Random post

Tuesday, July 25, 2017

√ 5 Cara Menentukan Investasi Reksadana Paling Aman

Memilih investasi Reksadana paling kondusif gampang sebenarnya. Tidak harus ribet menyerupai yang banyak dibayangkan orang. Anda cukup memastikan 5 hal. 


Tulisan ini bab dari Panduan Investasi Reksadana.


Amankah investasi saya di Reksadana ?”, yaitu pertanyaan yang paling sering disampaikan oleh teman – teman yang membaca ulasan Reksadana di blog ini.


Sebagai instrumen gres dan masih sangat sedikit orang yang memilikinya, munculnya pertanyaan tersebut cukup wajar. Kurang dari 10% masyarakat kelas menengah punya investasi di Reksadana.


Bayang – bayang kerugian investasi bodong yang belakangan marak menciptakan banyak orang skeptis setiap datang tawaran investasi.


Padahal Reksadana itu instrumen resmi, diawasi Otoritas Jasa Keuangan dan dikelola para professional. Jelas – terang bukan tawaran investasi abal – abal.


Menurut saya, investasi di Reksadana itu sangat aman.


Untuk memastikan investasi Reksadana paling aman, Anda cukup memastikan ke 5 hal berikut.


1. Punya Ijin OJK


Setiap Reksadana harus mempunyai ijin, yang diberikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pihak pengelola Reksadana, yaitu Manajer Investasi, wajib pula punya ijin.


Tugas Anda memastikan bahwa Reksadana yang akan dibeli mempunyai ijin – ijin tersebut.


Jika tidak punya ijin atau ijinnya meragukan, sebaiknya jangan berinvestasi dulu.


Investasi bodong  tidak mempunyai ijin dari otoritas. Sehingga banyak hal yang dilanggar yang merupakan persyaratan pengelolaan investasi yang sehat.


Problemnya, banyak investor yang lalai soal pentingnya ijin. Karena silau dengan ajuan laba selangit, banyak yang lupa mengecek  ijin, atau mengabaikannya saat kesepakatan laba begitu menggiurkan.


Padahal, setinggi apapun potensi return investasi, hal itu tidak akan ada artinya bila tidak mempunyai ijin resmi dari otoritas keuangan.


Dimana ijin dapat dilihat ? Sangat mudah, yaitu dalam Prospektus.


Apa itu Prospektus ?


2. Prospektus Reksadana 


Prospektus adalah buku manual berinvestasi di Reksadana.


Dalam prospektus, Anda dapat memperoleh semua info penting mengenai Reksadana. Misalnya,



  • Manajer Investasi,

  • Kelengkapan Ijin

  • Kebijakan Investasi

  • Biaya

  • Tata cara pembelian serta penjualan, dan lain – lain.


Sebuah kewajiban bagi Anda untuk membaca Prospektus sebelum berinvestasi.


Kalau pun terlambat, sudah berinvestasi  baru baca, itu masih dapat dimaklumi. Tapi jangan hingga tidak pernah membacanya.


Di Reksadana online yang saya ikuti, setiap kali akan mulai melaksanakan investasi, sistem akan mengingatkan kemudian mengharuskan nasabah untuk menyebutkan keterangan bahwa sudah membaca prospektus.


Ini cara yang cantik berdasarkan saya untuk selalu mengingatkan calon pemodal akan pentingnya membaca prospektus lebih dulu sebelum berinvestasi.


Salah satu ciri investasi bodong yaitu tidak mempunyai prospektus. Kenapa ? alasannya memang tidak mempunyai ijin yang resmi, sehingga tidak ada info yang dapat dibentuk di propektus.


3. Tujuan Investasi Sesuai Pilihan Reksadana


Aman tidaknya berinvestasi amat ditentukan oleh sesuai tidaknya antara jenis Reksadana yang dipilih dan Tujuan Keuangan yang ingin dicapai.


Contohnya sebagai berikut: tujuan berinvestasi yaitu persiapan dana pendidikan anak dalam 5 bulan yang akan masuk TK.


Karena tergiur melihat tingginya kenaikkan harga saham, Reksadana Saham dipilih untuk tujuan tesebut.


Tiba – tiba harga saham anjlok. Unfortunately, ketika bulan ke 5 dimana Anda butuh uang, harga saham sedang turun ke dasar, sehingga  tidak ada dana pendidikan yang dapat diambil dari Reksadana.


Kesalahan menentukan jenis investasi berbuah pada kerugian.


Andaikan investasi tadi ditempatkan dalam Reksadana Pasar Uang. Kemungkinan besar dananya siap di bulan ke 5.


Karena Reksadana Pasar Uang paling aman. Fluktuasi harga dan balasannya rendah, meskipun manfaatnya jauh lebih kecil dibandingkan Reksadana Saham.


Jadi kecocokan antara jenis Reksadana yang dipilih dengan tujuan atau kapan investasi dibutuhkan, sangat kritikal dalam menentukan  besar kecilnya resiko.


4. Laporan Reksadana


Setiap bulan pihak Manajer Investasi mengirimkan laporan investasi Anda di Reksadana.


Di laporan tercantum hal-hal penting sebagai berikut:



  • Posisi Nilai investasi.

  • Pembelian Unit Reksadana

  • Penjualan Unit Reksadana


Laporan ini wajib Anda baca dan pastikan isinya sudah akurat. Ini yaitu bukti kepemilikan investasi Anda.


Saya menyarankan memakai kemudahan Reksadana Online alasannya laporan tersedia secara real-time dan dapat dicek kapan saja.


5. Reksadana Online


Ini sejumlah alasan kenapa Anda perlu Reksadana Online:


Pertama, memantau nilai investasi di Reksadana dapat dilakukan ketika Anda dimana saja dan kapan saja. Hambatan waktu dan kawasan tidak ada lagi alasannya semua dilakukan via online.


Kedua, investasi dapat mulai dari Rp 100 rb. Dengan nilai minimum investasi yang kecil, Anda dapat membatasi eksposur keuangan di Reksadana dengan lebih mudah.


 Tidak harus ribet menyerupai yang banyak dibayangkan orang √ 5 Cara Memilih Investasi Reksadana Paling Aman


Kesimpulan


Ada banyak cara menciptakan Investasi di Reksadana paling aman. Saya menyebarkan 5 cara yang saya ambil dari pengalaman berinvestasi di Reksadana selama lebih dari 10 tahun.


Masih punya pertanyaan lain atau ingin mulai, silahkan baca Panduan Investasi Reksadana dan Investasi Reksadana Hanya Rp 100ribu.


GRATIS e-book Panduan Reksadana Dasar



Sumber https://duwitmu.com