Paket C pada tahun 2013 dengan menargetkan peningkatan kualitas baik dalam penyelenggaraan pendidikan maupun pemberian bekal keterampilan kepada penerima didik disertai dengan sarana yang lebih memungkinkan.
            Untuk mendukung pelaksanaan Program pendidikan Kesetaraan Paket C yang akan dilaksanakan oleh ........................ ialah pengalaman-pengalaman forum dalam melaksanakan acara tersebut.  Ini sanggup dibuktikan dengan aneka macam Program paket C yang telah dilaksanakan oleh .........................  Antara lain :
1.       Program Paket C reguler (Umum) pada tahun 2007 yang pembelajarannya dimulai kelas I dan telah mengikuti ujian nasional pada bulan Juni 2010.
2.      Adanya model pembelajaran yang dilaksanakan oleh Direktorat Kesetaraan Jakarta yaitu Rintisan Paket C Literacy Ekonomi pada tahun 2010/2011 yang mana pada acara ini ialah acara Paket C yang menekankan pada pembelajaran kewirausahaan.  Makara tidak hanya pembelajaran akademik saja yang diberikan kepada penerima didik akan tetapi bagaimana cara biar supaya penerima didik sanggup mempunyai pengetahuan keterampilan yang sanggup dijadikan modal untuk berusaha mandiri.
          Hal ini didasari pada kondisi di lapangan bahwa penerima didik acara kesetaraan memerlukan pelayanan pendidikan kesetaraan keterampilan yang beragam.  Sehingga mereka bisa memanfaatkan potensi ekonomi lingkungannya untuk perjuangan berdikari baik secara bersama maupun berkelompok.  Karena intinya penerima didik Paket  C sebagian besar masyarakat kurang mampu, sehingga acara tersebut perlu didukung pembelajaran keterampilan yang memadai biar mereka sanggup bermata pencaharian.
          Dari pengalaman-pengalaman dan keberhasilan ........................ dalam melaksanakan acara PNF khususnya Pendidikan Kesetaraan Paket C, tentunya tidak dicapai begitu saja. Banyak potensi yang mendukung di dalamnya baik secara internal maupun eksternal lembaga.  Secara internal  yaitu  mempunyai SDM yang berpengalaman sesuai dgn bidangnya, kekompakan dalam menyelenggarakan program,  dan tersedianya sarana dan prasarana pembelajaran.  Secara ekternal antara lain dimana masyarakat di sekitar telah mengetahui akan eksistensi forum PKBM  Adipura dan adanya pengukuhan dari pemerintah setempat dan tokoh masyarakat dalam keberhasilannya memperlihatkan pelayanan kepada msyarakat khususnya dalam dunia pendidikan.  Selain itu ........................ telah mendapatkan penghargaan dari gubernur selama 2 tahun dalam penyelenggaraan Pendidikan kesetaraan serta prestasi lomba penyelenggara pendidikan kesetaraan tingkat nasional sebagai juara.
      
B.  INTERNAL
1.  Sarana dan Prasarana
- Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh ........................ dalam melaksanakan pembelajaran Paket C telah disiapkan sebelum pembelajaran dimulai untuk menunjang kesiapan forum dalam melaksanakan acara tersebut.
     Adapun Sarana dan prasarana yang dimiliki ialah :
a.  Gedung pembelajaran yang disiapkan sebanyak 3 lokal dengan luas lahan 300 m2 ialah miliki pribadi ........................ sehingga penerima didik sanggup mengikuti pembelajaran dengan aman dan aman tanpa gangguan dari pihak manapun.
b. Sarana yang dimiliki untuk menunjang lancarnya proses pembelajaran akademik dan keterampilan :
-  Ruang keterampilan
-  Kursi Chitos
-  Printer
-  Notebook
-  Kursi plastik
-  Meja pembelajaran
-  Papan Whiteboard
-  Mesin Jahit 14 unit
-  Mesin bordir  2  unit
-  Mesin obras   1 unit
-  ATK pembelajaran
-  Administrasi pembelajaran
-  RPP, Silabus dan kurikulum
-  Modul pembelajaran
-  Buku-buku TBM
-  Peralatan keterampilan menyulam, sablon, menjahit,tata boga.

2.  Tenaga Pendidik
Tenaga pendidik yang direkrut pada pembelajaran Paket C kelas II semester genap ini mempunyai pendidikan S1 dan telah mengikuti training tutor.  Jumlah tenaga pendidikan yang digunakan ialah 7 orang dengan rincian 6 orang tutor akademik dan 1 orang tutor keterampilan. Tenaga pendidik ini telah mengajar mulai kelas X.  
Adapun nama-nama tutor yang telah direkrut ialah :
1.  ..................................              Bidang studi  Matematika
2. ..................................             Bidang studi Ekonomi
3. ..................................             Bidang studi Geografi
4. ..................................             Bidang study PPKN
5. ..................................             Bidang study Bahasa Inggris
6. ..................................             Bidang study Bahasa Indonesia
7...................................            Bidang Studi Sosiologi                
8..................................             Keterampilan menjahit

C.  EKSTERNAL
Untuk meningkatkan kualitas dan eksistensi pelaksanaan Program pendidikan kesetaraan khususnya pada pembelajaran Paket C, ........................ menjalin kemitraan dengan aneka macam instansi terkait dan lembaga-lembaga yang berkompeten baik dalam penyaluran lulusan maupun pada proses pembelajaran menyerupai keterampilan. ........................ selama ini telah menjalin kemitraan dengan beberapa forum antara lain :

1.  Dinas Pendidikan Prov. Sulsel
     Dalam hal pembinaan, Koordinasi program-program PNF
2.  Dinas Pendidikan Kota Makassar
     Dalam hal Pembinaan, Koordinasi
3.  BPPNFI Regional V
Pelatihan tutor dan pendampingan kegiatan
4.  Tiffani Salon
Nara sumber tata rias kecantikan dan magang pada keterampilan.
5.  Lembaga Pelita bangsa
Nara sumber tata boga
6.  Universitas Islam Negeri   
Penempatan mahasiswa KKN pada pembelajaran Pendidikan Kesetaraan
7.  Majelis Taklim
Bimbingan rohani

D.  TUJUAN PROGRAM
1.  Tujuan Umum
     Tujuan Umum akan dicapai ialah keberlanjutan proses berguru ,mengajar dan pendidikan keterampilan terhadap warga berguru Paket C dalam mewujudkan kemandirian Pusat kegiatan berguru masyarakat        ( PKBM ) Adipura Kota Makassar.

2.  Tujuan khusus
Tujuan khusus yang diharapkan sanggup dicapai ialah :
a.    Melanjutkan pembelajaran bagi penerima didik lulusan Paket B yang telah dibelajarkan oleh .........................
b.    Untuk mengurangi sebagian biaya yang harus ditanggung oleh penerima didik lulusan paket B dalam mengikuti  acara Paket C.
c.    Untuk memotivasi penerima didik Paket C untuk merampungkan acara pembelajarannya hingga lulus, utamanya penerima didik yang diusulkan untuk Memperoleh dana pertolongan Penyelenggaraan Paket C.




BAB  II
RENCANA  AKSI


A.  SASARAN
Peserta didik yang akan dibelajarkan pada acara paket C  adalah penerima didik Paket C lanjutan yang telah mengikuti pembelajaran di kelas XI semester ganjil pada tahun 2012 di ........................ dengan Jumlah penerima didik  30 orang.
- Karakteristik Sasaran
1.     berusia minimal 15 tahun ke atas.
2.    warga masyarakat yang telah lulus paket B/SMP dan siap mengikuti pembelajaran hingga mengikuti UAN.
3.    Warga masyarakat baik pria maupun wanita yang tidak sanggup melanjutkan pendidikan di sekolah formal tingkat Sekolah Menengan Atas lantaran disebabkan oleh faktor waktu, ekonomi dan pekerjaan.
4.    Memeilih Paket c untuk merampungkan pendidikannya
5.    Diutamakan bagi penerima didik yang berasal dari keluarga yang kurang bisa dan belum bekerja.
6.    Peserta didik yang mempunyai minat dan motivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran dan kemauan perjuangan bersama dalam wadah pra koperasi.
7.    Telah mengikuti pembelajaran Paket C kelas XI semester ganjil di ........................ tahun 2012 dan merupakan kelanjutan dari acara Paket C kelas XI semester genap.
- Teknik Rekruitmen
Pelaksanaan rekruitmen penerima didik dilakukan melalui beberapa tahap yaitu
1.   Melakukan sosialisasi kepada masyarakat 
2.  Menyebarkan formulir registrasi kepada warga masyarakat.
3.  Melakukan penyaringan terhadap calon penerima didik yang akan direkrut
4.   Menetapkan calon penerima didik yang akan diusulkan
 
B.  MATERI PEMBELAJARAN
Materi Pembelajaran yang akan diberikan kepada penerima didik dalam pembelajaran Paket C kelas I ialah :
3.    Pembelajaran Akademik
- Pembelajaran Akademik ialah pembelajaran perbidang studi yang akan Di UAN kan dan ditambah dengan pembelajaran muatan lokal.  Pembelajaran akademik sanggup dilaksanakan dengan tatap muka, tutorial, dan mandiri.  Pengaturam pembelajaran menyerupai yang tercantuk dalam standar proses ialah tatap muka munimal 20%, tutorial minimal 30% dan berdikari maksimal 50%.  Adapun bidang studi yang diajarkan ialah  yaitu
1.  PPKN
2. Matematika
3. Bahasa Indonesia
4. Bahasa Inggris
5. Geografi
6. Ekonomi
7. Sosiologi
8. Penjaskes
9. Pendidikan Agama Islam
10. Keterampilan
11. Kesenian
12. Muatan lokal
- Mempersiapkan kondisi pembelajaran sehingga penerima didik siap untuk megikuti pembelajaran.
-  Mencatat daftar hadir penerima didik sebelum pembelajaran dimulai.
- Tutor menyiapkan bahan-bahan sebelum pembelajaran dimulai dan memberikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan dengan menciptakan RPP dan silabus.
-  Memberikan penugasan kepada penerima didik secara mandiri
- Melakukan penilaian terhadap pembelajaran yang telah diberikan.
- Lembaga penyelenggara Menyusun Perencanaan, Pelaksanaan, penilian dan pengawasan proses pembelajaran.
- Mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dengan tutor dan pihak-pihak terkait, kemudian memantau dan membina proses kegiatan pembelajaran pelatihan, sekaligus memotivasi dan mendorong semangat berguru penerima didik.

2.  Pembelajaran keterampilan
Pembelajaran Keterampilan yang diberikan harus diubahsuaikan dengan kurikulum tingkat KTSP.  Pengelola dan Nara sumber mempunyai kurikulum keterampilan yang diajarkan sesuai dengan tingkatan paket C setara tingkat mahir.  Pemberian keterampilan akan diadakan di forum ........................ sendiri dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten dibidang keterampilan yang akan diberikan dan dengan melihat perkembangan dimungkinkan ada pemagangan penerima didik kalau selesai mengikuti training keterampilan di PKBM.   
- Memberikan pembelajaran keterampilan kepada penerima didik sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja dengan memanfaatkan potensi lingkungan.
- Pembelajaran keterampilan yang diberikan dan  dilaksanakan pribadi oleh ........................
- Mennetukan jadwal pembelajaran keterampilan diluar jadal pembelajaran akademik.
-  Menyampaikan tujuan pembelajaran keterampilan yang akan dicapai
- Menyiapkan ketidakhadiran penerima didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan.
-  Menjelaskan fungsi dan tujuan dari pada alat yang    akan digunakan.

C.  TUTOR / NST / INSTRUKTUR
Tutor dan Nara sumber Paket C kelas XI yang ada di ........................ berjumlah 7 orang dan telah mempunyai pengalaman sebagai tenaga pendidik.  Telah mengikuti pelatihan-pelatihan tutor baik di tk. Kab.kota maupun ditingkat provinsi.

D.  PEMBELAJARAN
Dalam pembelajaran acara Paket C yang akan dilaksanakan ada 2 seni manajemen pembelajaran yang akan digunakan yaitu :
1.  Strategi Pembelajaran Teori
Startegi yang dilaksanakan dalam pembelajaran teori ialah penyampaian pembelajaran yang disampaikan dengan cara tatap muka secara keseluruhan kepada penerima didik di depan kelas dan semua penerima didik pribadi mendengarkan klarifikasi materi.  Dalam pembelajaran teori, ada beberapa metode dan pendekatan yang digunakan  yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pendekatan induktif dan dan tematik.
2.  Strategi pembelajaran praktek
Strategi yang dilaksanakan pad pembelajaran praktek adalah Praktek melaksanakan pendekatan utama dalam membelajarkan keterampilan hidup secara pribadi dan konkret menurut teori dan konsep yang telah dipelajari. Paksanaan pembelajaran praktek dilaksanakan secara berkelompok mengingat keterbatan peralatan yang masih serba terbatas dan tidak diperuntukan setiap WB sehingga balasannya dikumpulkan secara berkelompok.
Ratio perbandingan antara pemberian materi secara teori dan praktek berbanding 30% teori dan 70% praktek.  Pembelajaran dilaksanakan di ........................ dan akan dimagangkan  pada final training pada daerah yang telah mempunyai perjuangan yang telah berhasil.



E.  UJI KOMPETENSI PENILAIAN PESERTA DIDIK (UJI KOMPETENSI)
     Penilaian dilakukan oleh pendidik terhadap hasil pembelajaran untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik, serta digunakan sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilakukan secara konsisten, sistematik, dan terprogram dengan memakai tes dalam bentuk tertulis atau lisan, dan nontes dalam bentuk pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, portofolio, dan penilaian diri. Penilaian hasil pembelajaran memakai Standar Penilaian Pendidikan dan Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran. Penilaian hasil berguru untuk memperoleh ijazah Program Paket C dilakukan sesudah penerima didik mencapai SKK yang disyaratkan.



         



BAB III
PROGRAM AKSI



A.  LOKASI PENYELENGGARAAN
Lokasi penyelenggaraan Program Paket C Kelas XI semester genap yang akan diusulkan tahun 2013 ini bertempat di sekertariat ........................ jl. RPH Kajenjeng RT.02 RW. 06 Kel. Tamangapa Kec. Manggala Kota Makassar.

B.  TAHAPAN PELAKSANAAN
1.  Perencanaan
      - Persiapan
Tahap persiapan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan ialah :
a.    Mengadakan sosialisasi dengan Dinas pendidikan, Lurah setempat tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.
b.    Pengisian biodata penerima didik yang ikut dalam acara pembelajaran
c.    Membuat kesepakatan antara tenaga pendidik dengan penerima didik ihwal daerah berguru dan jadwal pembelajaran.
d.    Menyiapkan bolos penerima didik
e.    Menyiapkan bolos nara sumber teknis
f.     Menyediakan ATK penerima didik
g.    Menyiapkan ATK penyelenggaraan
h.    Menyiapkan manajemen pembelajaran
i.     Menyiapkan RPP dan silabus
j.     Menyiapkan modul dan materi bimbing tambahan
k.    Menyiapkan sarana alat keterampilan dan perlengakpan lainnya.
- Pelaksanaan
a.    Tutor dan penerima didik memulai kegiatan berguru sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.
b.    Tutor memberi bimbingan baik secara individu maupun kelompok
c.    Tutor melaksanakan kegiatan evaluasi.

- Pasca Pembelajaran
a.    Penyelenggara dan tutor membantu memfasilitasi penerima didik yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.
b.    Penyelenggara dan tutor membantu penerima didik untuk menentukan jurusan dan perguruan tinggi sesuai dengan minat dan kemampuannya.
c.    Mendata penerima didik yang telah melanjutkan pendidikannya.
d.    Memfasilitasi lulusan untuk mendapatkan pekerjaan
e.   Melakukan pendampingan bagi lulusan yang berwiraswasta.

2. Proses Pembelajaran Teori
Pelaksanaan Pembelajaran teori  dilakukan dengan beberapa kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Adapun kegiatan yang dilaksanakan ialah :
Kegiatan awal
1.     Menyiapkan kondisi pembelajaran biar penerima didik terlibat secara aktif sehingga siap mengikuti proses pembelajaran,
2.    Mencatat kehadiran penerima didik,
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran atau SKKD serta indikator yang akan dicapai,
4.    Menyampaikan cakupan materi dan klarifikasi uraian kegiatan sesuai indikator,
5.      Memberikan kesempatan penerima didik untuk mengungkapkan kemampuan/keterampilan yang dimiliki berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
Kegiatan inti
    Tutor memfasilitasi:
1.       Peserta didik memahami pengertian kebutuhan dan keinginan
2.     Peserta didik membedakan kebutuhan dan keinginan
3.     Peserta didik mengelompokan aneka macam jenis kebutuhan
4.     Peserta didik memanfaatkan sumber daya yang dimiliki  dalam memenuhi kebutuhan secara hemat
5.     Peserta didik menjelaskan fungsi barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan keluarga
Kegiatan akhir
1.        Memotivasi penerima didik untuk mendalami materi pembelajaran melalui kegiatan kiprah mandiri,
2.     Menyampaikan planning praktek pada pertemuan berikutnya.

 3. Proses Pembelajaran Praktek
Pembelajaran praktek dilaksanakan sesudah pembelajaran teori selesai selama sebulan.  Akan tetapi tidak menutup kemungkinan dalam jadwal praktek akan ada pemberian materi perhiasan yang bekerjasama dengan program.  Materi praktek yang diberikan sesuai dengan pembelajaran teori secara teknis dan aplikasinya dituangkan dalam praktek. Pembelajaran praktek yang dilaksanakan ialah :
Kegiatan Awal :
1.       Memastikan adanya alat-alat keselamatan bila keterampilan yang dipelajari berkaian dengan peralatan yang sanggup membahayakan,
2.      Memastikan tersedianya alat-alat praktek yang diperlukan,
3.      Menyiapkan kondisi pembelajaran praktek biar penerima didik terlibat secara aktif,
4.      Mencatat kehadiran penerima didik,
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran praktek atau SK dan KD yang akan dicapai, dan
6.      Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengalaman yang sudah dimiliki penerima didik untuk mengaitkan dengan apa yang akan dipelajari dalam praktek.
Kegiatan Inti :
1.       Menghadirkan/mengingat kembali konsep, teori dan hal-hal yang penting yang berkaitan dan yang telah dipelajari,
2.      Menerangkan jenis-jenis alat yang ada dan fungsinya masing-masing
3.      Bersama-sama melaksanakan praktek keterampilan fungsional sesuai dengan tujuan pembelajaran praktek dan sesuai dengan KD yang harus dicapai,
4.      Memastikan semua penerima didik berpartisipasi pribadi dalam melaksanakan praktek,
5.      Memfasilitasi dan membimbing penerima didik yang mengalami kesulitan,
6.      Memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi dalam pembelajaran praktek,
7.      Memberi peluang dan waktu yang cukup untuk penerima didik untuk menguasai materi praktek.
Kegiatan Akhir :
1.       Bersama-sama melaksanakan refleksi terahadap pembelajaran praktek yang telah dilakukan,
2.      Melakukan penilaian terhadap proses dan hasil dari praktek yang telah dilakukan,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.      Memotivasi penerima didik untuk mendalami materi dengan berlatih dan mempraktekkannya dalam kegiatan praktek mandiri, dan
5.      Merencanakan kegiatan pembelajaran dalam pertemuan berikutnya.

4. Jadwal Pembelajaran
Jadwal Pembelajaran Paket C kelas XI semester genap yang akan dilaksanakan di ........................ akan dimulai pada bulan Januari 2013 dan waktu pembelajaran ditetapkan sesuai dengan kesepakatan antara penerima didik dan tutor. Pelaksanaan pembelajaran direncanakan berlangsung selama 3 kali seminggu yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu setiap jam 13.00 s.d 17.50.  Adapun pembelajaran keterampilan akan dijadwalkan kemudian tanpa mengganggu jadwal pembelajaran akademik yang telah ditentukan.


5. Tahapan Evaluasi
Tahap penilaian akan dilaksanakan sesudah proses pembelajaran berakhir biar supaya sanggup diketahui tingkat kemampuan penerima didik dalam mendapatkan materi pembelajaran yang diberikan oleh tutor. Tahapan penilaian yang dilaksanakan antara lain :
-  Ulangan harian diberikan sesudah pembelajaran untuk satu pokok bahasan telah selesai.
-  Ulangan semester dilaksanakan sesudah 6 bulan pembelajaran telah dilaksanakan.
-  Evaluasi yang dilaksanakan sanggup berupa penugasan berdikari baik perorangan maupun perkelompok dan dibuat dalam bentuk porto folio. 

6. Uji Penguasaaan Teori dan Praktek
- Uji penguasaan teori dilaksanakan sesudah pemberian  sub pokok materi telah selesai diberikan.  Hal ini diberikan biar supaya dalam pembelajaran praktek tetap diingat lantaran memakai rumus yang berbeda untuk setiap kegiatan.  Uji penguasaan praktek diberikan sebagai tanda bahwa penerima siap memasuki pembelajaran praktek kalau hasil uji penguasaannya memenuhi standar nilai yang telah ditentukan  oleh Nara sumber atau pembawa materi yang telah ditunjuk.
- Uji Penguasaan Praktek, dilaksanakan sesudah pembelajaran praktek telah rampung diselesaikan dan merupakan realisasi dari kegiatan yang telah dilaksankan.



7. Uji Kompetensi
Uji kompetensi penerima didik diberikan sesuai dengan standar kompetensi dari Diknas tinggal diubahsuaikan dengan kurikulum yang ada atau yang dipakai  kini ini.
Strategi penilaian yng diberikan kepada penerima didik tidak hanya pada dikala ujian dan praktek akan tetapi penilaian diadakan hampir  setiap hari melalui pengamatan  berupa :
-                Etika dan etos kerja
-                Kerajinan
-                Keuletan
-                Kejujuran
Untuk penilian dilakukan dua tahap yaitu melalui  teori dan  praktek yang mana keduanya saling menunjang satu sama lain.  Pada  ujian teori dilaksanakan sesudah selesai pemberian satu pokok bahasan.  Dan ujian praktek diberikan sekaligus sesudah pembelajaran praktek telah dilaksanakan dan akan dilakukan system pengulangan bagi mereka yang mempunyai nilai kurang dengan cara melaksanakan praktek lebih kontinyu.
Pada hasil ujian penerima didik diberikan akta sebagai tanda telah mengikuti training pada forum yang melaksanakan.





BAB  IV
RENCANA TINDAK LANJUT



A.  PENEMPATAN DAN PENDAMPINGAN LULUSAN
     Pelaksanaan training keterampilan berjalan selama pembelajaran masih berlangsung.  Seteleh penerima didik mahir, mereka dihimpun untuk membentuk suatu wadah perjuangan bersama dalam bentuk Pra Koperasi. 
Usaha Prakoperasi ialah perjuangan bersama maka tata pengelolaan perjuangan yang dibuat harus bersifat terbuka dan transparan dan berasaskan kekeluargaan sehingga semua anggota prakoperasi mengetahui perkembangan koperasi meskipun sistim pengelolaannya masih bersifat sederhana tetapi harus tetap tertib dan benar.
Semua penerima didik diminta untuk menjadi anggota di dalamnya dimana apabila terdaftar sebagai anggota maka mereka akan berhak untuk diberikan pinjaman dana bergulir melalui Koperasi tersebut. Dana Koperasi yang diberikan kepada penerima didik tidak diberikan secara hibah atau Cuma-Cuma akan tetapi dikembalikan setiap bulannya dari hasil perjuangan mereka yang telah berjalan.  Dengan adanya ketentuan menyerupai ini, maka anggota Koperasi akan merasa mempunyai tanggungjawab terhadap dana yang dipinjamnya sehingga perjuangan yang mereka rintis betul-betul dijalankan.
Untuk membantu para penerima didik dalam menyebarkan usahanya, maka pihak forum ........................ melaksanakan pendampingan kepada anggota koperasi untuk membantu memperlihatkan isu dalam hal pemasaran dan penjualan produk termasuk dalam hal pencarian forum mitra.  
Ketentuan-ketentuan yang diatur dalam koperasi yang akan dibuat harus disepakati oleh semua anggota sehingga akan menjadi tanggungjawab bagi semua anggota untuk menyebarkan koperasi tersebut. 
Bagi anggota koperasi yang ingin memakai dana koperasi tanpa adanya perjuangan yang berjalan maka tidak akan diberikan lantaran tidak adanya perputaran dana yang akan berjalan pada koperasi sehingga tidak bisa berkembang.


B.  PEMBINAAN LULUSAN
Lembaga penyelenggara tetap berkewajiban memperlihatkan pembinaan dalam hal :
  1. Pada pembelian barang/bahan baku, tetap dikontrol sesuai dengan kebutuhan pemakaian dan biaya pembelian tetap dicatat dalam pembukuan keuangan.
  2. Pada proses produksi diusahan biar supaya produk yang telah dihasilkan harus dipasarkan keluar jangan hingga ada barang hasil perjuangan yang bertumpuk dan tidak tersalurkan sehingga perputaran modal tidak mengendap dalam bentuk barang.
  3. Dalam hal pemasaran, sebaiknya pengelola, pengurus dan semua anggota koperasi bekerjama dan harus proaktif dalam hal penjualan hasil perjuangan dan mencari daerah dimana pproduk tersebut sanggup dipasarkan.
  4. Adminstrasi keuangan prakoperasi setiap bulannya diadakan perhitungan laba dan diketahui oleh forum penyelenggara sebagai penanggungjawab acara prakoperasi.












BAB  V
INDIKATOR  HASIL



Indikator keberhasilan dari acara Paket C Lanjutan kelas XI  yang akan diusulkan oleh ........................ ialah :
a.    Tingkat kehadiran Keaktifan penerima didik dan tutor dalam mengikuti proses berguru mengajar mencapai 100%.
b.    Peruntukan dana pembelajaran 100% telah digunakan sesuai dengan pernggunaannya yang ada pada RAB.
c.    Persentase penerima didik yang berhasil merampungkan pembelajaran hingga selesai mencapai 100%.
d.    50% penerima didik lulusan yang akan berusaha mandiri
e.    50% penerima didik lulusan yang akan disalurkan untuk bekerja di daerah lain.
f.     Untuk acara kemandirian perjuangan penerima didik, pihak forum membentuk Pra Koperasi sebagai penopang modal perjuangan untuk perjuangan keterampilan yang akan dijalankan oleh penerima didik.
g.    Hasil penilaian pembelajaran  penerima didik sanggup dibuktikan dengan laporan perkembangan penerima didik dalam bentuk tertulis dan merupakan manajemen yang lengkap bagi pihak lembaga.   



BAB  VI
RENCANA ANGGARAN BELANJA



          Jumlah dana Penyelenggaraan Program lanjutan paket C kelas XI semester genap s/d kelas XII semester ganjil  (12 bulan)   yang diusulkan oleh PKBM Toddopuli diubahsuaikan dengan hukum rincian RAB yang telah ditetapkan dalam juknis pelaksanaan kegiatan BOP Paket C sebesar    Rp. 37.500.000 ( Tiga Puluh Tujuh  Juta Lima Ratus  Ribu Rupiah).  Agar anggaran Penyelenggaraan Program paket C sanggup berjalan dengan baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka peruntukan pembiayaan lebih banyak pada kebutuhan proses pembelajaran dengan rincian sebagai berikut :

No
Program
Vol
Satuan
Satuan Biaya
Jumlah (Rp)
1.
Bahan




A
Modul/Bahan ajar
30
Set
100.000
3.000.000
b
Penilaian tes semester(2 kali X 13 MP)
30
OK
80,000
2.400,000
2
ALAT




a
Alat tulis penerima didik
30
OT
50.000
1.500.000
B
Administrasi pembelajaran
1
Set
80.000
80.000
c
Sarana pembelajaran
1
Set
100.000
100.000
d
Bantuan pembiayaan  keterampilan (Pra Koperasi)
30
Org
150,000
4,500,000
3.
TENAGA




a
Transport tutor (7 org X 12 bln)
84
OB
270.000
22.680.000
b
Transport penyelenggara (1 org X 12 bln )
12
OB
270.000
3.240.000

Jumlah



37.500.000




Rata-rata
per WB
1.250.000






BAB  VII
P E N U T U P


A. KESIMPULAN

Demikianlah Proposal ini kami buat selaku penunjang bagi kelanjutan acara Paket C kleas XI biar supaya pembelajaran Paket  C pada tahun ke dua yang dilaksanakan di ........................ sanggup dilanjutkan untuk  keberlangsungan kegiatan acara Lanjutan Paket C kelas XII pada ........................ guna menyukseskan kegiatan dalam mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan pendidikan Paket c
     Dengan suatu harapan dukungan melalui dana pertolongan Penyelenggaraan Program lanjutan Paket C kelas XI untuk kelancaran penyelenggara acara dan Pemberian pembelajaran keterampilan kepada penerima didik, maka ........................ sanggup melaksanakan fungsinya secara optimal sebagai wadah pembelajaran masyarakat.  Disamping itu semakin menandakan kem
andiriannya dalam berkiprah dan berkarya ditengah-tengah masyarakat dalam upaya mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat.
     Dengan demikian, ........................ benar-benar telah menjadii penyangga pendidikan formal dan semakin eksis dijalur pendidikan Non Formal.

B.  SARAN-SARAN
-          Perlu adanya sosialisasi mengenai Pra Koperasi yang akan dibuat oleh lembaga-lembaga sebagai keberlanjutan dari pembelajaran keterampilan penerima didik.
-          Ada kelanjutan dari acara beasiswa keterampilan bagi lulusan paket C
  
                                                             
                                    Makassar,  25 Mei  2013
                                               Penyelenggara Paket C ........................


          ........................



Sumber http://risalridwan.blogspot.com