Random post

Thursday, July 20, 2017

√ Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Laba Kerugian

Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal E-Money. Yang mencakup pengertian E-money, manfaat emoney, jenis-jenis emoney, kriteria emoney, laba dan kerugian emoney dengan pembahasan lengkap dan gampang dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan secama.



Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian


Mari kita bahas pengertian E-Money terlebih dahulu dengan secama.


Pengertian E-Money


Menurut Wikipedia E-money/uang elektronik (uang digital) ialah uang yang digunakan dalam transaksi internet dengan cara elektronik. Seringkali transaksi ini menggunakan jaringan internet dan sistem penyimpanan harga digital.


Pengertian lain dari E-money yaitu suatu alat pembayara yang menggunakan media elektronik yakni jaringan komputer dan juga internet. Nilai uang dari nasabah tersimpan pada media elektronik tertentu. E-Money juga sering disebut dengan Electronic Cash, Digital Money, Digital Cash, Electronic Currency maupun Digital Currency.


E-money sanggup kondusif digunakan, bahkan ilmu kriptografi menyebutkan bahwa uang elektronik itu sangat sulit untuk dibajak atau diretas. Sehingga tidak mengakibatkan kekhawatiran dikala menggunakan uang ini.


Manfaat E-Money


Penggunaan E-Money sanggup melaksanakan bermacam-macam transaksi dengan lebih gampang dan praktis. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari pemakaian E-Money yakni:



  • Memberikan kemudahan, kecepatan dan mudah dalam melaksanakan transaksi pembayaran. Menjadikan kita tidak sulit menyiapkan uang tunai dalam membayar

  • Tidak membutuhkan uang kembalian yang berwujud barang menyerupai menggunakan permen, alasannya ialah dengan E-Money pihak merchant hanya butuh melaksanakan kliring eksklusif dengan jaringan komputer.

  • Mudah diaplikasikan alasannya ialah sanggup digunakan untuk bermacam-macam transaksi massal bernilai kecil dengan frekuensi tinggi, seperti: membayar tol, membayar tiket transportasi, parkir, fast food dan lain-lain.


Jenis-Jenis E-Money


E-Money dibagi menjadu dua, yakni menurut jenisnya:



  • Prepaid Software

    Prepaid Software biasa disebut dengan digital cash, ialah E-Money yang nilainya tersimpan dalam hard disk pada sebuah PC. Untuk memindahkan dananya membutuhkan jaringan internet.

  • Prepaid Card

    Prepaid card biasa disebut dengan elektronic purches, ialah E-Money yang nilainya disimpan pada suatu chip ditanamkan di sebuah kartu. Contoh dari prepaid card ialah FlAZZ BCA, Mandiri E-Money, Brizzi dan BNI Prepaid


FLAZZ BCA ialah teladan kartu prepaid pertama yang menggunakan sistem E-Money. Bank BCA merupakan Bank yang pertama memanfaatkan kecanggihan teknologi E-Money dengan mengeluarkan prepaid card berteknologi canggih.


Anda sanggup menggunakan kartu ini untuk beberapa merchant yang sudah menjalin kolaborasi dengan pihak Bank BCA. Sedangkan Mandiri E-Money ialah prepaid card yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri, Brizzi dikeluarkan oleh Bank BRI dan BNI Prepaid dikeluarkan oleh Bank BNI. Selain sebagian Bank diatas, terdapat pula forum non perbankan yang ikut mengeluarkan prepaid card, menyerupai Telkomsel.


Pemakaian E-Money ini tidak membutuhkan suatu proses otorisasi seperi pada pemakaian PIN atau tanda tangan, alasannya ialah E-Money tidak berafiliasi eksklusif dengan rekening nasabah yang terdapat di Bank. Penggunaan dari E-Money tidak membebankan pembayarannya pada rekening bank, sepeti pada kartu kredit atau kartu debit. Sebagaimana prepaid card lain, anda juga sanggup melaksanakan top up untuk kartu anda tersebut.


Kriteria E-Money


E-Money yang merupakan alat pembayaran, maka uang elektronik ini memiliki kriteria sebagai berikut



  • Dikeluarkan atas dasar nilai uang yang disetorkan oleh pemegang lebih dulu kepada penerbit.

  • Nilai uang yang tersimpan pada E-Money merupakan dengan cara elektronik dalam sebuah media menyerupai server atau chip

  • Dipakai sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan suatu penerbit uang elektronik tersebut

  • Nilai uang e-money yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan sebuah simpanan sebagaimana dimaksud dalam perundang-undangan yang mengatur perihal perbankan.


 Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan perihal E √ Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan  Kerugian


Keuntungan E-Money


Keuntungan pengunaan e-money antara lain:



  • Kita tidak harus membawa uang tunai dalam berbelanja atau untuk membayar parkir, dan sanggup menggunakan pada kawasan yang sudah disediakan alat khusus untuk E-Money tersebut.

  • Transaksi menjadi sangat akurat alasannya ialah diolah oleh komputer dan mesin

  • Anda tidak harus menunggu uang kembalian alasannya ialah jumlah nominal akan berkurang sebanyak jumlah yang yang dikeluarkan

  • Adanya database yang sanggup mencatat semua transaksi yang dilakukan menjadikan anda tidak harus mengingat untuk apa saja uang Anda tersebut terpakai

  • Transaksi lebih cepat


Kekurangan E-Money


Kekurangan dari E-Money atau uang elektronik adalah:



  • Riskan untuk dibajak atau diretas alasannya ialah menggunakan sistem elektronik dan internet

  • Adanya resiko data hilang alasannya ialah kesalahan software

  • Tidak semua kawasan memiliki alat yang digunakan untuk pemakaian digital money tersebut dan juga belum semua kawasan memberlakukan e-money di merchantnya

  • Uang yang sudah disimpan dalam e-money akan hilang apabila Anda menghilangkan kartu atau alat yang digunakan untuk menyimpan uang tersebut.


Demikianlah telah dijelaskan perihal Pengertian E-Money, Manfaat, Jenis, Kriteria, Keuntungan & Kerugian, biar sanggup menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.



Sumber http://www.seputarpengetahuan.co.id