Random post

Saturday, July 22, 2017

√ Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan Dan Kriterianya (Lengkap)

Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan dan Kriterianya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan membahas perihal taman hutan raya. Yang mencakup pengertian taman hutan raya, kriteria dan tujuan taman hutan raya dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami.



Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan dan Kriterianya (Lengkap)


Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.


Pengertian Taman Hutan Raya


Taman hutan raya yakni area pelestarian alam yang bertujuan untuk mengoleksi flora dan atau satwa yang alami atau bukan alami, dari jenis orisinil dan atau bukan jenis asli, yang dimanfaatkan untuk keperluan umum sebagai tujuan penelitian, ilmu pengetahuan dan pendidikan. Serta untuk kemudahan penunjang budidaya, budaya, pariwisata dan rekreasi.


Taman hutan raya termasuk dalam jenis daerah konservasi di Indonesia berdasarkan Undang-Undang No.5 tahun 1990.


Tujuan Adanya Taman Hutan Raya


Taman hutan raya dibuat din Indonesia bukan tidak mempunyai tujuan atau maksud. Taman hutan raya sengaja dibuat oleh pemerintah sebagai penunjang program-program pemerintah. Keberadaan taman hutan raya sangat diperlukan mempunyai fungsi derma sistem penyangga kehidupan keanekaragaman macam flora serta juga satwa serta keindahan alamnya sanggup dipakai untuk tujuan rekreasi.


Dan juga keberadaan taman hutan raya sanggup diperlukan sanggup memenuhi fungsi konservasi, koleksi, edukasi, dan dengan tidak pribadi sanggup menjadi peningkat sosial ekonomi masyarakt yang berada disekitarnya. Lebih lengkapnya beberapa tujuan pemerintah mengadakan taman hutan raya diantaranya sebagai berikut:


Terjaminnya Kelestarian Kawasan Hutang Dan Juga Ekosistemnya


Tujuan pendaan pengelolaan taman hutan raya yang pertama dan yang paling utama yakni terjaminnnya kelestarian hutan dan juga ekosistem hutan yang ada didalamny. Tujuan ini seolah menjadi tujuan yang paling utama.


Taman hutan raya sebagai satu pecahan dari hutan konservasi hanya diperuntukkan untuk menjaga kelestarian hutan dan ekosistem yang ada didalamnya, menyerupai tumbuhan dan juga binatang-binatang yang didalamnya supaya tidak menjadi objek perburuan liar.


Terbinanya Koleksi Tumbuhan Dan Satwa


Pengelolaan taman hutan raya juga mempunyai tujuan lain yaitu mengakibatkan banyak jenis flora serta satwa. Bertambahnya koleksi juga sekaligus supaya tumuhan dan binatang tersebut selalu terawat, berkembang biak sehingga terhindar dari kepunahan.


Potensi Sumber Daya Alam


Keberadaan taman hutan raya mempunyai banyak potensi sumber daya alam. Sehingga binatan dan tumbuh-tumbuhan juta didalamnya sumber daya alam, khususnya yakni sumber daya alam yang sanggup diperbaharui. Tanaman mempunyai banyak fungsi, disamping mempunyai fungsi pohon yang masih hidup, hutan juga mempunyai fungsi-fungsi lain. Begitu juga dengan binatang, binatang juga mempunyai banyak manfaat.


Menunjang Dalam Berbagai Proses (Penelitian, Pendidikan, Budaya, Adat Istiadat)


Tujuan yang paling penting dari pengelolaan taman hutan raya yakni sebagai penunjang banyak sekali jenis kegiatan manusia. Kegiatan ini tentu saja kegiatan yang penting dan beraneka ragam. Beberapa jenis kegiatan yang sanggup dilakukan di taman hutan raya contohnya rekreasi, penelitian, pengembangan, kebudayaan dan juga sopan santun istiadat.


Kriteria Yang Memenuhi Syarat Taman Hutan Raya


Terdapat beberapa kriteria yang harus ada untuk memenuhi syarat taman hutan raya diantaranya yakni sebagai berikut:


Memiliki Suatu Ciri Khas


Ciri supaya suatu daerah dijadikan sebagai taman hutan raya yaitu mempunyai suatu ciri khas khusus atau tersendiri. Ciri khas ini sanggup berupa orisinil atau alami dan sanggup juga sebab dibuat oleh manusia, keunikan atau ciri khas ini juga sanggup berada dalam daerah yang ekosistemnya masih utuh ataupun yang ekosistemnya telah berubah.


Mempunyai Keindahan Alam


Suatu daerah juga sanggup dijadikan sebagai taman hutan raya jikalau mempunyai keindahan alam. Selain keindahan alam, daerah ini juga sanggup mempunyai tanda-tanda alam, menyerupai terdapatnya sumber air pana, mata air dan lain-lainnya.


 Pada pembahasan kali ini kami akan membahas perihal taman hutan raya √ Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan dan Kriterianya (Lengkap)


Berukuran Luas

Kawasan yang dipiih sebagai taman hutan raya juga mempunyai luas yang cukup utnuk sanggup menampung banyak sekali jenis flora serta satwa baik jenis orisinil daerah itu ataupun bukan orisinil daerah itu.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian Taman Hutan Raya, Tujuan dan Kriterianya (Lengkap), semoga sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id