![]() |
Soal evaluasi final semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013. |
Soal UAS atau PAS semester 1 Matematika kelas 6 SD/MI disusun menurut kisi-kisi. Jadwal UAS atau PAS dilaksanakan sesuai dengan Kalender Pendidikan. PAS semester ganjil dilaksanakan pada sekitar bulan Desember. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 (K-13) dibentuk oleh Dinas Pendidikan.
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas 6
Kurikulum 2013 (K-13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang SD dan sederajat untuk kelas 5 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika SD Kurikulum 2013 (K-13) menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.
Manfaat adanya pemetaan Komptensi Dasar (KD) ini acara mencar ilmu mengajar bisa terukur dan diadaptasi dengan kalender pendidikan semoga sempurna waktu dan sempurna tujuan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Selain itu, sanggup mempermudah anda dalam menyusun kisi-kisi soal, melaksanakan penilaian.
Berikut KD Matematika kelas 6 Kurikulum 2013:
3.1 Menjelaskan bilangan bundar negatif (termasuk memakai garis bilangan)
3.2 Menjelaskan dan melaksanakan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang melibatkan bilangan bundar negatif
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung adonan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi
3.4 Menjelaskan titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, dan juring
3.5 Menjelaskan taksiran keliling dan luas lingkaran
3.6 Membandingkan prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola.
3.7 Menjelaskan bangkit ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangkit ruang, serta luas permukaan dan volumenya
3.8 Menjelaskan dan membandingkan modus, median, dan mean dari data tunggal untuk memilih nilai mana yang paling sempurna mewakili data
Contoh Soal UAS Matematika Kelas 6 Semester 1
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar!
1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. nyata dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan bundar negatif lima puluh delapan ialah ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
8. Hasil dari -18 + 30 ialah ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
15. Hasil dari 3 x (-38) ialah ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) ialah ....
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = .....
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 ialah .....
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, maka n ialah .....
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = .....
Baca juga: RPP Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas!
1. Sebuah termometer menunjukkan suhu 25°C, sesudah beberapa ketika dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
5. Banyak murid kelas VI ialah 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan bila setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Selengkapnya soal UAS atau soal evaluasi final semester 1 pelajaran Matematika kelas 6 SD sesuai Kurikulum 2013 yang sudah disertai kunci jawabannya sanggup did0wnl0ad melalui tautan berikut ini:
Soal UAS semester ganjil mata pelajaran Matematika kelas 6 Kurikulum 2013 (K-13) terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Untuk materi persiapan belum dewasa menghadapi UAS atau PAS, khususnya kelas 6 SD/MI yang memakai Kurikulum 2013 (K-13) sanggup mengerjakan soal-soal latihan di atas.
Hasil evaluasi pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan memakai angka (bilangan bundar skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat nyata terkait capaian kemampuan penerima didik yang mengacu pada setiap KD. Nilai evaluasi final semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD.
Sumber http://www.sekolahdasar.net