Random post

Sunday, July 23, 2017

√ Tips Menghemat Baterai Laptop

www.gudangilmukomputer.com - Laptop mempunyai banyak kelebihan, salah satunya ialah sanggup digunakan dimana saja dan kapan saja. Laptop memungkinkan penggunanya untuk tidak memakai listrik pada ketika dipakai. Lamanya ketahanan baterai tergantung pada umur, tipe, dan besarnya penggunaan energi baterai tersebut. Kita niscaya sangat membutuhkan baterai yang tahan lama, sehingga kita sanggup lebih usang untuk memakai laptop tersebut. Apalagi pada ketika nongkrong di Cafe, di Kampus, dan ditempat lainnya, niscaya akan membutuhkan baterai yang tahan lama, belum tentu ada colokan buat charger laptop kita.


Baiklah berikut ini ada beberapa Tips Menghemat Baterai Laptop :

1. Bersihkan Laptop Secara Teratur
Banyak pengguna laptop yang malas membersihkan laptopnya. Hal ini seringkali menciptakan lubang ventilasi laptop tersumbat oleh debu dll. Tersumbatnya lubang ventilasi ini menciptakan laptop cepat panas dan memaksa fan (kipas) bekerja lebih keras. Tentu saja ini menciptakan baterai laptop kau lebih cepat habis. Untuk menghindarinya, pastikan kau rajin membersihkan laptop terutama di kawasan lubang ventilasinya.

2. Matikan Wireless Card
Wireless card sangat menguras habis power dari baterai laptop, bahkan ketika kau tidak terhubung dengan koneksi Wi-Fi. Jika memang tidak sedang dibutuhkan, pastikan kau mematikan Wireless Card laptop kamu.

 salah satunya ialah sanggup digunakan dimana saja dan kapan saja √ Tips Menghemat Baterai Laptop

3. Turunkan Brightness Layar
Kecerahan layar laptop memakan cukup banyak power baterai. Menurunkan brightness layar laptop walaupun satu atau dua level sanggup menciptakan baterai laptop kau lebih awet.

4. Gunakan Sleep Mode
Proses dinyalakannya laptop cukup memakan banyak power baterai. Untuk mengakalinya, kau sanggup memakai sleep mode ketika mematikan laptop. Ketika laptop berada di sleep mode, laptop memakai energi baterai yang sangat rendah. Semua file dan jadwal yang sedang terbuka akan disimpan di memori sementara. Ketika kau menyalakannya lagi, file dan jadwal tersebut akan eksklusif siap untuk digunakan. Selain menghemat waktu, sleep mode juga sanggup menghemat penggunaan baterai. Tetapi ingat, trik ini hanya efektif kalau kau berencana memakai laptop beberapa waktu sehabis laptop dimatikan. Jika kau ingin mematikan laptop dalam jangka waktu lama, gunakan sajian shutdown menyerupai biasa.

5. Lakukan Pengaturan Power-Savings
Hampir di setiap sistem operasi niscaya ada sajian pengaturan power-savings. Aturlah setiap fitur power-savings tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalnya kapan layar akan diredupkan atau dimatikan, kapan hardisk akan dimatikan, dll. Pengaturan yang sempurna sesuai dengan kebutuhan sanggup menciptakan baterai laptop menjadi lebih infinit dan tahan lama.

6. Bersihkan Baterai
Kutub baterai seringkali kotor alasannya ialah banyak sekali debu dan kotoran. Hal ini sanggup mengurangi efektifitas dan efisiensi baterai. Bersihkan bab logam kutub baterai dengan memakai kapas yang dibasahi dengan sedikit alkohol.

7. Tutup Program yang Tidak Perlu
Seringkali kita membuka banyak jadwal yang tidak kita gunakan. Bahkan mungkin ada juga banyak sekali proses yang tidak kita butuhkan berjalan secara background. Mematikan jadwal dan proses yang tidak perlu tersebut sanggup membantu mengurangi penggunaan baterai laptop secara signifikan.

8. Defrag Hardisk
File yang terfragmentasi menciptakan hardisk bekerja dengan lebih keras. Hardisk harus menemukan file yang terpecah tersebut dan menyatukannya ketika diakses. Hasilnya, hardisk akan memerlukan power baterai yang lebih besar. Untuk mengatasinya, kau sanggup melaksanakan defrag hardisk ketika laptop kau sedang terhubung dengan power listrik. Ingat, jangan melaksanakan defrag ketika laptop tidak terhubung dengan listrik. Proses defrag memerlukan power yang cukup besar dan sanggup menciptakan power baterai laptop habis dalam waktu singkat.

9. Cabut Perangkat USB
Pastikan kau mencabut perangkat USB yang sudah tidak dibutuhkan. Misalnya saja kau mengcopy file dari flashdisk atau hardisk ekternal, cabut perangkat tersebut sesaat sehabis mengcopy file. Setiap perangkat USB membutuhkan power dan sanggup menciptakan baterai laptop kau cepat habis.

10. Hindari Menggunakan CD/DVD
CD/DVD-ROM sangat haus akan power baterai. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya kau tidak memakai CD/DVD-ROM. Pastikan juga tidak ada CD/DVD yang tertinggal di dalam CD/DVD-ROM walaupun kau tidak menggunakannya.

Laptop jangan terlalu sering dicharger, alasannya ialah itu akan menjadikan baterai mengalami kerusakan atau istilah sekarangnya ( Bocor ). Lebih baik mengisi baterai itu pada ketika laptop dalam keadaan mati. Dan apabila mengisi baterai pada ketika laptop masih menyala, sebaiknya kurangi aktifitas pada laptop tersebut, jangan memutar musik, jangan menonton film dan jangan melaksanakan aktifitas berat lainnya.

Itulah beberapa tips menghemat baterai laptop biar sanggup membantu teman-teman.

Sumber http://www.gudangilmukomputer.com