Random post

Wednesday, October 4, 2017

√ Klarifikasi Lengkap Ihwal Advertisement (Iklan) Beserta Misalnya

Bahasa Inggris memang mempunyai banyak jenis teks, mulai dari teks yang panjang hingga dengan teks yang pendek yang mempunyai beraneka ragam fungsi atau yang disebut juga dengan short functional text. Short functional text ini mempunyai banyak jenis, salah satunya yaitu Advertisement. Berikut yaitu klarifikasi lengkap ihwal Advertisement (iklan) beserta jenis dan misalnya dalam bahasa Inggris.


 


Pengertian Short Functional Text


 


Functional Text yaitu teks yang menyajikan informasi yang penting bagi seseorang. Sedangkan short functional text adalah sebuah teks pendek yang mengandung informasi spesifik dan penting. Contoh dari short functional text adalah pemberitahuan (notice), pengumuman (announcement), iklan (advertisement), pesan singkat (short message), label, brosur (brochure), tanda (sign), dan sebagainya. Fungsi dari short functional text adalah untuk memberitahukan sebuah informasi kepada seseorang atau masyarakat.


 


Pengertian Advertisement (Iklan)


 


Advertisement (iklan) yaitu sebuah pemberitahuan ihwal promosi sebuah barang, jasa, atau kegiatan. Pengiklanan (advertising) yaitu sebuah bentuk komunikasi yang dipakai untuk mengajak masyarakat (para pendengar, pembaca, atau penonton) untuk mengambil langkah baru.


 


Fungsi Advertisement (Iklan)


 


Fungsi dari advertisement ini yaitu untuk mengumumkan kepada masyarakat ihwal sebuah barang, jasa, atau kegiatan. Dengan kata lain, advertisement (iklan) ini dipakai untuk mengenalkan sebuah barang, jasa, atau aktivitas sehingga masyarakat yang membaca, mendengar, atau melihat iklan tersebut menjadi tertarik untuk menggunakan barang, menggunakan jasa, atau mengikuti aktivitas yang diiklankan.


 


Bagian – Bagian Advertisement (Iklan)


 


Pada umumnya, sebuah advertisement (iklan) terdiri atas lima penggalan sebagai berikut.



  • Headline (Judul Utama)

  • Subheads (Anak Judul)

  • Body (tubuh/ isi)

  • Slogan (Semboyan)

  • Closing (Penutup)


 


Tata Bahasa (Language Features) dari Advertisement (Iklan)


 


Beberapa tata bahasa yang dipakai dalam iklan yaitu sebagai berikut.


The Use of Simple and Informal Words (Penggunaan Kata yang Sederhana dan Informal)


Contohnya dalam iklan mobil, oven, atau telepon baru, kita sanggup melihat atau mendengar kata – kata menyerupai berikut.


“I couldn’t believe it until I tried it! I’m really impressed! You’ve gotta try it! You’ll love it!”


(Aku tidak percaya hingga saya mencobanya! Aku benar – benar terpukau. Kamu harus mencobanya! Kamu niscaya akan menyukainya!).


 


The Use of Mispelling and Coinages (Menggunakan Kata – Kata Baru yang Informal)


Contoh: We know eggsactly how to sell eggs. (seharusnya exactly)




style="display:inline-block;width:336px;height:280px"
data-ad-client="ca-pub-1973764693216878"
data-ad-slot="5881289326">


Frequent Use of Particular Verbs (Penggunaan Kata – Kata Tertentu yang Diulang)


Beberapa kata yang sering dipakai dalam iklan (advertisement) yaitu get, take, try, let, ask, call, use, send, for, hurry, come on, make, come, see, give, discover, remember, serve, look for, choose dan introduce.


 


The Use of “Positive” Adjectives (Penggunaan Kata Sifat Bermakna Positif)


Dalam iklan (advertisement) penggunaan dan pemilihan kata – kata sangatlah penting. Kata – kata dalam iklan yang memperlihatkan kekuatan dan bermakna faktual lebih disukai sebab kata – kata tersebut sanggup memperlihatkan informasi ihwal apa yang diiklankan dengan baik dan menarik.


 


Beberapa kata sifat bermakna faktual (Positif Adjective) yang sering dipakai dalam iklan (advertisement) yaitu rich, strong, stylist, special, safe, extra, clean, bright, easy, sure, full, real, delicious, great, fresh, big, free, fine, good/ better/ best, crisp, new.


 


Frequent Use of Compounds (Penggunaan Kata – Kata Gabungan)


Contoh:



  • fresh-tasting milk (susu segar)

  • chocolate-flavored cereal (sereal rasa coklat)

  • top-quality bulbs (lampu bohlam dengan kualitas bagus/ top)


 


The Use of More Simple Sentences, Fewer Complex Sentences (Pengunaan Kalimat Sederhana yang Lebih Banyak, dan Kalimat Panjang dan Kompleks Lebih Sedikit)


Contoh:



  • Dalam iklan kendaraan beroda empat Honda


“It comes with a conscience”


(Hadir dengan bunyi hati)



  • Dalam iklan makanan:


“Luxer’s presents 14 days to get your life, on the right course.”


(Luxer mempersembahkan hidangan yang sempurna untukmu selama 14 hari)


 


The Use of More Interrogative Sentences and Imperative Sentences (Penggunaan Kalimat Tanya dan Kalimat Perintah yang Lebih Banyak)


Contoh:



  • “What’s so special about Lurpark Danish butter?”


(Apa yang Istimewa dari mentega Lurpark Danish?)



  • “Have a little fruit after dinner!”


(Konsumsilah sedikit buah sehabis makan!)


 


Contoh Advertisement (Iklan) dalam Bahasa Inggris beserta Penjelasannya


 


LOUIS’


20th Anniversary



SALE is NOW ON!!!


Get SPECIAL PRICE from 1st September – 1st October 2018


Louis’ shoes 50% off


MGD’s bag 60% off


Jimm’s Jacket 70% off


Many more …



www.louis.com


FB     : Louis Smith


Twitter          : @louissmithshoes



FREE!!!


Special gift*


 


Penjelasan:


Tujuan dari penulis menulis iklan (advertisement) di atas yaitu untuk mengajak para pelanggan/ kustomer untuk mengunjungi Louis Boutique. Dalam rangka ulang tahun butik tersebut yang ke – 20, Louis Boutique memperlihatkan harga dan diskon Istimewa hingga dengan 70% untuk sepatu, tas, jaket, dan banyak barang lainnya. Membuat iklan dengan memperlihatkan informasi ihwal harga special merupakan cara pemilik butik untuk menarik perhatian para pelanggan/ kustomer untuk mengunjungi butik dan membeli barang – barang dengan harga special mulai dari tanggal 1 September 2018 hingga 1 Oktober 2018.


 


Demikianlah klarifikasi lengkap ihwal Advertisement (iklan) beserta jenis dan misalnya dalam bahasa Inggris. Semoga klarifikasi tersebut sanggup bermanfaat bagi sobat – teman. Terima kasih.



Sumber https://ruangseni.com