Anda sedang membutuhkan sebuah panduan mengenai cara mengirim lamaran lewat email? Bingung mencarinya dimana? Tenang saja, Anda akan mendapat tata cara mengirim lamaran kerja via email tersebut secara lengkap dan detail pada artikel kali ini. Silakan Anda simak dan ikuti dengan baik beberapa tutorial dan isyarat yang akan saya sampaikan.
Di jaman modern ibarat kini ini di mana teknologi isu terus berkembang, tentunya semakin mempermudah setiap acara dan urusan manusia, termasuk di antaranya dalam urusan surat menyurat ibarat mengirimkan lamaran kerja ke perusahaan.
Dulu, banyak pelamar kerja mengirimkan berkas lamaran mereka melalui kantor pos atau bahkan eksklusif mendatangi perusahaan atau kantor yang membuka lowongan pekerjaan. Namun sekarang, hanya dengan mempunyai smartphone dan sebuah akun email saja, Anda sudah sanggup mengirim lamaran pekerjaan Anda dengan cepat dan tentunya tepat.
Cara mengirimkan lamaran lewat email tentunya mempunyai banyak kelebihan dibanding dengan cara konvensional. Dengan memakai email, pelamar kerja sanggup lebih gampang dan murah dalam mengirim surat lamaran mereka alasannya tidak lagi mengeluarkan biaya untuk membeli amplop, perangko, biaya pengiriman kantor pos, serta biaya-biaya lainnya.
Bagi perusahaan pembuka lowongan pekerjaan sendiri, tentunya akan lebih mudah bila mereka mensyaratkan supaya calon pekerja mengirim lamaran kerja lewat email alasannya hal tersebut akan mengurangi banyaknya dokumen yang tertumpuk dan terabaikan.
Baca juga: Cara menghapus akun facebook yang lupa password dan email
Lalu, bagaimanakah cara mengirim lamaran kerja lewat email di HP? Simak dan pelajari tutorialnya berikut ini.
Cara Mengirim Lamaran Lewat Email
Sebelum ke tutorial cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar, alangkah baiknya saya informasikan terlebih dahulu hal-hal apa saja yang harus Anda persiapakan secara umum.
Hal yang Harus Anda Persiapkan
#1 Sebuah Akun Email
Cara mengirim surat lamaran kerja lewat email tentunya Anda harus dan wajib mempunyai sebuah akun email terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, silakan buat terlebih dahulu melalui layanan pembuat email gratis ibarat Gmail. Adapun untuk cara menciptakan email, tidak akan saya bahas pada artikel ini alasannya sudah banyak tersedia di Google kalau Anda cari.
Perlu diperhatikan dikala Anda menciptakan email, sebaiknya buat dan gunakanlah alamat email dengan nama orisinil Anda. Hal ini supaya terlihat profesional dan menjadi salah satu faktor cara mengirim lamaran lewat email supaya cepat dipanggil.
Jika Anda menciptakan email memakai aplikasi browser, maka sehabis Anda berhasil membuatnya Anda harus menambahkan alamat email yang gres Anda buat tadi ke ponsel Android yang Anda miliki. Silakan kunjungi artikel saya sebelumnya mengenai cara menambah akun gmail untuk membantu Anda dalam hal ini.
#2 Scan Berkas Lamaran Kerja
Secara umum, berkas yang harus Anda lampirkan dalam email lamaran pekerjaan Anda yaitu Ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Sertifikat, foto resmi, dan surat-surat lain sesuai dengan undangan perusahaan kawasan Anda ingin bekerja.
Jika Anda mempunyai printer multi fungsi, Anda sanggup mengunjungi artikel cara scan dokumen dengan printer untuk menscan berkas lamaran kerja Anda. Jika tidak, Anda sanggup memanfaatkan kamera smartphone yang Anda miliki dengan sebuah aplikasi Android berjulukan Camscanner. Kunjungi cara memakai Camscanner untuk membantu Anda.
Perlu diperhatikan, usahakan supaya setiap berkas yang telah discan mempunyai ukuran yang tidak lebih dari 2 Megabyte dan kalau ada, ikutilah ketentuan format file yang diminta oleh perusahaan. Biasanya, format berkas lamaran tersebut tidak jauh dari .doc/.docx, .pdf, .jpg, dan .png. Kunjungi artikel cara convert file word ke pdf dan cara merubah file pdf ke word secara manual kalau Anda resah bagaimana menuruti format yang diminta.
#3 Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (CV)
Selanjutnya yaitu buat surat lamaran kerja Anda dalam bentuk Microsoft Word atau PDF. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang mensyaratkan surat lamaran kerja tersebut untuk ditulis tangan sehingga harus Anda scan bersamaan dengan berkas lampiran di atas.
Untuk pola lamaran kerja via email pdf telah banyak situs website maupun blog yang membagikannya di internet, silakan Anda manfaatkan Google untuk mencari dan mengunduhnya. Anda sanggup mencarinya dengan kata kunci pola surat lamaran kerja via email lulusan smk atau sederajat.
Dan untuk menciptakan Curriculum Vitae (CV), Anda sanggup menemukan desain template CV yang manis dan menarik di situs penyedia gambar gratis berjulukan Freepik. Tinggal Anda unduh kemudian edit sedikit contohnya pada bab foto, identitas pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau organisasi, keahlian, dan lain sebagainya. Dengan demikian, cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar akan sekaligus Anda kuasai.
Langkah-langkah Mengirim Lamaran Lewat Email di HP
Langkah cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email bahu-membahu tidak jauh berbeda dengan cara mengirim pesan lewat email yang telah saya bahas pada artikel yang lalu. Namun, tidak ada salahnya kalau saya mengulasnya kembali kali ini.
Di bawah ini hanya akan saya contohkan mengirim lamaran via email melalui aplikasi Gmail di HP Android saja. Adapun untuk cara mengirim lamaran lewat email di laptop tidak akan jauh berbeda tampilan dan penggunaannya.
#1 Mengisi Alamat Email Perusahaan dan Subjek Email
Buka aplikasi Gmail yang niscaya telah terpasang di ponsel Anda kemudian ketuk ikon + untuk menciptakan pesan email baru.
Kotak Dari akan otomatis terisi oleh alamat email yang Anda gunakan. Anda hanya perlu mengisi kotak Kepada dan Subjek pada langkah yang pertama ini. Untuk mengisi kotak Kepada, tuliskanlah dengan benar alamat email perusahaan tujuan Anda mengirim lamaran supaya surat lamaran Anda benar-benar sempurna hingga ke perusahaan tersebut.
Kemudian untuk mengisi Subjek, kadang ada beberapa perusahaan yang mempunyai ketentuan pengisian subjek dalam pengiriman email lamaran kerja. Namun kalau tidak, secara umum subjek email sanggup Anda isi dengan Posisi pekerjaan - Nama Anda ibarat contohnya Lamaran Editor - Muhamad Nursidik.
#2 Menulis Body Email Lamaran Kerja
Langkah selanjutnya yaitu menulis body atau tubuh email lamaran kerja yang menjelaskan maksud dan tujuan Anda mengirimkan email. Hal yang paling penting dalam mengisi tubuh email ini ialah jangan terlalu panjang, alasannya sanggup memungkinkan lamaran Anda diabaikan HRD.
Anda sanggup mengikuti pola body email lamaran kerja yang ada di dalam screenshot di atas atau mencarinya di sumber lain yang banyak ditemukan di internet.
#3 Melampirkan Persyaratan dan Mengirim Email
Selanjutnya, lampirkanlah semua berkas persyaratan yang telah Anda kumpulkan. Caranya, ketuk ikon penjepit kertas di samping kiri tombol kirim dan pilih Lampirkan file.
Carilah lokasi kawasan Anda menyimpan berkas lamaran Anda, seleksi semuanya kemudian tap Buka.
Semua berkas lamaran kerja Anda akan terlampir di bawah body email. Periksa terlebih dahulu apakah ada yang tertinggal atau tidak. Setelah yakin semuanya benar, tap tombol Kirim yang berikon pesawat kertas.
Cara mengirim lamaran lewat email selesai. Email yang telah Anda kirimkan tadi akan tersimpan pada email Terkirim dan Anda hanya tinggal menunggu pihak perusahaan membalas email Anda dengan kabar yang baik.
Kesimpulan
Cara mengirim lamaran lewat email di HP yang baik dan benar supaya cepat dipanggil harus ada persiapan terlebih dahulu, ibarat menciptakan akun email, menyiapkan scan berkas persyaratan, dan menciptakan surat lamaran kerja serta Curriculum Vitae (CV). Adapun tata cara mengirim lamaran via email yakni mengisi alamat email perusahaan dan subjek email, menulis body email, melampirkan persyaratan, dan kemudian mengirimkannya.
Demikianlah tutorial kali ini mengenai cara mengirimkan lamaran lewat email, saya doakan semoga Anda cepat mendapat pekerjaan yang Anda inginkan. Terima kasih telah berkunjung dan hingga jumpa kembali pada tutorial menarik lainnya.
Sumber http://salam-tekno.blogspot.com