Random post

Wednesday, July 19, 2017

√ Buku Guru Dan Buku Siswa Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013

Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas  √ Buku Guru dan Buku Siswa Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013
Download Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 revisi terbaru.

Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika di jenjang SD dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik. Matematika sesuai Kurikulum 2013 revisi terbaru pada kelas 5 SD/MI menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Sebagai materi didik mata pelajaran Matematika kelas 5 SD/MI terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru Matematika Kelas 5 disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa Matematika Kelas 5 disusun berbasis acara sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013.

Kompetensi Dasar (KD) Matematika Kelas 5 SD/MI

3.1 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.1 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda.

3.2 Menjelaskan dan melaksanakan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
4.2 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal


3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
4.3 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)

3.4 Menjelaskan skala melalui denah
4.4 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan skala pada denah

3.5 Menjelaskan, dan memilih volume berdiri ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) serta kekerabatan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
4.5 Menyelesaikan dilema yang berkaitan dengan volume berdiri ruang dengan memakai satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga

3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring berdiri ruang sederhana (kubus dan balok)
4.6 Membuat jaring-jaring berdiri ruang sederhana (kubus dan balok)

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri akseptor didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri akseptor didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri akseptor didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri akseptor didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis

Perlu diketahui, sebelumnya mata pelajaran Matematika ada pada buku Tematik Terpadu. Namun, kedalaman materinya dirasa dangkal. Oleh sebab itu, siswa tidak mendapat pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga perlu dipakai buku Matematika secara terpisah. Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.

MATERI POKOK MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 KURIKULUM 2013

1. Operasi Hitung Pecahan
2. Kecepatan dan Debit
3. Skala
4. Bangun Ruang
5. Pengumpulan dan Penyajian Data

DOWNLOAD BUKU GURU DAN BUKU SISWA MATEMATIKA KELAS 5

Kemendikbud menunjukkan susukan kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses mencar ilmu mengajar di sekolah. Buku Guru (BG) dan Buku Siswa (BS) mata pelajaran Matematika untuk kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 sanggup did0wnl0ad melalui tautan berikut:

Buku Guru Matematika Kelas 5 - Senang Belajar Matematika

Buku Siswa Matematika Kelas 5 - Senang Belajar Matematika

Tujuan disusunnya buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 yang disusun oleh aneka macam pihak koordinasi dengan Kemendikbud ini yaitu untuk membantu guru biar sanggup memfasilitasi siswa mencar ilmu dan memahami materi matematika. Pendekatan yang dipakai memakai yaitu scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.

Beberapa aspek penting yang disampaikan dalam buku Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 yaitu adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Diharapkan siswa sanggup melaksanakan acara ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.
Sumber http://www.sekolahdasar.net