Random post

Wednesday, July 26, 2017

√ Cara Beternak Nuri Pelangi Paling Gampang Dilakukan


Burung nuri pelangi yang kerap dinamakan dengan perkici pelangi merupakan jenis burung paruh bengkok yang mempunyai ciri khas yang cantik. Tak heran jikalau banyak orang yang ketika ini memelihara dan menjadikan nuri pelangi ini untuk diternakkan. Cara beternak nuri pelangi juga cukup mudah.





Berbagai macam perjuangan dilakukan supaya burung nuri peliharaan anda sanggup dilatih dan juga sanggup menirukan aneka ragam jenis suara. Suara yang dikeluarkan burng ini banyak memukai para kicaumanis yang ada di banyak sekali wilayah.





Burung nuri pelangi yang kerap dinamakan dengan  √ Cara Beternak Nuri Pelangi Paling Praktis Dilakukan
Singing-Wings-Aviary.com




Cara Beternak Nuri Pelangi





Apabila anda semua ingin memulai ternak nuri pelangi terutama yang diperoleh dari liar, maka memerlukan waktu yang cukup usang untuk menjinakkan burung ini. Supaya sanggup lebih jelas, anda sanggup melihat cara beternak nuri pelangi sepeti berikut ini;





1. Mengenal Karakter Nuri Pelangi





Sebelum anda tetapkan untuk ternak burung ini, sebaiknya anda semuanya sanggup mengenali lebih jauh karakteristik dari burung ini. Burung nuri pelangi mempunyai panjang badan kurang lebih 25 hingga dengan 30 cm.





Tubuhnya juga mempunyai warna yang sangat cerah. Pada pecahan kepalanya berwarna biru gelap, paruh jingga, leher kuning kehijauan, selain itu juga ada warna hijau dan merah yang ada di pecahan badan lainnya.





2. Membedakan Jenis Kelamin





Harus anda ketahui jikalau nuri pelangi termasuk jenis burung monomorfik secual. Makara sedikit sulit untuk dilihat perbedaannya dari jenis kelamin. Sebab, untuk penampilan betina dan jantan sanggup dikatakan mirip. Ketika anda semuanya ingin ternak nuri pelangi, anda harus sanggup membedakan jenis kelamin. Tujuannya tak lain biar sanggup menghasilkan keturunan yang banyak dan berkualitas.





Burung nuri pelangi yang kerap dinamakan dengan  √ Cara Beternak Nuri Pelangi Paling Praktis Dilakukan
Shutterstock.com




3. Pakan Anakan Nuri Pelangi





Burung nuri pelangi termasuk salah satu jenis burung pemakan buah dan juga pemakan biji bijian. Buah yang paling disukai oleh burung nuri pelangi ialah berupa pepaya, apel serta buah jeruk.





Lalu, untuk jenis pakan biji bijian anda sanggup memberikannya biji millet merah dan biji kuaci. Tapi, untuk anakan burung nuri pelangi terlebih yang disapih ketika umur 12 hingga 14 hari,berikan pakan lolohan yang halus.





Untuk pakannya, anda juga sanggup menambahkan tulang sotong yang telah dihaluskan. Setelah itu anda sanggup letakkan pada sendok kecil sehabis itu dilolohkan pada burung biar tidak gampang terjangkit penyakit.





Kemudian, untuk anak burung nuri pelangi yang usianya 3 hingga dengan 4 minggu, maka anda semuanya sanggup mulai untuk memperlihatkan pakan buah atau biji bijian. Kemudian, apabila sudah masuk usia 1 bulan, maka burng nuri pelangi sanggup makan sendiri dan anda tak perlu melolohnya.





4. Pakan Nuri Pelangi Dewasa





Untuk pakan nuri pelangi yang dewasa, anda sanggup memadukannya. Tujuannya biar kebutuhan gizi burung sanggup terpenuhi. Untuk bermacam-macam adonan pakan dan cara yang sanggup anda berikan untuk nuri pelangi diantaranya ialah ibarat berikut ini.





Berikan adonan buah dan sayuran segar. Nuri pelangi sanggup anda berikan buah ibarat apel, pisang, wortel, anggur, sayuran hijau serta labu yang telah dimasak. Namun, sebaiknya anda tidak terlalu banyak memperlihatkan buah yang kandungan gulanya tinggi. Sebab ini merupakan penyebab bulu rontok pada burung nuri.





Anda juga jangan memperlihatkan coklat, masakan ringan asin atau yang terlalu manis. Jangan juga memperlihatkan masakan berminyak, kacang kering atau yang mentah. Hindari juga memperlihatkan buah alpukat, kemangi serta bawang. Sebab, ini termasuk jenis masakan beracun untuk burung nuri pelangi. Yang mana sanggup mengakibatkan serangan jantung dan sanggup mengalami kematian.





5. Persiapan Kandang





Cara beternak nuri pelangi selanjutnya ialah dengan mempersiapkan kandang. Untuk ukuran sangkar yang paling sempurna ketika ternak burung ini ialah 1 x 1.25 meter. Tingginya kurang lebih 1.9 meter.





Mungkin ukuran tersebut sanggup dikatakan hampir sama dengan ukuran sangkar yang digunakan untuk ternak lovebird koloni. Sebab, untuk ternak jenis burung ini membutuhkan tempat yang lebih luas.





Pada pecahan dinding anda sanggup membuatnya dari materi strimin atau kawat baja dan kerangka yang terbuat dari kayu. Tak hanya itu saja, anda semuanya perlu menambahkan glodok untuk dijadikan sebagai tempat nuri pelangi bertelur. Biasanya dibentuk dengan memakai kayu yang mempunyai ukuran 35 x 20 x 20. Bagian dalamnya anda sanggup menambahkan serabut kelapa.





6. Peletakkan Kandang





Nuri pelangi juga merupakan jenis burung yang suka bersosialisasi. Ketika berada di alam liar, burung ini biasanya akan tinggal bersama dengan sekelompoknya dan akan terus bersosialisasi dengan kawanan tersebut.





Maka dari itu, sebaiknya jangan mengasingkan peletakkan kandang. Karena ini justru sanggup mengakibatkan rasa cemas serta stres untuk burung nuri. Nuri pelangi justru akan lebih bahagia jikalau ada di area keramaian yang banyak insan berlalu lalang. Tak hanya itu, jauhkan sangkar burung ini dari binatang peliharaan lain. Sebab sanggup mengakibatkan stress pada burung.





7. Siapkan Tempat Mandi





Burung nuri pelangi juga termasuk jenis burung yang suka berendam. Dengan demikian, anda semuanya harus menyiapkan tempat untuk mandi serta berendam. Selain itu, burung ini juga sangat gemar minum pada air yang digunakan untuk berendam. Maka,sebaiknya anda hindari memperlihatkan tambahan di air. Karena kuman sanggup tumbuh dengan lebih cepat di dalamnya.





8. Bersihkan Sangkar





Sangkar atau sangkar burung nuri pelangi sebaiknya juga dibersihkan dengan teratur pada pecahan bawahnya kurang lebih 2 kali sehari. Anda semuanya juga sanggup membuang ganjal sangkar dan menggantinya dengan yang baru. Lalu bersihkan seluruh sisa pakan dan juga wadah pakan serta minumannya.





Tak hanya itu saja, bersihkan kemudian ganti tempat pakan dan juga wadah air setiap hari. Anda juga sanggup menggantinya dengan air atau pakan yang gres dan bersih. Buang segera pakan yang mungkin dirasa gampang busuk. Supaya tidak menjadi sarang bakteri, sehabis masakan tidak habis, maka anda sanggup pribadi menggantinya.





9. Proses Bertelur Nuri Pelangi





Induk betina dari burung nuri pelangi biasanya akan bertelur jumlahnya sekitar 1 hingga dengan 3 butir telur dalam tiap kali periode peneluran. Selanjutnya, untuk masa pengeraman ialah antara 25 hingga dengan 26 hari.





Indukan betina selanjutnya akan mengeramkan telur. Kemudian, untuk yang jantan bertugas untuk menjaga sarang dan juga sanggup memberi makan untuk pasangannya. Setelah telurnya menetas, indukan betina dan jantan akan saling merawat anaknya/ Burung nuri pelangi sanggup bereproduksi hingga 5 kali dalam setahun jikalau diberikan perawatan yang baik dan benar.





10. Merawat Anakan Dalam Gelodok





Biasanya, anakan nuri pelangi ketika umur 12 hingga 14 hari akan disapih. Sebab, di umur ini, mata anakan nuri pelangi mulai terbuka sepenuhnya. Akan tetapi, apbila masih belum sanggup merawat anakan burung ini dengan baik, maka penyapihan sanggup anda lakukan ketika berumur 8 minggu. Sebab, sehabis itu anakan nuri pelangi mulai keluar dari sarang. Makara sudah lebih gampang dirawat.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com